Inilah yang Melakukan Perjalanan Spiritual dengan Motor Hingga Mekkah

umroh
Table of Contents

Umroh atau haji merupakan sebuah perjalanan spiritual yang sarat akan makna. Dengan satu tujuan yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. Tak sedikit orang yang melakukan banyak perjuangan untuk bisa menunaikannya. Ada yang bekerja keras dengan menabung agar bisa cepat umroh dengan fasilitas yang nyaman. Dan ada pula yang berjuang dengan sedikit lebih keras, dimana mereka harus mengorbankan kenyamanan agar bisa segera umroh atau haji.

Kalau biasanya kamu datang ke Mekkah dengan moda transportasi pesawat yang nyaman dan cepat, tahukah kalian bahwa ada yang melakukan perjalanan spiritual dengan motor? Tentunya selain berniat ibadah nanti sampai Tanah Suci, mereka juga ingin mendalami kehidupan dan kebijaksaan di jalan raya yang harus mereka lewati.

Nah Igloo ingin membagikan kepada kalian kisah beberapa orang yang melakukan perjalanan spiritual dengan motor, sehingga dalam perjalanannya mereka bisa mendalami kehidupan dan kebijaksanaan di jalan raya.

Perjalanan Spiritual dengan Motor: Mendalami Kehidupan dan Kebijaksanaan di Jalan Raya Sampai Mekkah

Mekkah merupakan sebuah kota yang ada di Arab Saudi yang mempunyai jarak 8.393 km dari Indonesia jika menggunakan transportasi udara. Dengan posisi kotanya ada di sebelah barat negara kita. Siapapun pasti ingin berkunjung kesana minimal sekali dalam seumur hidup, dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.

Dengan jarak yang begitu jauh, apakah kamu terpikir untuk melakukannya dengan perjalanan spiritual dengan motor? Bagi sebagian besar orang pasti tidak, mereka lebih percaya diri ketika berangkat menggunakan salah satu maskapai penerbangan yang tersedia.

Nah berikut ini ada kisah dari beberapa orang yang melakukan perjalanan spiritual dengan motor ke Mekkah, diantaranya:

  • Dermansyah Deva Sani 59 tahun dan Misnawati 61 tahun

Dua orang ini merupakan sepasang suami istri asal kota Bandung yang memilih berangkah umrah ke Mekkah dengan sepeda motor. Mereka membutuhkan waktu selama 8 bulan untuk menempuh 40.000 km agar bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci. Perjalanan spiritual yang panjang bukan?

Selama perjalanan spiritual dengan motor mereka singgah di ribuan masjid yang mereka lewati hingga tiba di Makkah. Sang suami adalah seorang dosen dan istrinya seorang dokter, di usia yang tidak lagi muda perjalanan ini tentu saja tidak mudah mereka lakukan. Dan ini adalah perjalanan lintas negara pertama yang mereka jalani, sehingga cukup sulit untuk meminta izin pada anak dan keluarga.

Bahkan mereka mengaku sudah punya tabungan haji dan akan berangkat haji di tahun 2040. Namun melihat usia mereka yang terus bertambah, akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan dana tabungan haji untuk berangkat umrah.

Mereka berangkat umrah dengan menggunakan sepeda motor Kawasaki 250 cc baru untuk meminimasilir masalah atau kerusakan berat saat dalam perjalanan. Untuk sampai di Padang mereka membutuhkan waktu selama 10 hari, dengan perjalanan 6 jam dalam 1 harinya.

Dengan motor tersebut mereka membawa empat boxes yang terpasang di bodi motor, di dalamnya terdapat pakaian dan berkas umroh serta kunjungan lintas negara. Selain itu mereka juga mempersiapkan obat-obatan yang sekiranya mereka perlukan di perjalanan.

Perjalanan spiritual ini selain bertujuan umroh, mereka juga ingin menyampaikan pesan perdamaian kepada seluruh umat Islam yang ada di dunia. Mereka melakukan perjalanan santai dan memaknai setiap hal yang dilewati selama 8 bulan tersebut.

  • Lilik Gunawan dan Achmadi Balda (4)

Berbeda dengan pasangan di atas, Lilik Gunawan adalah bikers asal Jambi yang sudah pernah melakukan touring ke Tanah Suci dengan tujuan umrah. Dan di tahun 2022 kemarin, ia ingin mengulang kembali perjalanan spiritual dengan motor bersama anaknya, Achmadi Balda usia 4 tahun dengan tujuan haji.

Ia melakukan perjalanan spiritual dengan melintasi lebih dari 10 negara dan menempuh jarak 20.000 km. Rute yang ia pilih mulai dari Jambi, kemudian Jakarta, Semarang, Surabaya dan lanjut ke Banjarmasin. Nah kemudian ia melanjutkan perjalanan ke Malaysia melalui Serawak, lanjut ke Thailand lewat Patani hingga Narathiwat dan langsung ke Bangkok. Selanjutnya menyebrang ke Myanmar hingga masuk ke India.

Nah di India, ia melewati Pakistan melalui border Attari dan Wagah. Kemudian lanjut ke Lahore dan Islamabad serta Iran. Barulah ia memasuki Uni Emirat Arab via pelabuhan Abbas dan melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi.

Untuk perjalanan ini, ia tidak hanya bersama anaknya, namun sudah membawa 17 sepeda motor lainnya. Ia mengatakan perjalanan haji atau umroh sudah sangat umum dilakukan menggunakan motor, hanya saja memang di Indonesia baru sebagian orang saja yang melakukannya.

Selain untuk ibadah haji, Lilik juga memaknai perjalanan ini dengan mengenalkan Indonesia ke negara lain. Bahkan ia sampai singgah dan menginap di desa-desa di sepanjang rute yang terlewati.

Itulah beberapa kisah perjalanan spiritual dengan motor yang dilakukan orang Indonesia. Masih banyak kisah lain tentunya yang belum diulas. Hanya saja kisah di atas cukup bisa membantu kamu mendalami kehidupan dan kebijaksanaan di jalan raya.

Apakah kamu tertarik untuk mempunyai kisah yang sama seperti mereka? Jika “IYA”, maka coba rencanakan dari sekarang. Dan jangan lupa lengkapi perjalanan spiritual kalian dengan Asuransi Motor dari Igloo. Dengan asuransi dari Igloo, maka keselamatanmu dan motormu akan terjamin. Selain itu juga perjalanan ke Mekkah bisa kamu lakukan dengan nyaman dan aman.

Baca Juga : Fitur-Fitur Inovatif yang Membuat Kamu Terkesan dengan Motor Matic Honda Vario

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu