1 liter pertalite berapa km motor

1 Liter Pertalite Berapa KM Motor? Inilah Penjelasannya

Table of Contents

Bagi pengguna motor, kamu pasti pernah bertanya-tanya mengenai “Berapa km untuk 1 liter bensin motor?” Pertanyaan ini muncul dikarenakan pertalite menawarkan performa kendaraan yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau.

Pertalite sendiri adalah salah satu jenis bahan bakar bensin yang digunakan untuk kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Dibandingkan bensin biasa, Pertalite memiliki oktan yang tinggi.

Walaupun memiliki oktan yang lebih tinggi, harga Pertalite lebih murah daripada jenis bahan bakar yang memiliki oktan lebih tinggi lainnya seperti Pertamax. Oleh karena itu, banyak pengguna motor yang memilih untuk menggunakan Pertalite sebagai pilihan bahan bakar mereka untuk menghemat biaya operasional.

Lantas, berapa km untuk 1 liter bensin motor? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel Igloo berikut ini.

Spesifikasi Pertamax dan Pertalite

Sebelum menjawab pertanyaan terkait “berapa km untuk 1 liter bensin motor?” berikut adalah spesifikasi dari Pertalite yang dilansir dari SK Dirjen Migas No. 3674K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin yang Dipasarkan di Dalam Negeri:

Spesifikasi Pertalite

  • Warna: hijau
  • RON (Research Octane Number): 90
  • Sulfur: 500 ppm
  • Sulfur merkaptan: 20 ppm
  • Timbal: tidak ada
  • Kandungan pewarna: 0,13 gram per 100 liter
  • Stabilitas oksidasi minimal: 360 menit

Baca Juga: Cara Cabut Berkas Motor Tanpa Calo

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Bahan Bakar pada Kendaraan

Konsumsi bahan bakar pada kendaraan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti:

1. Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan itu sendiri memainkan peran penting dalam konsumsi bahan bakar. Faktor-faktor seperti, jenis mesin, ukuran, dan bobot kendaraan dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

2. Jenis Bahan Bakar

Jika bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi cenderung lebih efisien karena mereka kurang rentan terhadap ketukan mesin, salah satunya adalah Pertalite. Jenis bahan bakar ini memiliki nilai oktan 90 dengan tambahan additive dan tidak memiliki kandungan timbal membuatnya mampu menempuh jarak yang lebih jauh.

3. Kecepatan Mengemudi

Jika kamu ingin menghemat bahan bakar, disarankan untuk mengemudi dengan kecepatan moderat atau sesuai dengan batas kecepatan yang dianjurkan. Mengemudi dengan kecepatan tinggi cenderung boros bensin

4. Kondisi Mesin

Mesin dengan kapasitas mesin (cc atau cubic centimeters) rendah cenderung lebih hemat bensin dibandingkan dengan mesin yang memiliki kapasitas mesin lebih besar. Perlu dicatat bahwa, Pertalite hanya digunakan untuk motor di bawah 125 cc atau rasio kompresi 9:1 hingga 10:1. 

5. Berat Kendaraan

Memuat kendaraan dengan barang atau penumpang tambahan akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Berat tambahan pada kendaraan akan membuat mesin untuk menggunakan bahan bakar yang lebih tinggi.

6. Kondisi Jalan

Kondisi jalan juga dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Beberapa kondisi jalan tertentu dapat membuat kendaraan lebih boros bensin, sedangkan kondisi jalan yang lebih baik cenderung menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. 

Baca Juga: Ketahui Denda Pajak Mobil Telat 1 Bulan

Berapa KM untuk 1 Liter Bensin Motor?

Berapa KM untuk 1 Liter Bensin Motor?

Dilansir dari beberapa sumber, kendaraan bermotor dengan konsumsi bahan bakar Pertalite dapat menempuh jarak antara 10 hingga 15 kilometer per liter tergantung pada karakteristik kendaraan dan kondisi jalan.

Agar lebih jelas, berikut adalah perbandingan antara Premium, Pertalite, dan Pertamax:

  • 1 liter BBM Premium: 52,24 km
  • 1 liter BBM Pertalite: 52,60 km
  • 1 liter BBM Pertamax: 54,04 km.

Jika dilihat dari perbandingan di atas, jarak tempuh terjauh adalah Pertamax yang lebih irit 2 km dari Premium dan Pertalite.

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan terkait “berapa km untuk 1 liter bensin motor?”, ya. Apakah kamu masih ingin menggunakan Pertalite?

Agar motor kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi motor kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan kendaraan, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu