oli motor matic

5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dan Tips Memilihnya

Table of Contents

Rekomendasi oli motor matic, apa saja? Bagi pemilik kendaraan bermotor, oli mesin perlu diganti secara teratur sesuai dengan pemakaian. Oli yang masih bersih dan baru akan membantu melumasi dan melindungi mesin.  Selain itu, oli juga dapat membentuk segel diantara komponen mesin yang bergerak.

Pastikan untuk menggunakan jenis oli yang sesuai dengan motor yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan motor matic, jenis oli yang digunakan juga harus diformulasikan untuk motor matic. 

Berbeda dengan motor manual, motor matic adalah jenis kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis. Motor jenis ini secara otomatis akan mengatur perpindahan gigi untuk melaju dengan mulus.

Jika segi pengoperasiannya saja sudah berbeda, jenis oli yang digunakan pun juga berbeda. Jangan sampai kamu menggunakan oli motor yang salah untuk motor kamu.

Oleh karena itu, kamu harus cermat ketika memilih oli untuk mesin motor. Dalam artikel ini Igloo akan memberi lima rekomendasi merk oli motor matic terbaik yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Mengenal Kode-Kode pada Oli Motor Matic

Jika kamu memutuskan untuk membeli oli motor matic secara mandiri, sangat disarankan untuk memperhatikan kode-kode yang ada di kemasannya. Kode-kode tersebut akan membantu untuk memilih oli yang tepat untuk motor matic kamu:

SAE (Society of Automotive Engineers) 

Kode SAE (Society of Automotive Engineers) adalah kode untuk mengetahui tingkat kekentalan oli. Biasanya bisa kamu lihat di botol oli dan biasanya terdapat tulisan 10W-30, 10W-40, atau 20W-50. Huruf W yang ada pada kode tersebut merupakan singkatan dari kata “winter”.

Semakin tinggi angka SAE, makin kental pula olinya. Sebagai contoh, kamu melihat kode SAE 10W-40 pada kemasan oli. Kombinasi kode “10W” menunjukan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sementara itu, angka “40” menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin motor bekerja.

Jika kamu ingin ngin mesin motor terdengar lebih halus, pilihlah oli yang kental. Namun, tarikan motor akan sedikit lambat dan boros bensin. Sementara itu, oli yang lebih encer akan membuat performa mesin meningkat, hal ini dikarenakan oli encer akan melicinkan seluruh permukaan mesin.

API (American Petroleum Institute) 

Kode oli API (American Petroleum Institute) merupakan kode standar yang digunakan produsen untuk menentukan mutu dan kualitas dari oli motor. Kode API memiliki huruf “S” yang diikuti huruf lainnya. Huruf dibelakang huruf “S” disusun berdasarkan urutan abjad. Semakin tinggi urutannya, semakin bagus kualitasnya. Berikut adalah daftarnya:

  • SN: tahun 2010 ke atas
  • SM: tahun 2010 ke bawah
  • SL: tahun 2004 ke bawah
  • SJ: tahun 2001 ke bawah

Dari daftar kode diatas, jika kamu menggunakan motor keluaran terbaru, kamu bisa menggunakan oli dengan kode SN. Hal ini dikarenakan oli tersebut sudah dirancang untuk teknologi baru pada motor keluaran tahun 2010 ke atas.

JASO (Japanese Automotive Standart Association)

Sama seperti kode API, kode JASO (Japanese Automotive Standart Association)  juga memiliki dua huruf tambahan di belakangnya, misalnya MA atau MB. Kode MA digunakan untuk motor kopling basah seperti motor bebek atau sport. Sementara itu, kode MB dikhususkan untuk motor matic atau skuter.

Rekomendasi Merk Oli Motor Matic

1. Motul – Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30

Spesifikasi

  • Jenis: Sintetis
  • SAE: 10W-30
  • API: SL
  • JASO: MB

Urutan pertama adalah Motul – Scooter LE 4T HC-Tech 10W-30. Oli ini diklaim lebih murni dibandingkan mineral dan terbuat dari bahan 100 persen sintetik. HC-Tech pada nama oli ini merujuk pada teknologi yang digunakan dalam formulasi oli untuk meningkatkan efisiensi konsumsi oli dan melindungi mesin.

2. Shell – Advance AX7 Matic 10W-40 4T

oli motor matic

Spesifikasi:

  • Jenis: Sintetis
  • SAE: 10W-40
  • API: SM
  • JASO: MB

Selain terkenal menawarkan bahan bakar berkualitas, Shell dikenal sebagai produsen oli dengan standar kualitas tinggi. Oli Shell dirancang untuk memberikan perlindungan optimal dan performa mesin.

Shell Advance AX7 memiliki teknologi Shell Active Cleansing yang diklaim dapat menjaga mesin tetap bersih dari kotoran berlebih dan membuat akselerasi motor matic kamu semakin mulus.

3. Evalube – Oli Motor Matic SCOOTIC HX Synthetic 10W-30

oli motor matic

Spesifikasi:

  • Jenis: Sintetis
  • SAE: 10W-30
  • API: SL
  • JASO: MB

Diproduksi oleh PT. Federal Karyatama, Evalube – Oli Motor Matic SCOOTIC HX Synthetic 10W-30 merupakan oli yang diklaim dapat membuat usia pakai mesin lebih tahan lama berkat teknologi Veltec yang diusungnya. Oli ini juga berjenis sintesis dimana dapat menahan suhu tinggi dan menjaga kestabilan viskositas dalam berbagai kondisi.

4. Castrol – POWER1 Scooter 10W-40

oli motor matic

Spesifikasi

  • Jenis: Sintetis
  • SAE: 10W-30
  • API: SL
  • JASO: MB

Castrol adalah salah satu merek oli yang terkenal dan populer di seluruh dunia. Mereka memiliki beragam produk yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan bermacam-macam, salah satunya adalah Castrol – POWER1 Scooter 10W-40 yang dikhususkan untuk motor matic.

Oli ini dibuat dengan formula 5-in-1 full synthetic yang dapat meningkatkan akselerasi dengan mulus, serta memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap mesin motor.

5. BM1 PC 1500 Matic

oli motor matic

Spesifikasi

  • Jenis: Semi sintetis
  • SAE: 10W-30
  • API: SL
  • JASO: MB

Selain evalube, rekomendasi oli motor matic buatan lokal lainnya adalah BM1 PC 1500 Matic. Oli ini adalah pelumas semi sintetis khusus motor matic yang mengusung teknologi PC-AFA. Teknologi tersebut diklaim dapat membuat kendaraan semakin awet dengan menurunkan panas mesin, hemat bensin, tanpa harus menurunkan performa mesin.

Jadi, manakah oli motor matic yang akan kamu pilih? Daftar di atas hanyalah rekomendasi dari Igloo, masih ada merk lainnya yang mungkin lebih cocok untuk motor kamu. Agar motor kamu semakin terlindungi dari hal-hal yang tidak terduga, pastikan untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo, ya!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu