biaya servis motor

6 Kisaran Biaya Servis Motor yang Harus Disiapkan

Table of Contents

Sebagai pemilik kendaraan  baik motor ataupun mobil, menjadi hal wajib untuk kamu mengetahui biaya servis motor setiap bulannya. Tujuan dari servis motor bulanan ini agar kendaraan yang kamu miliki tidak cepat rusak bahkan turun mesin.

Kisaran biaya servis motor di beberapa bengkel bervariasi, biasanya mulai Rp35.000. Semakin banyak masalah yang harus diperbaiki, maka biaya yang akan kamu keluarkan semakin besar. 

Untuk itu Igloo akan mengulas kisaran biaya yang harus kamu siapkan, agar motor kesayanganmu tetap awet dan tidak turun mesin.

Kisaran Biaya Servis Motor 

1. Ganti Oli Mesin

Ganti Oli Mesin

Agar mesin motormu berjalan dengan baik dan terbabas dari berbagai gangguan, maka  kamu wajib mengganti oli mesin setiap bulannya. Fungsi oli mesin yaitu sebagai pelumas, oli dapat melapisi bagian logam agar tidak ada kontak langsung dengan udara dan air. Selain itu, oli juga melindungi mesin agar tidak mudah berkarat.

Untuk jenis oli yang digunakan tidak bisa sembarangan, karena jenis oli disesuaikan dengan jenis motormu. Karena itu, ketika akan mengganti oli, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke  mekanik mengenai oli yang cocok. Setelah itu, pastikan kamu menggunakan merk dan jenis oli yang sama sejak awal agar tidak merusak mesin motor.

Harganya berbeda, tergantung varian atau tipe motor yang kamu miliki, apakah itu matic atau sport. Umumnya kisaran uang yang harus kamu keluarkan mulai dari Rp45.000 hingga Rp150.000 per liter.

2. Servis Tune Up

Untuk mengetahui kondisi motormu maka kamu harus melakukan tune up rutin. Tune up dapat diasumsikan sebagai upaya mengembalikan performa motor seperti sedia kala setelah melewati masa pakai tertentu. Biaya yang akan kamu keluarkan sekitar Rp75.000. Biaya tersebut hanya untuk periksa saja, belum termasuk jika ada perbaikan atau ganti spare part.

Umumnya servis tune up berupa paketan. Kamu akan mendapatkan pelayanan berikut ini.

  • Pengecekan tekanan ban
  • Pengecekan kondisi atau tegangan rantai
  • Pembersihan karburator dan radiator
  • Pengecekan alat ECU dan area CVT
  • Pengecekan kondisi lampu (jauh, depan, dan belakang, flasher sein, dan klakson.
  • Pembersihan saringan udara

Jika saat servis tune up ternyata ada bagian dan komponen yang harus diperbaiki, biasanya pihak mekanik akan bertanya terlebih dahulu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika melihat tagihan yang meledak.

Baca Juga: Simak 7 Cara Cek dan Bayar Denda Tilang yang Simpel Berikut Ini

3. Ganti Kampas dan Minyak Rem

Ganti Kampas dan Minyak Rem

Berlanjut ke bagian keselamatan yaitu pengereman. Perlu perawatan rutin di bagian rem, tujuannya untuk memastikan kalau kampas rem masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Itu berarti kampas rem masih memiliki ketebalan yang ideal untuk bergesekan dengan cakram atau tromol. 

Jangan sampai menunda penggantian kampas rem ini karena akan berakibat fatal jika kamu berkendara dengan kondisi rem yang tidak prima.

Kampas rem dibagi menjadi dua dengan harga yang tentunya berbeda, umumnya untuk kampas rem depan cakram sekitar Rp45.000, kampas rem belakang Rp35.000.

Selain itu masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di sistem pengereman adalah volume minyak rem yang berada di dalam sistem hidroliknya. 

Pastikan jika minyak rem dalam volume yang pas dan kondisi bagus. Harga minyak rem juga bervariasi, untuk harga yang paling murah dibanderol sekitar Rp5000 saja.

4. Ganti Oli Gardan

Khusus pengguna motor matic, jangan sampai lupa mengganti oli gardan secara berkala. Oli gardan ini memiliki fungsi melumasi gir-gir yang berada di dalam rumah CVT. Beberapa pabrikan menyarankan penggantian oli gardan ini dilakukan setiap 8.000 km. 

Namun standar itu fleksibel, jika motor sering diajak bermacet-macetan ada baiknya jika mengganti sebelum sampai interval maksimum. Untuk harganya masih terbilang murah, dengan keluaran brand-brand khusus oli sekitar Rp20.000an.

5. Ganti Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke pembakaran dan mencegah kotoran-kotoran dari luar yang bisa menyebabkan mesin rusak. Filter udara dibagi menjadi dua jenis. Yang paling sering digunakan adalah filter udara basah. Kedua, filter udara model busa dan stainless steel yang biasanya ada di motor keluaran lawas.

Biaya yang perlu kamu siapkan untuk ganti filter ini berbeda-beda tiap tempatnya, biasanya servis filter udara sekitar Rp50.000.

6. Aki Motor

Aki Motor

Tiap kali servis rutin, pengecekan aki menjadi hal wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Aki memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai penyimpan daya listrik untuk menyalakan starter, fuel pump, dan suplai arus ke dashboard.

Tegangan aki yang normal antara 12,3 – 12,6 V saat kondisi mesin mati. Sementara ketika kondisi menyala, aki motor umumnya memiliki tegangan 13,7 – 14,2 V. Selain itu, pastikan bahwa kondisi aki tidak berkarat. Karena, jika berkarat bisa berakibat fatal dan menyebabkan kebocoran.

Baca Juga: Berapa Biaya Balik Nama Motor, Syarat Hingga Caranya?

Itulah informasi tentang biaya servis motor yang perlu kamu siapkan setiap bulannya. Jangan sampai kamu malas dan berakibat fatal dan bahkan mesin motormu juga bisa turun. Kalau mesin motor turun, biaya yang akan kamu keluarkan tentunya lebih besar.

Selain biaya servis motor, kamu juga perlu menggunakan asuransi motor terbaik agar motor kamu kamu senantiasa terlindungi dari berbagai kerusakan dan juga kamu akan bisa menikmati berbagai manfaatnya.

Untuk melakukan pembelian asuransi motor, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Motor” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-motor
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Motor Listrik, Asuransi Motor, dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaim, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Motor, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu