Motor Klasik yang Menginspirasi: Cerita dan Perjalanan Sejarah di Balik Kendaraan Bersejarah Produksi Eropa

Motor Klasik yang Menginspirasi: Cerita dan Perjalanan Sejarah di Balik Kendaraan Bersejarah
Table of Contents

Pernahkah kamu mendengar sejarah tentang motor klasik? Selain Vespa, apa kamu juga mengenal kendaraan bersejarah DKW Hummel Super? Motor klasik DKW merupakan salah satu motor produksi Eropa yang mempunyai sejarah panjang di dunia otomotif.  Selain DKW, adakah motor klasik lain produksi Eropa yang masih ada di Indonesia? 

Semakin kesini semakin sedikit orang yang mengenal motor bersejarah hasil produksi pabrikan Eropa. Bahkan mungkin namanya saja kamu tidak tahu, apalagi kiprahnya di masa lalu, bagaimana keunikan desainnya hingga jumlahnya yang tersisa saat ini.

Nah kali ini, Igloo akan mengulas motor klasik yang menginspirasi DKW Hummel Super dan motor lainnya yang mempunyai cerita dan perjalanan sejarah di balik kendaraan bersejarah yang dimiliki.

DKW Hummel, Motor Klasik yang Menginspirasi

Di tahun 1950an hingga awal 1960an, motor DKW menjadi salah satu motor yang populer di masa itu. Sayangnya kondisi tersebut tidak berlangsung sampai sekarang, coba saja perhatikan di jalan raya kamu tidak akan menemukan motor bersejarah ini.

  1. Sejarah

Motor DKW diproduksi untuk pertama kalinya di sebuah pabrikan otomotif yang ada di Jerman. Yaitu Auto Union, tahun 1951. Nah pada proses produksinya tersebut, DKW menggunakan konsep bangun yang sederhana namun efektif. Selain itu mempunyai tenaga yang cukup kuat di kelasnya.

Kepopuleran motor terjadi di seluruh wilayah Eropa, dengan penggemar terbesarnya ada di Amerika Serikat dan Jepang.

  1. Desain DKW

Pada bagian desainnya motor DKW Hummel Super mempunyai bentuk bodi dan mesin yang cukup kompak. Dimana mempunyai mesin tiga silinder yang tidak seperti pada umumnya. Bahkan pada beberapa modelnya motor ini dilengkapi dengan transmisi tipe otomatis. Selain itu motor ini juga mempunyai daya tahan dan efisiensi yang bagus, meskipun secara kecepatan kurang.

  1. Keberadaan Motor DKW Hummel Super

Nah sekarang motor DKW Hummel Super sangat sukar untuk kita temui di jalanan Indonesia. Bahkan untuk memiliki motor ini, penggemarnya rela membayar mahal untuk membelinya. Baik itu di pasar antic dan lelang yang tentuk saja tidak ada di Indonesia. Kamu hanya akan menemukan motor ini di beberapa gudang atau garasi tua yang ada di Jerman.

Sehingga warisan otomotif dunia ini perlu kamu jaga dan lestarikan, agar sejarah dan kenangan tetap bisa hidup dan menjadi pengetahuan bagi pecinta otomotif generasi sekarang.

  1. Cara Perawatan Motor DKW Hummel Super

Apabila kamu mempunyai motor DKW Hummel Super, cobalah untuk melakukan perawatan yang benar. Karena dibutuhkan pengetahuan teknis yang cukup untuk membuat motor ini tetap bisa dikendarai. Baik itu cara pembongkaran mesinnya, pembersihan karburatornya atau penggantian oli. Jenis motor tua yang cukup berharga sehingga perlu perawatan ekstra yang harus kamu pelajari sebelum mengkoleksinya.

Zundapp, Motor Klasik Produksi Eropa

  • Sejarah

Zundapp merupakan motor klasik yang mengalami produk tahun 1917 di kota Nuremberg yang ada di Jerman. Di Indonesia sendiri motor ini beredar di tahun 1950an sampai 1960an sama seperti DKW.

  • Desain Zundapp

Zundapp mempunyai desain yang sederhana sehingga mudah dikendarai pada masanya. Kapasitas mesin motor Zundapp yang beredar di Indonesia mulai dari 50cc hingga 100cc.

Sayangnya motor ini tidak lama berada di pasar otomotif Indonesia kala itu, karena kalah bersaing dengan harga motor rakitan Jepang yang pada saat itu juga berkembang pesat.

Nah salah satu model motor Zundapp yang masih bisa kita lihat di Indonesia adalah Zundapp Super Combinette yang mempunyai kapasitas 50cc. Modelnya unik karena terdapat pedal dimasing-masing sisinya, sehingga bisa dikayuh apabila bahan bakarnya habis. Jika kamu refleksikan sekarang, pasti kamu terbayang dengan motor listrik yang berkembang di Indonesia bukan?

BSA, Motor Klasik dari Produsen Alat Militer

BSA merupakan sebuah merek dagang yang awalnya memproduksi kendaraan-kendaraan militer. Seperti sepeda, mobil, bis, alat berat untuk kebutuhan tambang dan sebagainya. Kemudian mereka memperluas jangkauan produksinya dengan memproduksi motor.

  • Sejarah

Pada awalnya motor BSA merupakan motor dengan mesin kecil yang berhasil produksi di tahun 1863. Kemudian mereka kembali membuat motor yang lebih modern di tahun 1906 dengan Model E yang mempunyai kapasitas 771cc. Dan diperkenalkan ke pasar otomotif di tahun 1919.

  • Desain Motor BSA

Di Indonesia ada beberapa desain atau model motor BSA yang beredar dan bisa kamu temukan di jalan raya. Diantaranya BSA model C12 dan BSA model C15 yang merupakan motor produksi tahun 1948. Motor tersebut mempunyai kapasitas 250cc. Dan berlanjut dengan keluarnya BSA seri bantam di tahun 1948 sampai 1969.

Norton, Motor Klasik Model Motorsport

Norton merupakan motor produksi Norton Motorcycle Company, yang mana merupakan produsen sepeda motor paling bersejarah yang berhasil memproduksi model motorsport.

  • Sejarah

Dulunya motor ini sangat keras gaungnya dan mempunyai perjalanan yang cukup untuk di dunia otomotif. Pabrikannya yang ada di Inggris berdiri di tahun 1898, kemudian di tahun 1902 mereka membeli mesin motor untuk digunakan pada rangka sepeda motor yang mereka buat. Hingga akhirnya di tahun 1908, pabrikan ini berhasil menciptakan mesinnya sendiri.

Popularitas pabrikan motor ini terus berkembang pesat, karena didukung sistem marketing yang bagus pada masanya. Dimana mereka selalu menghadiri ajang balap motor di berbagai negara yang ada di Eropa.

  • Desain

Di Indonesia ternyata ada motorsport Norton yang cukup populer, seperti Norton ES2 500cc yang berhasil mereka produksi di tahun 1952. Kemudian seri Norton Navigator Twin 350cc yang diproduksi pada tahun 1962.

BMW, Motor Klasik yang Populer Hingga Sekarang

BMW bukan hanya tentang mobil mewah dengan kapasitas mesin yang super. Ia juga merupakan produk sepeda motor yang populer sejak 1920an.

  • Sejarah

BMW pada awalnya merupakan produsen mesin pesawat terbang di Perang Dunia I. Namun harus memberhentikan produksinya karena adanya perjanjian Versailes yang tidak memperbolehkan Jerman mempunyai pesawat perang. Hingga akhirnya mereka beralih ke dunia otomotif dengan menciptakan motor BMW pada tahun 1920an.

  • Desain Motor BMW

Di Indonesia jumlah motor BMW cukup banyak bahkan bertambah jumlah pemiliknya tiap tahunnya. Diantaranya ada yang motor BMW versi asli maupun yang sudah mengalami modifikasi. Nah motor BMW lama yang masih bisa kamu temukan di Indonesia lebih dominan dari seri Roadster dengan tipe yang beragam. Seperti BMW R20 hasil produksi tahun 1938 sampai BMW R50S yang beredar di tahun 1960an.

Itulah beberapa motor klasik yang menginspirasi yang mempunyai cerita dan perjalanan sejarah di balik kendaraan bersejarah tersebut. Jika kamu tertarik memilikinya, ada baiknya sering-sering datang lelang untuk mendapatkan seri lawas dengan penawaran yang menarik.

Nah bila sudah dapat, jangan lupa untuk melengkapinya dengan Asuransi Motor dari Igloo. Dengan adanya asuransi Igloo, kamu akan bisa melakukan perawatan ataupun perbaikan motor klasik dengan lebih leluasa.

Baca Juga : Inilah yang Melakukan Perjalanan Spiritual dengan Motor Hingga Mekkah

Jika kamu tertarik dan ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu