rekomendasi asuransi motor terbaik

Lindungi Motor Kamu, Inilah 9 Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik di Indonesia

Table of Contents

Memiliki asuransi motor dapat memberikan manfaat perlindungan dalam situasi risiko seperti kecelakaan, kehilangan, atau bencana alam. Jika kamu memutuskan untuk memilikinya, ada beberapa rekomendasi asuransi motor terbaik yang dapat kamu pilih.

Daftar asuransi motor yang akan disebutkan dalam artikel ini telah terbukti memiliki reputasi yang baik dan  mendapatkan kepercayaan dari sejumlah besar nasabah di Indonesia.

Untuk melihat daftarnya, yuk, simak artikel blog Igloo berikut!

Pengertian Asuransi Motor

Seperti yang kita ketahui, motor merupakan salah satu transportasi pilihan masyarakat Indonesia yang digunakan untuk berbagai jenis aktivitas, baik itu untuk keperluan sehari-hari, hobi, atau pekerjaan.

Oleh karena itu, kamu harus melindungi aset berharga kamu dengan asuransi motor untuk melindunginya dari resiko kerusakan, termasuk resiko kehilangan sekaligus. Jika terjadi sesuatu yang merugikan terhadap motor kamu, nantinya pihak asuransi akan membayarkan klaim sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam polis perjanjian.

Terdapat dua opsi asuransi motor yang dapat dipilih sesuai kebutuhanmu. Setiap jenis asuransi memiliki cakupan pertanggungan yang berbeda, tergantung pada pilihan asuransi yang kamu pilih:

  • All Risk

Asuransi all risk atau komprehensif adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko buruk yang dapat terjadi pada motormu, khususnya jika motor tersebut masih baru.

Asuransi all risk memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kerusakan, baik ringan, berat, maupun risiko kehilangan pada kendaraan. Karena cakupan perlindungan yang luas ini, premi yang dikenakan cenderung lebih tinggi.

  • Total Loss Only (TLO)

Sama seperti asuransi all risk, asuransi TLO (Total Loss Only) memberikan jaminan keseluruhan untuk kendaraan. Perbedaannya terletak pada fokusnya yang spesifik pada kerusakan total pada motor.

Kerugian pada kendaraan akan mendapatkan jaminan penuh sebesar 100% dari nilai pertanggungan, yang dihitung dengan mengurangi biaya resiko sendiri dari harga kendaraan. 

Jika terjadi kerusakan total akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya, dengan kerusakan mencapai 75% dari nilai motor, maka kamu bisa mendapatkan manfaat dari asuransi TLO.

Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik di Indonesia

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan asuransi motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitas asuransi dan layanan yang ditawarkan.

1. Asuransi Motor tRide

Asuransi Motor tRide

Rekomendasi asuransi motor terbaik yang pertama adalah tRide dari Tugu Insurance. tRide merupakan produk asuransi motor yang dapat memberikan perlindungan penuh untuk motor kamu, demgan jaminan Total Loss, yang dapat diperluas dengan manfaat tambahan yang dimiliki oleh Tugu Insurance.

Untuk biaya preminyaa sendiri termasuk ramah di kantong. Kamu akan mendapat ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan motor kamu dengan harga premi mulai dari Rp10.000 per bulan.

Untuk proses klaimnya juga sangat mudah. Kamu dapat melakukan klaim melalui:

  • Call center
  • Klaim online melalui website
  • Klaim ke kantor cabang
  • AplikasiTdrive yang tersedia di App Store dan Google Play

2. Simas Motor

Simas Motor

Rekomendasi asuransi motor terbaik selanjutnya adalah Simas Motor. Asuransi kendaraan bermotor ini merupakan produk dari Asuransi Sinarmas. Simas Motor memberikan perlindungan istimewa untuk kendaraan dua roda dengan menyediakan jaminan dasar berupa Total Loss Only (TLO).

Simas Motor memberikan jaminan terhadap kerugian atau kerusakan langsung pada motor yang diasuransikan yang disebabkan secara langsung oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok, vandalisme, pencurian, dan kebakaran. Jika kamu tertarik untuk memiliknya, pastikan motor yang dijamin tidak melebihi usia maksimal 10 tahun, ya!

3. Zurich MotoPro

Zurich MotoPro

Zurich menawarkan produk asuransi MotoPro yang memberikan kompensasi atas kehilangan atau kerusakan total (dengan tingkat kerusakan lebih dari 75%) pada motor kamu. 

Selain itu, MotoPro juga menyediakan opsi perluasan jaminan, mencakup perlindungan terhadap kecelakaan diri, biaya perawatan medis, hingga tanggung jawab pihak ketika mengendarai motor.

MotoPro menyediakan dua opsi perlindungan, yaitu Motopro Classic dan Motopro Classic Plus. Setiap paket menawarkan cakupan jaminan yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Adapun syarat dan ketentuan produk Zurich MotoPro adalah sebagai berikut:

  • Max. usia kendaraan: 7 tahun
  • Penggunaan kendaraan: Pribadi dan dinas
  • Periode pertanggungan: 1 tahun
  • Perlengkapan tambahan tidak dapat dijamin dalam produk ini

4. Jaga Motorku

Jaga Motorku

Jaga Motorku adalah produk kerjasama antara Asuransi JAGADIRI dan PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia. Rekomendasi asuransi motor terbaik ini memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan jiwa oleh JAGADIRI dan perlindungan kendaraan bermotor oleh PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia. 

Adapun highlights dari produk asuransi Jaga Motorku adalah sebagai berikut:

  • Memberikan perlindungan ganda baik terhadap motor maupun Jiwa Kamu dari resiko kecelakaan
  • Check Motor yang diasuransikan tidak harus motor baru dan tidak diperlukan pemeriksaan fisik saat proses pembelian
  • Premi sangat terjangkau Rp13.000an perbulan
  • Usia Masuk sepeda motor maksimal 9 tahun (dengan pertanggungan hingga usia motor maksimal 10 tahun)

Baca Juga: Berapa Pajak Motor? Cara Menghitung dan Prosedurnya

5. Garda Motor

Garda Motor

Dalam urusan perlindungan sepeda motor, Asuransi Astra memiliki produk Asuransi Garda Motor yang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap sepeda motor kamu (TLO). 

Tidak hanya itu, Garda Motor juga menyediakan opsi perluasan jaminan, termasuk perluasan jaminan kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang. Untuk preminya juga cukup terjangkau, yaitu 2,4% x Harga Motor  + Administrasi Rp35.000,

6. Motor Protection

Motor Protection

Selanjutnya adalah Motor Protection yang merupakan produk asuransi dari Lippo Insurance. Asuransi ini diklaim dapat memberikan perlindungan komprehensif untuk motor kamu, meliputi risiko kehilangan, kerusakan total, dan juga risiko kecelakaan yang mungkin terjadi selama berkendara.

Motor Protection memberikan jaminan terhadap kerusakan dengan cakupan kerugian hingga 75% dari nilai pasar kendaraan serta perlindungan terhadap risiko kehilangan akibat pencurian. Adapun perluasan jaminan yang ditawarkannya adalah:

  • Perluasan jaminan untuk menjamin risiko-risiko Kerusuhan, Pemogokan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase terhadap Kendaraan Bermotor yang dipertanggungkan.
  • Perluasan jaminan untuk menjamin risiko-risiko Bencana Alam
  • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ke III/Third Party Liability (TPL)

7. Simoda

Simoda

Asuransi Simoda merupakan rekomendasi produk asuransi motor terbaik dari PT. Swadana Inservtama, sebuah perusahaan broker asuransi yang telah memperoleh kepercayaan dari lebih dari 500 dealer sepeda motor di wilayah JABODETABEK, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Medan.

Asuransi motor Simoda diklaim dapat memberikan jaminan terhadap berbagai risiko kerugian, melibatkan perlindungan terhadap kehilangan akibat tindakan penipuan, penggelapan, dan hipnotis.

Adapun jenis layanan Asuransi Simoda adalah sebagai berikut:

  • Asuransi Motor All Risk
  • Asuransi Motor TLO PLUS
  • Asuransi Comprehensive Non Theft (khusus untuk motor yg masih kredit)

8. Jasindo Oto Plus

Jasindo Oto Plus

Asuransi Jasindo Oto Plus merupakan sebuah produk dari perusahaan BUMN yaitu Jasindo. Asuransi motor ini memberikan perlindungan terhadap kerugian atau kehilangan kendaraan roda dua akibat berbagai peristiwa, seperti kecelakaan, kebakaran, pencurian, dan kerusuhan.

Adapun fitur-fitur utama dari Jasindo Oto Plus adalah:

  • Jaringan bengkel luas di seluruh Indonesia
  • Gratis derek
  • Sistem pembayaran premi: Full
  • Untuk Asuransi All Risk: Usia maksimal kendaraan 10 tahun
  • Untuk Asuransi TLO (Total Loss Only): Usia maksimal kendaraan 15 tahun

Baca Juga: 7 Manfaat Asuransi Motor yang Wajib Kamu Ketahui

9. Asuransi Li-Mo

Asuransi Li-Mo

Rekomendasi asuransi motor terbaik terakhir adalah Asuransi Li-Mo dari Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Li-Mo memberikan manfaat berupa penggantian atas kerugian dan/atau kerusakan pada motor kamu. 

Cakupannya cukup luas mulai dari situasi seperti tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran, dengan ketentuan sesuai yang tertera dalam polis. Selain itu, Reliance sendiri memiliki banyak rekanan bengkel yang tersebar dari Banda Aceh hingga Bali.

Itulah 9 rekomendasi asuransi motor terbaik yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Kira-kira, manakah produk yang akan kamu pilih? 

Tingginya angka pencurian dan kecelakaan yang sering dihadapi oleh para pengendara sepeda motor di Indonesia kerap menimbulkan kekhawatiran. Meskipun telah berusaha waspada dan berhati-hati, kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan asuransi motor terbaik untuk memberikan perlindungan lebih terhadap kendaraan roda dua milik kamu. Jika kamu tertarik untuk memilikinya, yuk, segera konsultasikan ke Igloo untuk mendapatkan penawaran dan promo-promo yang menarik!

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu