Ketahui, Inilah 5 Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo

Table of Contents

Ada beberapa jenis bahan bakar yang biasanya digunakan dalam kendaraan konvensional. Di Indonesia, salah satu yang sering digunakan adalah Pertamax. Jenis bahan bakar ini memiliki oktan lebih tinggi dibandingkan dengan bensin jenis lainnya.

Bahan bakar Pertamax memiliki varian yang lebih baiknya lagi, yaitu Pertamax Turbo. Varian ini diklaim dapat membuat kendaraan menjadi lebih lincah dan lebih baik, serta meningkatkan tenaga mesin sekaligus peduli akan perbaikan kualitas udara dibandingkan dengan pertamax biasa.

Lantas, apa saja perbedaan antara pertamax dan pertamax turbo? Simak artikel Igloo berikut ini.

Spesifikasi Pertamax dan Pertamax Turbo

Sebelum mengetahui perbedaan antara Pertamax dan Pertamax Turbo, berikut adalah spesifikasi dari kedua jenis bahan bakar tersebut yang dilansir dari SK Dirjen Migas No. 3674K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin yang Dipasarkan di Dalam Negeri:

Spesifikasi Pertamax

  • Warna: Biru
  • RON (Research Octane Number): 92
  • Sulfur: 500 ppm
  • Sulfur merkaptan: 20 ppm
  • Timbal: 0,013 gram per liter
  • Kandungan pewarna: 0,13 gram per 100 liter
  • Stabilitas oksidasi minimal: 480 menit

Spesifikasi Pertamax Turbo

Pertamax Turbo memiliki 

  • Warna: Merah
  • RON (Research Octane Number): 98
  • Sulfur maksimal: 50 ppm
  • Sulfur merkaptan maksimal: 20 ppm
  • Timbal: Tidak ada
  • Kandungan logam mangan dan besi: Tidak ada
  • Stabilitas oksidasinya minimal: 480 menit

Baca Juga: Mudah dan Cepat, Ini 5 Cara Klaim Asuransi Motor Hilang

Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo

Setelah mengetahui spesifikasinya, berikut adalah perbedaan antara Pertamax dan Pertamax Turbo:

1. Nilai RON yang Berbeda

RON atau Research Octane Number adalah salah satu metode pengukuran kualitas oktan dari bahan bakar bensin. RON digunakan untuk menilai seberapa tahan bahan bakar terhadap detonasi atau ketukan saat terbakar di dalam mesin pembakaran internal.

Bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi cenderung memberikan performa yang lebih baik dan efisiensi mesin yang lebih besar, terutama dalam mesin berperforma tinggi. RON pada Pertamax Pertamax adalah 92, sedangkan pada Pertamax Turbo adalah 98.

2. Pengaruh Performa Mesin

Jika kamu memiliki mobil dengan mesin mesin yang memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi, ada baiknya untuk menggunakan Pertamax Turbo. Pasalnya, nilai RON 98 yang dimiliki Pertamax Turbo akan lebih cocok dengan mesin-mesin ini yang memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dan teknologi yang canggih untuk menghasilkan peforma yang lebih baik. 

Selain berdampak pada performa, mesin dengan rasio kompresi yang tinggi lebih rentan terhadap detonasi. Oktan tinggi dapat membantu mencegah detonasi yang tidak diinginkan dengan memastikan pembakaran yang lebih stabil dan efisien.

3. Teknologi

Dari segi teknologi, perbedaa antara Pertamax dan Pertamax Turbo yang lain adalah Pertamax memiliki ecosave technology dimana Pertamax dapat  membersihkan bagian yang ada di dalam mesin atau detergency. 

Sementara itu, pada Pertamax Turbo juga menyediakan teknologi ecosave, tetapi dengan tambahan fitur Ignition Boost Formula yang dapat meningkatkan laju perubahan kecepatan dan kecepatan optimal.

Baca Juga: 5 Cara Mengurus Asuransi Motor Hilang

4. Perbedaan Harga

Karena memberikan fitur yang lebih baik dan angka oktan yang lebih besar, Pertamax Turbo lebih mahal daripada Pertamax biasa. Per 2 Febuari 2023, harga Pertamax Turbo ada di angka Rp14.850, sedangkan harga Pertamax mulai dari Rp12.800. Karena menyesuaikan harga minyak dunia, angka ini meningkat dari beberapa waktu sebelumnya. 

Perlu dicatat juga bahwa harga BBM di setiap daerah juga akan berbeda. Hal ini dikarenakan biaya transportasi dan distribusi bensin dari sumber pasokan ke lokasi penjualan. Semakin jauh lokasi daerah dari kilang minyak, makan akan semakin mahal harga BBM nonsubsidinya.

5. Warna 

Perbedaan antara Pertamax dan Pertamax Turbo yang terakhir bisa dilihat dari warna yang digunakan. Warna Pertamax adalah biru, sedangkan Pertamax Turbo menggunakan warna merah.

Pemberian zat pewarna yang berbeda-beda setiap produk Pertamina ini bertujuan sebagai pembeda. Pewarna ini ditambahkan dalam jumlah yang sangat kecil dan tidak berdampak pada performa bensin atau mesin.

Manfaat Memiliki Asuransi Motor untuk Perlindungan Ekstra

Itu dia 5 perbedaan antara Pertamax dan Pertamax Turbo yang perlu kamu ketahui. Kira-kira bensin manakah yang paling cocok untuk kendaraan kamu?

Nah, agar motor kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi kendaraan kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan motor, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu