spare part mobil

Catat! Inilah 8 Spare Part Mobil yang Harus Rutin Diganti

Table of Contents

Ketika mobil mengalami masalah atau butuh maintenance, penggunaan spare part yang berkualitas sangat direkomendasikan untuk memastikan kinerja dan keselamatan kendaraan tetap terjaga.

Pasalnya, spare part seperti bagian-bagian mesin, rem, dan suspensi, akan mengalami keausan seiring waktu dan pemakaian. Penggantian spare part yang rusak atau aus akan memastikan kinerja optimal komponen tersebut, sehingga mobil tetap berfungsi dengan baik dan aman.

Namun, spare part sendiri ada banyak jenis dan memiliki fungsinya sendiri. Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut ini Igloo akan merangkum beberapa jenis spare part yang sangat penting untuk diketahui, beserta fungsinya.

Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Ada tiga jenis spare part mobil yang umum ditemukan di pasar, yaitu orisinil, non pabrikan atau aftermarket, dan KW. Berikut adalah penjelasannya:

1. Orisinil atau OEM

Spare part orisinil adalah komponen kendaraan yang asli dari pabrik mobil itu sendiri atau pemasok resmi yang bekerja sama dengan pabrikan. Spare part orisinil juga biasa disebut dengan OEM atau Original Equipment Manufacturer.

Walaupun diproduksi oleh pihak lain, OEM dikatakan sebagai produk original karena mereka memproduksi spare part dengan kualitas yang mengikuti standar ketat yang ditetapkan oleh perusahaan asal yang menggunakan komponen tersebut.

2. Non Pabrikan atau Aftermarket

Spare part aftermarket adalah komponen yang diproduksi oleh perusahaan atau pabrik independen setelah kendaraan atau produk utama dibuat dan dijual oleh produsen asli atau OEM. 

Spare part aftermarket dapat digunakan sebagai alternatif dari suku cadang orisinil yang diproduksi oleh pabrik asal. Barangnya juga lebih mudah ditemukan dan lebih banyak variasinya karena berbagai perusahaan dapat memproduksinya.

Produk aftermarket cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau daripada suku cadang orisinil. Hanya saja, kualitasnya yang tidak selalu konsisten dan bisa jadi tidak sesuai dengan spesifikasi mobil kamu. 

3. KW

Spare part KW adalah komponen yang diproduksi atau dibuat dengan kualitas yang tidak sebanding dengan standar yang ditetapkan oleh produsen asli atau OEM (Original Equipment Manufacturer). 

Barang-barangnya diproduksi oleh pabrik atau produsen yang tidak berlisensi dan tidak memiliki izin resmi dari pemegang merek atau produsen asli.

Walaupun harganya sangat murah dari spare part orisinil atau aftermarket, tetapi spare part KW seringkali memiliki kualitas yang meragukan atau kurang baik. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan dan proses produksinya mungkin tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh produsen asli.

Spare Part Mobil yang Harus Rutin Diganti

Spare Part Mobil yang Harus Rutin Diganti

1. Busi

Busi atau spark plug adalah salah satu spare part mobil yang sangat penting dalam sistem pembakaran mesin kendaraan bermotor berbahan bakar bensin atau gas. Busi berfungsi untuk menciptakan percikan listrik (bunga api atau spark) di dalam ruang bakar mesin. 

Busi yang kotor dapat menyebabkan mobil menjadi mogok atau bahkan tidak dapat menyala. Oleh karena itu, busi perlu diganti ketika mobil sudah menempuh jarak kurang lebih sekitar 20.000 KM.

2. Aki

Aki mobil atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “car battery”, adalah komponen penting dalam kendaraan bermotor, yang berfungsi untuk menyimpan dan menyediakan energi listrik untuk berbagai sistem elektrikal dalam mobil.

Penting untuk memeriksa dan merawat aki secara berkala sesuai dengan rekomendasi produsen untuk memastikan kinerjanya yang optimal dan membuat umur pakai yang lebih lama. Igloo merekomendasikan untuk menggantinya setelah penggunaan 2 hingga 3 tahun.

3. Oli Mesin dan Filter Oli

Secara umum, oli mesin dan filter oli berfungsi melumasi bagian mesin mobil. Oli mesin membentuk lapisan pelumas yang memisahkan permukaan-permukaan logam yang bergerak dalam mesin. Hal ini akan mengurangi gesekan antar-bagian yang menghasilkan panas dan mengurangi keausan pada komponen mesin.

Sementara itu, filter oli berfungsi untuk menjaga agar oli yang beredar di dalam mesin tetap bersih dan bebas dari partikel-partikel yang dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada komponen mesin.

Kedua komponen ini harus segera diganti ketika mobil sudah menempuh jarak 1000 km sejak pertama kali pembelian mobil baru. Selanjutnya, kamu bisa rutin mengganti setiap 10.000 km. 

4. Filter AC

Filter AC adalah spare part dalam mobil yang berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang masuk ke dalam kabin kendaraan, sehingga memberikan udara yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi penumpang.

Filter AC yang kotor dapat menyebabkan penurunan aliran udara yang masuk ke dalam sistem AC. Hal ini menyebabkan berkurangnya efisiensi pendinginan dan timbulnya bau tidak sedap ketika AC dihidupkan.

Baca Juga: Ramah Lingkungan! Intip 10 Manfaat Mobil Listrik Berikut!

5. Kampas Kopling dan Kampas Rem

Kampas kopling dan kampas rem masing-masing memiliki peran yang krusial dalam mengendalikan gerakan dan menghentikan mobil. Kampas kopling berfungsi berfungsi untuk memberikan tenaga pada roda mobil yang dihasilkan dari mesin.

Sementara itu, berfungsi untuk menghentikan pergerakan roda dengan menghasilkan gesekan pada cakram atau drum rem. Karena kedua spare part ini memengaruhi keselamatan jiwa saat berkendara, sangat disarankan untuk menggantinya secara rutin.

6. Lampu

Lampu mobil memiliki berbagai fungsi penting untuk memberikan penerangan, memberi tanda, dan meningkatkan keselamatan saat mengemudi. Penting untuk memastikan bahwa semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang baik untuk menghindari masalah dan meningkatkan visibilitas di jalan raya.

Baca Juga: Seberapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik?

7. Bumper Mobil

Bumper adalah spare part mobil yang terletak di bagian depan dan belakang kendaraan. Fungsinya adalah untuk melindungi bagian-bagian penting di dalam mobil dari kerusakan saat terjadi benturan ringan atau kecelakaan kecil.

Jika bumper kendaraan rusak akibat benturan, sangat penting untuk segera memperbaikinya atau menggantinya agar dapat berfungsi dengan baik dan menjaga keselamatan dan performa kendaraan secara keseluruhan.

8. Ban Mobil

Ban Mobil

Ban mobil memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting untuk performa, kenyamanan, dan keselamatan saat mengemudi.Jika ban sudah terasa licin atau aus, kamu harus segera menggantinya untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mobil melaju.

Dalam melakukan penggantian spare part, disarankan untuk menggunakan suku cadang asli dari produsen kendaraan atau merk-merk OEM. Spare part asli lebih terjamin kualitasnya dan dirancang khusus untuk cocok dengan mobil kamu. 

Selain itu, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu