cara melebatkan bulu kucing

8 Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Table of Contents

Kucing memiliki berbagai macam warna, tekstur, dan pola bulu yang unik. Karakteristik inilah yang membedakannya dari yang lain. Bulu kucing juga memiliki fungsi sebagai lapisan isolasi yang membantu menjaga suhu tubuh kucing tetap konstan.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kucing dengan bulu yang lebat, kamu tentu harus merawatnya dengan benar. Hal ini dikarenakan bulu kucing rawan sekali mengalami kerontokan.

Sebenarnya, bulu kucing yang rontok hal yang normal dan alami. Namun, jika dibiarkan mereka akan akan masalah kesehatan, lho. Nah, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan melebatkan bulu kucing.

Bagaimana caranya? Simak artikel Igloo berikut.

Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami

Memiliki bulu kucing yang lebat dan sehat memerlukan perawatan yang baik dari segi nutrisi, perawatan kulit, dan lingkungan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu melebatkan bulu kucing peliharaan kamu:

1. Berikan Nutrisi yang Baik

Cara melebatkan bulu kucing secara alami yang pertama adalah dengan memberinya makanan yang yang kaya protein, asam lemak omega-3, omega-6, serta vitamin dan mineral.

Kandungan tersebut dapat mendukung pertumbuhan bulu yang sehat. Beberapa kandungan tersebut dapat kamu dapatkan pada kuning telur, minyak ikan, dan daging utuh.

2. Suplemen Omega-3

Suplemen omega-3 dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan bulu kucing peliharaan kamu. Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kulit sehat, mengurangi peradangan, dan melebatkan bulu.

Namun, penting untuk menggunakan suplemen yang sesuai dan memberikan dosis yang tepat.  Pilihlah suplemen yang berasal dari sumber alami, seperti minyak ikan salmon atau minyak ikan laut. Omega-3 ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon atau sarden.

3. Perawatan Kulit

Kulit yang sehat adalah dasar untuk bulu yang lebat. Kamu harus menjaga kesehatan kulit mereka agar kulit kucing tetap bersih dan bebas dari masalah kulit seperti kutu, tungau, atau infeksi.

4. Menyisir Bulu Secara Teratur

Menyisir bulu kucing secara teratur akan membantu mencegah terbentuknya kusut di bulu kucing. Bulu yang kusut akan memperlambat pertumbuhan bulu. Alhasil, bulu kucing jadi tidak lebat seperti semula. Menyisir bulu secara lembut juga bisa merangsang sirkulasi darah di kulit kucing yang dapat membantu pertumbuhan bulu.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Anjing Kecil yang Cocok untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

5. Memandikan Kucing

Memandikan Kucing

Selain menyisir bulu, cara melebatkan bulu kucing selanjutnya adalah dengan memandikannya secara rutin. Jika kucing peliharaan kamu sering terlibat dalam aktivitas outdoor yang membuat mereka sangat kotor, mandi perlu dilakukan untuk membersihkan bulu dan kulit mereka.

Jika kamu memutuskan untuk memandikan kucing peliharaan kamu, pastikan untuk menggunakan shampo khusus kucing yang lembut dan aman untuk kulit mereka. 

6. Lingkungan yang Sehat

Menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari parasit seperti kutu dan tungau sangat penting untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing. Pasalnya, parasit dapat merusak kulit dan bulu kucing, menyebabkan rontok dan masalah kulit. Jadi, pastikan untuk selalu rutin membersihkan area dimana kucing peliharaan kamu berada. 

Tidak hanya kebersihan lingkungan, tingkat suhu juga harus kamu perhatikan. Kucing adalah hewan yang peka terhadap perubahan suhu dan bisa merasa tidak nyaman jika suhu terlalu panas atau terlalu dingin.

Kucing memiliki suhu normal di antara 37 hingga 38 derajat celcius. Jika lebih dari itu, kucing secara sengaja akan merontokan bulunya untuk menjaga panas tubuh. Kamu mungkin perlu memberikan penyesuaian lingkungan mereka untuk menjaga kesehatan mereka.

7. Berikan Sinar Matahari yang Cukup

Berikan Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari menyediakan sumber panas alami yang membuat mereka merasa hangat dan nyaman saat berjemur di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh kucing menghasilkan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh mereka.

Selain itu, sinar matahari juga dapat menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri, atau parasit yang bisa menempel pada bulu kucing. Jadi, pastikan mereka memiliki waktu berjemur setidaknya 10 menit agar bulu mereka lebat dan sehat.

8. Hindari Kucing dari Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan bulu kucing dan menyebabkan masalah rontok. Kucing yang stres bisa mulai menggaruk berlebihan atau menjilati diri mereka sendiri secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan rontoknya bulu.

Oleh karena itu, kamu harus selalu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada kucing agar mereka terhindar dari stres. Lakukan beberapa hal seperti Interaksi, bermain, dan belaian dapat membantu meredakan stres.

Jika kucing kamu terlihat stres, pastikan kamu tetap merawat bulu kucing dengan baik. Menyisir secara teratur dapat membantu menghilangkan bulu mati dan merangsang pertumbuhan bulu baru.

Baca Juga: 8 Cara Memotong Kuku Kucing Tanpa Melukainya

Dapatkan Asuransi Hewan Peliharaan di Igloo

Itulah 8 cara melebatkan bulu kucing secara alami yang bisa kamu lakukan secara mudah. Dengan memberikan perhatian dan perawatan yang tepat, kamu dapat membantu menjaga bulu kucing tetap lebat dan sehat. 

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo.

Memiliki asuransi hewan peliharaan, akan memberikan kamu beberapa manfaat seperti penggantian biaya rawat inap untuk berbagai penyakit yang dialami hewan peliharaan, jaminan kremasi dan kompensasi akibat kematian karena kecelakaan, kompensasi kerugian pihak ketiga, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, berikut adalah prosedurnya:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu