asuransi kehilangan motor

Asuransi Kehilangan Motor: Proses dan Cara Perhitungannya

Table of Contents

Memiliki asuransi sama pentingnya dengan kamu memiliki surat-surat berkendara. Ketika kamu memiliki motor tanpa berpikir memberikan perlindungan terhadap kendaraan tersebut, maka itu akan membuatmu kewalahan sendiri. Namun, ketika memilih asuransi juga tidak tidak boleh sembarangan.

Kamu bisa memilih asuransi Mikro Motolite dari Zurich. Produk asuransi mikro ini memberikan perlindungan yang terjangkau untuk kendaraan bermotor dan pengemudinya. Dengan asuransi ini kamu akan mendapat perjalanan yang lebih aman dan nyaman. 

Asuransi ini akan memberikan perlindungan atas kehilangan motor, cacat permanen atau meninggalnya pihak ketiga karena kecelakaan, dan untuk kamu sebagai pengemudi akan ditanggung jika cacat permanen atau meninggal karena kecelakaan.

Untuk asuransi khusus kehilangan motor, kamu bisa memilih asuransi Motopro – Total Loss only Zurich yang sudah terpercaya dan diakui kredibilitasnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

Memiliki asuransi motor terbaik sangatlah penting ketika kendaraan hilang atau bahkan rusak. Karena itu, berikut ini Igloo akan menjelaskan tentang asuransi kehilangan motor mulai dari proses klaim hingga cara perhitungannya. Yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Asuransi Kehilangan Motor

Asuransi kehilangan motor termasuk ke dalam jenis asuransi motor atau motolite. Asuransi motor merupakan salah satu produk asuransi yang ditawarkan oleh Igloo dan menjadi pilihan produk terbaik yang akan memberikan ganti rugi atas risiko kehilangan atau kerusakan pada sepeda motor. 

Jenis produk yang ditawarkan ada dua yaitu pilihan pertanggungan Total Loss Only (TLO) dan all risk. Untuk kasus kehilangan motor, maka kamu perlu memilih asuransi TLO. 

Produk tersebut akan memberikan jaminan atas kerugian finansial jika motor kamu hilang karena pencurian sebesar 75% dari nilai kendaraan yang diasuransikan. Jadi kamu dapat menikmati ketenangan pikiran selama perlindungan finansial dari asuransi Motopro (TLO) Zurich.

Baca Juga: Jenis Asuransi Motor: Pengertian dan Manfaatnya

Cara Klaim Asuransi Motor Hilang

Cara Klaim Aasuransi Motor Hilang

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk jika motor kamu hilang, kamu tak perlu khawatir. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk klaim asuransi.

1. Buatlah Laporan ke Pihak Asuransi

Cara klaim asuransi kehilangan motor yang pertama dengan membuat laporan ke pihak asuransi. Laporan ini dapat dibuat secara lisan atau tulisan melalui call center, email, ataupun agen resmi asuransi. 

Laporan ini harus dibuat secepatnya, maksimal tiga hari setelah kejadian. Karena jika terlambat atau terlalu lama dari kejadian, maka kemungkinan klaim ditolak.

2. Siapkan Berkas-Berkas yang Diperlukan

Siapkan berkas serta dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat klaim uang pertanggungan. Dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah surat keterangan hilang dari pihak kepolisian, SIM, KTP, STNK, serta kunci motor dan kunci cadangan. Untuk kunci cadangan sifatnya tidak wajib.

3. Buatlah Berita Acara di Kepolisian

Surat keterangan hilang dari pihak kepolisian yang dimaksud adalah berita acara kehilangan kendaraan bermotor yang dibuat Polsek tempat kejadian kehilangan motor. 

Jadi, dalam waktu maksimal 24 jam, kamu harus segera melaporkan kehilangan di Polsek tempat kehilangan. Jika perlu, bawalah saksi untuk memperkuat kronologis motormu yang hilang.

4. Buat Surat Pemblokiran

Buat surat pemblokiran STNK di Polda setempat. STNK motor yang hilang perlu diblokir segera, karena itu termasuk syarat klaim asuransi motor hilang.

5. Urus Surat dari Direktorat Reserse

Kamu perlu mengurus surat keterangan Direktorat Reserse di Polda. Surat ini berfungsi untuk melengkapi syarat klaim asuransi, yang isi suratnya akan dilengkapi dengan nomor polis asuransi.

Dokumen yang perlu kamu sertakan adalah fotokopi KTP, BPKB, Faktur pembelian kendaraan bermotor, berita acara/laporan kehilangan, dan polis asuransi.

6. Ajukan Surat Permohonan Klaim Asuransi

Jika semua persyaratan sudah siap segera ajukan permohonan klaim kepada pihak asuransi.

Baca Juga: Subsidi Motor Listrik: Syarat, Daftar Kendaraan, dan Cara Membelinya

Cara Perhitungan Asuransi Kehilangan Motor

Cara Perhitungan Asuransi Kehilangan Motor

Untuk pertanggungan ini, terdapat beberapa poin penting yang wajib kamu tahu. Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan, saat kamu mencoba menghitung pertanggungan asuransi kehilangan motor.

  • Perhatikanlah  jangka waktu pembelian motor dengan waktu kehilangan: semakin kecil jangka waktu pembelian motor dengan waktu kehilangan, maka akan semakin besar uang pertanggungan yang kamu terima. Begitu juga sebaliknya, jika jangka waktu semakin besar, maka uang pertanggungan yang kamu terima semakin kecil.
  • Cari tahu harga OTR/ harga pembelian kendaraan bermotor di suatu daerah: yang mempengaruhi perhitungan adalah harga OTR saat kehilangan motor. Jika nilai jual motor ketika hilang ada di bawah 10 juta, maka uang pertanggungan akan dipotong sebesar Rp1 juta. Tapi jika harga motor di atas Rp10 juta, maka potongan yang akan diberikan sebesar 10% dari harga motor.
  • Cari tahu nilai maksimal yang ditanggung dan biaya resiko yang dibebankan: Nilai maksimal kendaraan yang dapat ditanggung sebesar Rp500 juta dan pengajuan klaim akan dikenakan biaya resiko sebesar 5% dari nilai klaim, dengan jumlah minimal Rp150 ribu.

Itulah informasi yang berkaitan dengan asuransi kehilangan motor yang wajib kamu ketahui. Jangan sampai kamu bingung atau malas mengurus klaim asuransi ketika kamu kehilangan motor. 

Tetaplah tenang dan ikuti prosedur yang sudah dibuat pihak penanggung. Selain itu kamu juga harus teliti dan memastikan betul persyaratan apa saja yang wajib dibawa ketika pengajuan klaim. Karena kalau sampai berkas dan prosedur tidak sesuai, kemungkinan terburuk klaim yang kamu ajukan ditolak.

Memiliki asuransi motor adalah cara terbaik untuk melindungi motor kesayangan kamu. Untuk mendapatkan yang terbaik, kamu dapat menggunakan asuransi motor dari Igloo yang akan memberikan banyak manfaat untuk kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu