5 Perbedaan Pertamax dan Pertalite, Mana yang Lebih Irit?

perbedaan pertamax dan pertalite
Table of Contents

Mungkin beberapa dari kamu masih belum paham perbedaan antara Pertamax dan Pertalite. Keduanya merupakan merek bahan bakar bensin milik PT Pertamina (Persero), perusahaan minyak dan gas bumi milik pemerintah Indonesia.

Banyak yang menganggap bahwa, Pertalite merupakan versi yang lebih murah dari Pertamax. Hal ini bisa dilihat dari kandungan oktan yang dimiliknya, yaitu 90. Sementara itu, Pertamax memiliki kandungan oktan sebesar 92.

Memiliki oktan yang lebih rendah dari Pertamax, apakah Pertalite masih bisa memenuhi kebutuhan kendaraan kamu? Untuk lebih jelasnya, yuk, simak perbedaan Pertamax dan Pertalite berikut.

Spesifikasi Pertamax dan Pertalite

Sebelum mengetahui perbedaan antara Pertamax dan Pertalite berikut adalah spesifikasi dari kedua jenis bahan bakar tersebut yang dilansir dari SK Dirjen Migas No. 3674K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin yang Dipasarkan di Dalam Negeri:

Spesifikasi Pertamax

  • Warna: biru
  • RON (Research Octane Number): 92
  • Sulfur: 500 ppm
  • Sulfur merkaptan: 20 ppm
  • Timbal: 0,013 gram per liter
  • Kandungan pewarna: 0,13 gram per 100 liter
  • Stabilitas oksidasi minimal: 480 menit

Spesifikasi Pertalite

  • Warna: hijau
  • RON (Research Octane Number): 90
  • Sulfur: 500 ppm
  • Sulfur merkaptan: 20 ppm
  • Timbal: tidak ada
  • Kandungan pewarna: 0,13 gram per 100 liter
  • Stabilitas oksidasi minimal: 360 menit

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Oli MPX 1 dan MPX 2

Perbedaan Pertamax dan Pertalite dari Berbagai Aspek

Setelah mengetahui spesifikasinya, berikut adalah perbedaan antara Pertamax dan Pertalite:

1. Nilai RON yang Berbeda

Perbedaan antara Pertamax dan Pertalite yang pertama bisa dilihat dari nilai RON yang dimiliki masing-masing bahan bakar bensin. RON sendiri merupakan singkatan dari Research Octane Number, sebuah metode pengukuran kualitas oktan dari bahan bakar bensin. 

RON digunakan untuk menilai seberapa tahan bahan bakar terhadap detonasi atau ketukan saat terbakar di dalam mesin pembakaran internal. Semakin tinggi nilai RON yang dimiliki, semakin tinggi performa yang akan diberikan pada mesin.

Pertamax memiliki kandungan oktan lebih tinggi daripada Pertalite. Kandungan oktan Pertamax mencapai 92-95, sedangkan kandungan oktan Pertalite mencapai 90. Jika kamu memiliki kendaraan dengan kompresi yang tinggi, maka akan lebih cocok menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. 

2. Warna

Selanjutnya perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari penggunaan warnanya. Pertalite menggunakan warna hijau, sedangkan Pertamax memiliki warna biru kehijauan. Warnanya sengaja dibedakan sebagai penanda saja.

3. Tingkat Polusi

Jenis bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan dapat berpengaruh pada tingkat polusi yang dihasilkan. Bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi cenderung menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna dan dapat mengurangi emisi polutan.

Jika dilihat dari nilai oktannya, tentu saja Pertamax lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan Pertalite.

4. Kompresi Mesin

Dilihat dari kompresi mesinnya, Pertamax dibuat khusus untuk untuk mesin dengan kompresi diatas 10:1 sampai 10,9:1. Sementara itu, Pertalite dibuat untuk mesin yang memiliki kompresi antara 9:1 hingga 10:1. 

5. Tingkat Keiritan

Bahan bakar berkualitas tinggi dengan oktan yang sesuai dan sedikit kontaminan dapat membantu dalam pembakaran yang lebih bersih dan efisien. Dalam hal ini, Pertamax jauh lebih irit jika dibandingkan dengan Pertalite.

Satu liter BBM Pertamax bisa menempuh jarak hingga 54,04 km. Sementara itu, satu liter Pertalite diketahui bisa menempuh jarak hingga 52,60 km. 

Baca Juga: 10-30w vs 10-40w, Manakah yang Paling Cocok untuk Mobil Kamu?

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Itu dia 5 perbedaan antara Pertamax dan Pertamax Lite yang perlu kamu ketahui. Kira-kira bensin manakah yang paling cocok untuk motor kamu?

Agar motor kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi motor terbaik untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi kendaraan kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan motor, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu dapat merakasan manfaat perlindungan dari hal-hal yang tidak terduga seperti, mobil hancur akibat kecelakaan, mobil hancur karena vandalisme, dan juga resiko tertabrak oleh kendaraan lain.

Untuk melakukan pembelian asuransi mobil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Mobil” melalui Igloo di https://igloo.co.id/id/asuransi-mobil
  2. Pilih jenis asuransi mobil yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total Saja (TLO).
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain Asuransi Mobil, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu