Tips Perawatan Kampas Kompling Sepeda Motor

Tips Perawatan Kampas Kompling Sepeda Motor
Table of Contents

Transmisi sepeda motor membutuhkan perawatan secara rutin untuk menjaga performa kendaraan tetap dalam keadaan prima. Salah satunya yang membutuhkan perhatian khusus adalah kampas kopling. Letaknya yang tersembunyi di balik tutup kopling tidak bisa menyembunyikan fungsinya yang cukup vital.

Apabila komponen ini tidak di rawat dengan baik tentu kamu tidak bisa berkendara maksimal saat di jalan raya. Oleh karena itu kamu perlu tips perawatan kampas kopling sepeda motor agar komponen ini bisa berfungsi optimal dan umur pakainya akan menjadi lebih lama.

Kampas kopling merupakan komponen yang mudah aus dan rusak, apabila kendaraan dipakai setiap harinya. Jika kamu hanya bisa memakai tanpa melakukan perawatan tentu kampas kopling akan mengalami kerusakan parah dan pastinya membahayakan kondisi motormu.

Nah disini Igloo akan merangkum berbagai tips perawatan kampas kopling sepeda motor yang bisa coba kamu terapkan.

Fungsi Kampas Kompling Sepeda Motor

Kampas kopling ialah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan diantara mesin dan transmisi. Komponen tersebut juga berperan dalam mentransmisikan tenaga putaran mesin untuk menuju transmisi dan juga roda penggerak motor.

Biasanya pengendara motor akan mengendalikan tuas kopling untuk menjaga transmisi agar sesuai dengan kebutuhan. Fungsi utama kopling adalah untuk melakukan perpindahan gigi, mempercepat kecepatan motor dan menghentikannya.

Adapun berikut ini fungsi utama pada komponen kampas kopling yang harus kamu ketahui sebelum membahas lebih lanjut terkait tips perawatan kampas kopling sepeda motor:

  1. Menghubungkan tenaga putaran mesin ke gear atau transmisi.
  2. Memutuskan hubungan mesin dan transmisi ketika oper gigi.
  3. Menghubungkan kembali dengan tenaga putaran mesin agar bisa ditransmisikan secara bertahap.
  4. Bisa mengatur tenaga berdasarkan kecepatan berkendara.

Dengan berbagai fungsi vital di atas, usahakan memilih jenis kampas dan perawatan yang tepat agar umur pakai kampas semakin panjang. Nah di sepeda motor, jenis kampas kopling yang umum digunakan ada beberapa macam, diantaranya:

  • Kampas Kopling Basah

Jenis ini merupakan kampas kopling yang terendam di minyak mesin, sering kita jumpai di motor dengan transmisi manual. Penggunaan minyak mesin bertujuan untuk melumasi dan menurunkan temperatur kampas saat terjadi gesekan.

Kampas kopling basah yang terendam pelumas juga minim perawatan, mempunyai daya tahan yang baik dan cocok untuk pemakaian harian. Hanya saja untuk jenis motor dengan high performance kurang dianjurkan.

  • Kampas Kopling Kering

Jika kampas kopling kering, maka tidak menggunakan pelumas dan banyak kita jumpai pada motor matic atau transmisi otomatis.

Jadi salah jika ada anggapan motor matic tidak ada kopling, motor jenis ini tetap mempunyai kopling jenis kopling kering. Hanya fungsinya saja yang sama yaitu guna mentransfer tenaga mesin ke roda belakang.

  • Kampas Kopling Keramik

Jenis ini memakai bahan friksi, serat keramik, untuk kampasnya. Bersifat tahan panas dan mempunyai koefisien gesek yang sangat tinggi. Biasanya pemakaiannya bisa kita temukan pada motor dengan performa tinggi. Untuk kampas kopling ini membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan bersifat cepat aus.

  • Kampas Kopling Logam

Kampas kopling logam, sesuai dengan namanya kampas ini memakai logam untuk bahan geseknya. Biasa kamu temukan pada motor besar atau motor-motor off-road.

Berdasarkan performanya kampas ini punya daya tahan yang baik, hanya saja karena terbuat dari logam maka sifatnya lebih keras dan kurang nyaman jika dioperasikan.

Penyebab Kampas Kopling Sepeda Motor Bermasalah

Dengan fungsi vital kampas kopling di atas, tentu ada berbagai penyebab yang membuat kampas koling sepeda motor mengalami masalah, diantaranya:

  • Settingan Kopling

Settingan kopling sangat menentukan lamanya kopling tersebut bisa bertahan. Jika kamu punya settingan kopling yang pendek dan sering menahan kopling maka kampasnya akan cepat habis. Apabila tidak segera kamu bawa ke bengkel, bisa jadi kampas kopling jebol dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

  • Per Kopling

Di kopling kamu juga akan menemukan per kopling, jika sifatnya per kopling terlalu lembek maka jarak antar kampas kopling akan terlalu jauh sehingga potensi gesekannya akan jauh lebih besar.

Apabila ini yang terjadi pada motormu maka kampas kopling akan boros dan tarikan motor akan menjadi lebih berat. Per kopling yang lembek juga bisa menjadi tanda bahwa per kopling harus segera diganti.

  • Perilaku Mengemudi yang Buruk

Normalnya kampas kopling perlu mengalami pergantian apabila sudah mencapai 15.000km-20.000km. Namun bisa saja habis meskipun belum mencapai standar kilometernya. Hal ini disebabkan karena cara mengemudi yang buruk.

Misalnya sering menggantung tuas kopling, menekan setengah kopling setiap kali mengemudi dan sering buka tutup kopling. Kebiasaan menahan kopling saat di lampu merah juga bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis.

Cara Perawatan Kopling Sepeda Motor Biar Awet

Agar kampas kopling awet dan performa kendaraanmu tetap stabil, ada beberapa tips perawatan kampas kopling sepeda motor yang bisa kamu coba:

  • Perilaku Berkendara

Saat Stop n Go cobalah menja putaran mesin atau rpm mesin tidak terlalu tinggi. Hal ini bisa menyebabkan gesekan di kampas kopling menjadi semakin besar dan akhirnya kampas kopling cepat habis.

  • Belajarlah Untuk Tidak Menahan Setengah Kopling

Ketika mengendarai motor, apabila kamu ingin mengontrol kecepatan jangan terlalu sering menahan setengah kopling. Karena bisa membuat gesekan dan peranan kampas kopling terlalu besar.

  • Lakukan Setting Kopling

Untuk menjaga performa motor kamu bisa melakukan setting kopling. Ada baiknya settingnya tidak terlalu jauh antara handle dan tuas sepeda motormu.

  • Jadwalkan Ganti Oli Kampas Kopling dan Filter

Kopling terletak di dalam mesin, yang mana oli juga menjadi pelumas bagi komponen kopling. Sehingga pastikan kualitas oli mesin dalam keadaan baik. Jika oli sudah pekat atau banyak terdapat kotoran, maka ada baiknya segera jadwalkan untuk ganti oli. Saat ganti oli, usahakan untuk mengganti filternya sekalian. Tujuannya agar pelumas bisa bekerja optimal dan meminimalisir gesekan. Pergantian oli yang rutin juga bisa menambah usia kampang kopling.

Baca Juga : Inilah Tanda Aki Motor Harus Ganti dan Standar Daya Aki Sepeda Motor

Itulah tadi tips perawatan kampas kopling sepeda motor dan berbagai penyebab yang membuat kampas kopling cepat habis. Agar perawatan sepeda motor bisa kamu lakukan secara maksimal, kamu bisa memanfaatkan asuransi motor dari Igloo.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu