Ini 7 Cara Mengatasi Motor Brebet Saat Digas

cara mengatasi motor brebet saat digas
Table of Contents

Motor jarang di rawat akan menyebabkan berbagai macam masalah yang mengganggu kenyamanan berkendara, salah satunya adalah membrebet ketika di gas. Cara mengatasi motor brebet saat digas sebenarnya tidak terlalu sulit, kamu bisa mengatasinya secara mandiri di rumah saja.

Brebet sendiri adalah gejala ketika mesin motor tidak berjalan mulus atau kurang responsif saat diberi gas. Kasus tersebut menandakan bahwa ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin. Tentu saja, hal ini sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi motor brebet saat digas? Simak artikel Igloo berikut ini.

Cara Mengatasi Motor Brebet saat Digas

1. Periksa Bahan Bakar yang Digunakan

Cara mengatasi motor brebet saat digas yang pertama adalah dengan memeriksan bahan bakar yang digunakan. Pasalnya, Motor yang menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai akan rentan terhadap berbagai masalah termasuk motor brebet. Jadi, pastikan kamu menggunakan bahan bakar berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. 

2. Filter Udara Kotor

Filter udara motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin motor sebelum campuran bahan bakar dan udara dibakar dalam ruang bakar. Filter udara bertugas untuk menghilangkan partikel-partikel kecil seperti debu, serbuk sari, kotoran, dan kontaminan lainnya dari udara sebelum udara masuk ke dalam silinder mesin.

Jika komponen ini kotor, hal akan menyebabkan debu dan kotoran menempel pada filter, sehingga menyebabkan udara yang masuk menjadi berkurang karena terhambat oleh debu dan kotoran. Inilah yang menyebabkan motor brebet saat digas.

3. Cek Karburator atau Injeksi

Mengecek karburator atau injeksi juga menjadi salah satu cara mengatasi motor brebet saat digas. Jika motor kamu menggunakan karburator, periksa apakah ada kotoran atau endapan yang dapat mengganggu aliran bahan bakar dan udara. Jika motor kamu menggunakan injeksi bahan bakar, pastikan sistem injeksi berfungsi dengan baik. 

4. Kerusakan Busi

Cara mengatasi motor brebet saat digas selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi busi. Busi yang aus, kotor, atau rusak akan membuat aliran setrum tidak dapat dikonversi secara sempurna. Kemudian, menimbulkan lentikan api di ruang bakar motor.

5. Setelan Klep yang Salah

Fungsi utama klep motor adalah untuk mengontrol pembukaan dan penutupan saluran masuk dan keluar di dalam mesin, yang memungkinkan proses pembakaran berlangsung dengan baik. Jika setelan klep terlalu rapat atau longgar, maka jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin akan tidak tepat. Inilah yang membuat motor menjadi brebet saat digas.

6. Cek Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar yang kotor atau mengandung kotoran, air, atau kontaminan dapat menyebabkan motor brebet. Kamu harus memeriksa apakah tangki bahan bakar motor bersih dari kotoran dan debris. Jika ada endapan, lumpur, atau partikel lain di dalam tangki, ini dapat mengganggu aliran bahan bakar ke mesin, pada akhirnya motor akan brebet ketika digas.

7. Mengecek Kompresi Mesin

Cara mengatasi motor brebet saat digas selanjutnya adalah dengan mengecek kompresi mesin.   Kompresi adalah pengukuran tekanan udara di dalam silinder mesin yang terjadi selama langkah kompresi. 

Tekanan udara yang cukup tinggi selama langkah ini diperlukan untuk menciptakan kondisi pembakaran yang baik. Jika tingkat kompresi rendah dalam mesin motor, hal ini bisa menjadi penyebab motor brebet saat digas.

Itulah 7 cara mengatasi motor brebet saat digas dari Igloo yang bisa kamu ikuti. Namun, jika masalah brebet masih terjadi setelah kamu melakukan perawatan dan pemeriksaan ini, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan bengkel tercepaya untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Agar motor kamu semakin terlindungi, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila motormu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai motormu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu