Gabungan 3 Negara, Lakukan Tantangan Lintas Negara dengan Motor Off-Road

Ekspedisi Ekstrem: Menghadapi Tantangan Lintas Negara dengan Motor Off-Road
Table of Contents

Off-roader merupakan mereka yang menyukai aktivitas ektrem menggunakan motor off-road. Komunitas off-roader tidak hanya ada di Indonesia, akan tetapi di negara-negara lain juga banyak yang menyukai aktivitas ekstrem ini.

Nah baru-baru ini, tepatnya di Agustus 2023 terselenggara Wisata off-road gabungan tiga negara. Yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia yang berjudul Ekspedisi Jelajah Borneo 2023. Aktivitas ekstrem ini tentu sangat menyenangkan sekaligus menegangkan. Namun pasti terbayar dengan pemandangan alam sekitar yang memanjakan mata.

Ekspedisi Ekstrem: Menghadapi Tantangan Lintas Negara dengan Motor Off-Road

Saat itu, para peserta Borneo Border beristirahat di Kabupaten Kobar yang ada di Taman Nasional Tanjung Putting sebelum mengawali perjalanan ekspedisi ekstrem. Pelepasan dilakukan oleh Pj Bupati Kobar dan peserta mulai perjalanan menuju Sandai, Kalimantan Barat. Saat di Kotawaringin Lama, mereka mengunjungi masjid Kyai Gede yang penuh dengan sejarah.

Selanjutnya mereka akan melintasi Serawak dan Brunei Darussalam. Untuk titik finish atau pemberhentian terakhir ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Dalam perjalanan ini para off-roader menempuh jarak 3.500 km. Dimana sepanjang perjalanannya mereka menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan dan melewati berbagai tantangan unik dari medan yang dilalui.

Off-roader yang terdiri dari 3 negara ini melakukan perjalanan selama 17 hari, selain medan yang beragam mereka juga melewati kondisi cuaca yang berubah-ubah. Hal tersebut tentu saja menguji ketangguhan para off-roader dalam menaklukkan tantangan.

Wisata off-road gabungan tiga negara diikuti oleh 39 peserta dan diantaranya adalah warga negara asing. Mereka mengklaim bahwasannya aktivitas ini bukan hanya sekedar petualangan, akan tetapi untuk sebagai momen untuk mempererat hubungan yang dimiliki antar-negara. Selain itu juga menjadi ajang promosi potensi wisata alam Borneo kepada dunia internasional.

Tips Mengendarai Motor Off-Road di Indonesia

Melihat antusiasme peserta off-roader tergambar sudah bagaimana perkembangan pecinta motor trail yang dari tahun ke tahun semakin besar. Motor ini didesain dengan ground clearance yang tinggi sehingga cocok ketika melewati medan Borneo yang beragam. Dengan medan yang beragam tersebut, keseimbangan tentu menjadi hambatan utama.

Nah untuk mengantisipasi keseimbangan yang tidak stabil maka berikut ini ada beberapa tips agar kamu bisa mengendalikan motor off-road:

  1. Cobalah berlatih keseimbangan

Mengendarai motor off-road butuh rajib berlatih keseimbangan tubuh ketika ada di atas motor. Caranya dengan kamu berkendara di kecepatan rendah terlebih dahulu. Kamu bisa membuat lintasan angka delapan untuk latihan.

Kemudian coba jaga keseimbangan statis dengan posisi kaki tidak turun saat melintasi jalur kecil seperti celah diantara pepohonan. Lakukan pula gerak dinamis lain untuk melatih keseimbangan agar lebih professional.

  1. Lihat kondisi sekitar, perhatikan pijakan yang pas untuk kaki saat di medan yang sulit

Saat di medan yang sulit pastikan untuk mencari tempat pijakan kaki untuk berhenti. Hindari menginjak tanah lempung, karena dapat membahayakan pengendara. Ada baiknya kamu cari tumpuan batu dan tanah kering yang mempunyai level bertingkat untuk sandaran.

  1. Pastikan memakai kekuatan paha untuk mengangkat motor.

Saat terjatuh dari motor off-road sebaiknya gunakan paha luar untuk mengangkat motor. Hindari bertumpu hanya pada kekuatan lengan dan tubuh bagian atas saja. Dengan cara tersebut kamu bisa bangkit lebih mudah tanpa bantuan.

  1. Gantungkan kaki

Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan teknik menggantung kaki, dimana posisi satu kaki menapak pada tanah dan satu kaki lainnya menggantung di motor. Kemudian jika akan melanjutkan perjalanan, kamu dapat menggeser pantat kamu untuk kembali ke posisi duduk yang nyaman. Ini juga yang menjadikan bodi dan jok motor off-road lebih ramping dari motor biasanya, karena memang tujuannya untuk memudahkan manuver pantat ketika dibutuhkan.

  1. Sadari posisi kamu dan motor

Ada banyak hal yang harus kamu sadari dan perhatikan saat naik motor off-road. Diantaranya momen saat kamu akan naik, menghentikan kendaraan turun hingga melakukan manuver. Kesemuanya harus kamu lakukan dengan penuh sadar dan pertimbangan.

  1. Utamakan percaya diri

Meskipun motor off-road besar dan tinggi kamu tetap harus mengendarainya dengan percaya diri. Untuk mengimbangi rasa percaya diri, kamu bisa berlatih secara tekun dan belajar dari mereka yang lebih berpengalaman.

  1. Menggunakan safety gear yang disarankan

Selain berlatih untuk terampil berkendara dengan motor ini, kamu juga harus memastikan keselamatan diri dengan menggunakan safety gear yang disarankan. Agar bisa melewati semua medan yang kamu hadapi dan tetap berkendara dengan aman. Contoh safety gear yang kamu gunakan seperti sepatu yang bisa menahan benturan, helm trail, pelindung siku dan lutut, jaket off-road dan sebagainya.

Itulah tadi perkembangan ekspedisi ekstrem saat menghadapi tantangan lintas negara dengan motor off-road. Jika tahun lalu kamu belum bergabung, pastikan kamu tahun ini tidak melewatkan berbagai event off-road gabungan tiga negara yang bisa melatih kemampuanmu berkendara di medan off-road. Jika memang belum mahir, kamu bisa menjalankan tips di atas saat berlatih. Jangan takut jatuh dan tidak seimbang, kamu hanya butuh kesempatan berlatih sebanyak mungkin.

Nah untuk melindungi kamu dan motor off-road yang kamu kendarai selama perjalanan, kamu bisa menggunakan Asuransi Motor dari Igloo. Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Baca Juga : Motor Klasik yang Menginspirasi: Cerita dan Perjalanan Sejarah di Balik Kendaraan Bersejarah Produksi Eropa

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu