Biar Tidak Stres, Ini Daftar Ide Kreatif untuk Mainan dan Aktivitas Hewan Peliharaan

Ide Kreatif untuk Mainan dan Aktivitas
Table of Contents

Menjaga mood hewan peliharaan agar tidak stres sangat penting karena stres dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan mereka, baik secara fisik maupun mental. Pada segi fisik, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh hewan peliharaan, membuat mereka rentan terhadap penyakit dan infeksi. Hewan yang stres juga cenderung mengalami masalah pencernaan, penurunan nafsu makan, dan gangguan tidur.

Sedangkan pada sisi kesehatan mental hewan peliharaan, seperti halnya manusia, dapat mengalami stres emosional. Hal ini dapat mengakibatkan kecemasan, depresi, dan masalah perilaku lainnya. Hewan yang stres mungkin menunjukkan perilaku yang tidak biasa atau agresif. Mereka mungkin tidak mau bermain, berinteraksi dengan pemiliknya, atau menunjukkan minat pada hal-hal yang biasanya mereka sukai. Biar tidak stress, berikut daftar ide kreatif untuk mainan dan aktivitas hewan peliharaan kesayangan kamu. 

Memanjakan Hewan Peliharaan Kamu: Ide Kreatif untuk Mainan dan Aktivitas

Ada banyak aktivitas kreatif yang dapat dilakukan dengan hewan peliharaan untuk membantu mereka mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mereka. 

Bermain dengan Mainan Interaktif

Bermain dengan hewan menggunakan mainan interaktif adalah cara yang bagus untuk memberikan stimulasi mental dan fisik kepada mereka. Misalkan ketika hewan peliharaan kamu ada kucing kamu dapat menggunakan permainan berupa Mainan bola yang berputar. Mainan ini biasanya memiliki bola atau objek kecil di dalam sebuah tabung atau lubang yang berputar ketika dipicu oleh gerakan kucing. Ini bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk kucing, merangsang insting berburunya. Contoh selanjutnya kamu dapat bermain tikus remote control. Mainan tikus yang dikendalikan dari jarak jauh dapat membuat kucing berlari-larian dan mengejar, memberikan latihan fisik dan mental.

Pelatihan Keterampilan Baru

Pelatihan keterampilan baru adalah kegiatan yang bermanfaat bagi hewan peliharaan Kamu karena tidak hanya memberikan stimulasi mental, tetapi juga memperkuat ikatan antara Kamu berdua. Mengajari anjing Kamu untuk duduk, berbaring, atau datang ketika dipanggil. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi antara Kamu dan anjing Kamu. Anjing yang terlatih akan lebih mudah untuk dikendalikan dan lebih aman di sekitar lingkungan.

Kegiatan lainnya yaitu mengajari anjing Kamu untuk memberikan high five, merangkak, atau berputar. Kegiatan ini dapat merangsang kegiatan mental dan fisik, serta memberikan hiburan bagi Kamu dan hewan peliharaan Kamu. Pelatihan trik-trik juga bisa menjadi sarana untuk mempererat ikatan antara Kamu berdua.

Jelajahi Lingkungan Baru

Salah satu manfaat mengajak hewan peliharaan Kamu untuk menjelajahi lingkungan baru adalah untuk merangsang sensorik dan keingintahuan mereka. Ketika Kamu membawa hewan peliharaan Kamu ke tempat-tempat baru seperti taman atau pantai, mereka akan terpapar pada berbagai rangsangan baru, seperti bau, suara, dan pemkamungan yang berbeda.

Misalnya, mengajak anjing Kamu untuk menjelajahi taman yang ramai akan memberikan mereka pengalaman baru dalam memahami berbagai aroma dan suara yang berbeda. Mereka mungkin akan menemukan bau-bau baru, mendengar suara-suara yang tidak biasa, atau melihat hewan-hewan lain yang tidak mereka jumpai di rumah.

Bermain Permainan Cari-Cari

Salah satu manfaat utama mengajak hewan peliharaan Kamu bermain permainan cari-cari adalah untuk merangsang insting alami mereka dan memberikan hiburan serta stimulasi mental. Bagi kucing dan anjing, permainan cari-cari mencerminkan kegiatan alamiah mereka dalam mencari makanan. Dengan menyembunyikan camilan atau mainan dan membiarkan hewan peliharaan Kamu mencarinya, Kamu merangsang insting berburu mereka, memberikan kesenangan dan kepuasan pada hewan peliharaan Kamu.

Permainan cari-cari melibatkan hewan peliharaan Kamu untuk menggunakan indera penciuman, penglihatan, dan pendengaran mereka untuk menemukan objek yang tersembunyi. Ini memberikan stimulasi mental yang baik, membantu menjaga kecerdasan dan kewaspadaan mereka.

Mendengarkan Musik atau Suara Alam

Salah satu manfaat mengajak hewan peliharaan untuk mendengarkan musik atau suara alam adalah untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan dan meredakan stres bagi mereka. Musik yang tenang atau suara alam seperti bunyi air mengalir atau burung berkicau telah terbukti memiliki efek menenangkan pada hewan peliharaan. Mendengarkan jenis suara ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada hewan peliharaan Kamu, terutama jika mereka cenderung gelisah atau khawatir dalam situasi tertentu, seperti saat Kamu meninggalkan rumah atau saat terjadi kebisingan di sekitar.

Memberikan pijatan

Memberikan pijatan bagi hewan peliharaan memiliki sejumlah alasan penting, dan efeknya serupa dengan memberikan pijatan kepada manusia. Seperti manusia, hewan peliharaan juga dapat mengalami kekakuan otot, terutama setelah aktivitas fisik yang intens atau karena faktor-faktor lain seperti usia. Pijatan yang lembut dapat membantu merilekskan otot-otot mereka, mengurangi kekakuan, dan meningkatkan fleksibilitas.

Pijatan memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada hewan peliharaan Kamu. Sentuhan yang lembut dan penuh perhatian dapat memberikan perasaan nyaman dan aman bagi mereka, terutama jika mereka cenderung gelisah atau khawatir. Kamu juga bisa mendaftarkan mereka ke Asuransi Hewan Peliharaan yang ada di Igloo agar mendapatkan perlindungan yang sesuai.

Dengan asuransi tersebut, kamu akan memberikan jaminan perlindungan untuk mereka selama hidup denganmu. Dan ini bisa menjadi timbal balik yang baik, kamu merasakan manfaat mereka dan mereka mendapat jaminan perlindungan dari kamu.

Baca Juga : Ragam Cara Membaca Ekspresi dan Gerak Tubuh Hewan Peliharaanmu

Apabila tertarik di Igloo pembelian Asuransi Hewan Peliharaan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.
  2. Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).
  3. Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.
  4. Isikan detail informasi hewan peliharaan.
  5. Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan hewan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu