Apakah Anjing Boleh Makan Coklat? Ini Penjelasannya

apakah anjing boleh makan coklat
Table of Contents

“Apakah anjing boleh makan coklat?” pertanyaan semacam itu pasti pernah terlintas di setiap pemilik anjing. Walaupun anjing hewan omnivora, bukan berarti mereka dapat mengonsumsi semua jenis makanan, lho.

Sebagai pemilik, kamu tentu harus memperhatikan asupan makanan yang kamu berikan kepada mereka. Pasalnya, ada beberapa makanan manusia dan tumbuhan bisa beracun bagi anjing, salah satunya coklat. 

Mengapa demikian? Untuk menjawabnya, artikel berikut akan menjawab pertanyaan terkait “apakah anjing boleh makan coklat?”

Apakah Anjing Boleh Makan Coklat?

Singkatnya, anjing tidak boleh memakan coklat. Hal ini dikarenakan coklat mengandung zat-zat seperti theobromine dan kafein, yang termasuk dalam kelompok senyawa kimia yang disebut methylxanthines.

Zat-zat tersebut dapat memberikan efek stimulan pada sistem saraf pusat manusia. Namun, pada anjing, zat-zat tersebut dapat menyebabkan keracunan theobromine yang berpotensi fatal. 

Terutama jika coklat yang dikonsumsi memiliki konsentrasi theobromine yang tinggi. Kafein pada coklat juga bisa berdampak negatif pada anjing dan sebaiknya dihindari.

Dilansir dari Halodoc.com, berikut adalah beberapa jenis coklat yang diurutkan berdasarkan kandungan theobromine paling tinggi hingga rendah:

  • Bubuk kakao
  • Coklat isi roti tanpa pemanis
  • Coklat hitam
  • Susu coklat

Ciri-Ciri Anjing yang Keracunan Coklat

Keracunan coklat pada anjing bisa menimbulkan sejumlah gejala yang bervariasi, tergantung pada jumlah dan jenis coklat yang dikonsumsi. Biasanya, anjing yang memakan coklat akan mengalami muntah-muntah. 

Namun, beberapa anjing juga dapat mengalami gejala seperti:

  • Muntah
  • Diare
  • Kegelisahan
  • Detak Jantung Tidak Normal
  • Gemetar
  • Kenaikan Tekanan Darah
  • Kejang
  • Depresi atau Kehilangan Kesadaran
  • Malas atau lemas
  • Kurang istirahat
  • Lebih sering buang air kecil

Baca Juga: 4 Rekomendasi Asuransi Anjing Terbaik di Indonesia

Cemilan yang Sehat untuk Anjing

Penting untuk memilih cemilan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing. Jika anjing tidak boleh makan coklat sebagai cemilan mereka, apa saja alternatifnya?. Berikut adalah beberapa cemilan sehat untuk anjing:

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak yang cocok untuk anjing antara lain daging ayam tanpa kulit, daging kalkun, dan daging sapi tanpa lemak. Pastikan daging tersebut dimasak dengan baik untuk menghindari risiko bakteri dan penyakit.

Selain itu, jangan gunakan bumbu atau rempah-rempah saat memasak daging untuk anjing. Rempah dan bumbu tertentu bisa beracun atau menyebabkan masalah pencernaan pada anjing.

2. Oatmeal

Oatmeal, atau gandum oat yang dimasak, dapat menjadi camilan yang baik dan sehat untuk anjing, lho. Pastikan oatmeal dimasak dengan baik dan dalam bentuk yang lembek, tanpa tambahan gula, garam, atau bahan-bahan tambahan lainnya.

3. Telur

Telur mengandung protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting seperti vitamin D, vitamin B12, dan zat besi yang baik untuk diet anjing. Namun, pastikan telur dimasak dengan baik sebelum diberikan kepada anjing. Telur mentah bisa membawa risiko infeksi bakteri seperti Salmonella.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon bisa menjadi cemilan yang sehat untuk anjing. Ikan salmong mengandung asam lemak omega-3, protein, vitamin D, dan nutrisi yang baik untuk anjing. Pastikan untuk memilih ikan salmon yang segar dan telah dimasak tanpa tambahan garam, bumbu, atau rempah-rempah.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin K, dan beberapa mineral. Anjing dapat mengonsumsinya dalam potongan kecil dan sudah direbus agar lebih mudah dikunyah dan dicerna oleh anjing.

Namun, jangan memberikan terlalu banyak brokoli kepada anjing. Memberi anjing brokoli dalam jumlah yang berelebihan dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal.

6. Keju

Keju dapat menjadi camilan untuk anjing, tetapi pastikan untuk memilih keju rendah lemak dan rendah garam jika ingin memberikannya kepada anjing. Keju juga harus diberikan dalam porsi yang kecil karena keju mengandung lemak dan kalori tinggi yang bisa menyebabkan obesitas pada anjing

Baca Juga: 7 Rekomendasi Jenis Anjing Mahal untuk Dipelihara

7. Pisang

Pisang mengandung serat, vitamin B6, vitamin C, serta kalium, dan dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan anjing. Kamu bisa memberikan pisang dalam porsi kecil, serta pastikan untuk mengupas kulit pisang terlebih dahulu.

8. Yogurt

Makanan fermentasi, seperti yogurt dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anjing. Namun, pastikan yogurt tidak mengandung pemanis buatan atau bahan tambahan lain yang berpotensi menyebabkan masalah pencernaan bagi anjing.

Semoga artikel tadi menjawab pertanyaan terkait “apakah anjing boleh makan coklat?”. Jadi, sebagai pemilik, ada baiknya untuk tidak memberikan coklat kepada mereka. Namun, jika anjing kamu tidak sengaja memakannya dan menemukan gejala-gejala anjing keracunan coklat pada anjing peliharaan, sebaiknya lekas bawa ke dokter. 

Pastikan juga untuk mengetahui coklat jenis apa dan seberapa banyak yang dimakan oleh anjing kamu. Hal ini akan memudahkan dokter hewan memberikan penanganan sesuai jenis coklat dan jumlah yang dimakan.

Agar semakin tenang memelihara anjing, jangan lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu