10-30w vs 10-40w

10-30w vs 10-40w, Manakah yang Paling Cocok untuk Mobil Kamu?

Table of Contents

Oli 10W-40 vs 10W-30, manakah yang lebih cocok untuk mobil kamu? Kedua grade oli tersebut sering kali disamakan lantaran memiliki tingkat kekentalan oli yang hampir mirip. Walaupun demikian, kedua jenis oli tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang signifikan.

Sperti yang kita ketahui, oli mesin adalah komponen yang sangat penting dalam mesin mobil . Mereka memiliki peran utama dalam menjaga kinerja dan performa mesin. Jika kamu salah memilih oli, maka mesin kamu akan mengalami penurunan performa hingga kerusakan.

Oleh karena itu, kali ini Igloo akan membahas mengenai oli 10W-40 dan 10W-30 untuk membantu memilih mana yang terbaik untuk mobil kamu.

Oli 10W-40 vs 10W-30

1. Perbedaan Arti Kode 

Setiap oli memiliki kode-kode yang memiliki arti sendiri. Dalam kasus oli 10W-40 dan 10W-30, huruf W mengacu pada kata “Winter” (musim dingin) dan digunakan dalam spesifikasi viskositas minyak mesin.

Semakin rendah angka sebelum huruf “W,” semakin rendah viskositas minyak pada suhu dingin, yang membantu minyak mengalir lebih baik dan memberikan pelumasan yang baik saat mesin pertama kali dihidupkan pada suhu rendah.

Sementara itu, angka setelah huruf “W” menentukan bagaimana oli tersebut mengalir ketika suhu operasi mesin sedang normal. Semakin tinggi angkanya, maka semakin bagus oli tersebut dalam menahan kerusakan termal dan mengurangi pembentukan endapan.

Berikut adalah rentang suhu yang direkomendasikan untuk oli 10W-40 dan 10W-30:

  • Oli 10W-30: -25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius
  • Oli 10W-40: -25 derajat celcius sampai 40 derajat celcius

2. Konsumsi Bahan Bakar

Kekentalan oli mesin dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Semakin encer olinya, maka oli akan mengalir lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit energi untuk mendorong pompa oli sehingga lebih menghemat bahan bakar. 

Sebaliknya, oli yang terlalu kental dapat menghambat aliran minyak ke komponen mesin, seperti bearing dan piston. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan gesekan internal yang mempengaruhi efisiensi mesin dan akhirnya dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Dari penjelasan tersebut, kekentalan oli yang rendah dari 10W-30 dapat menawarkan penghematan bahan bakar yang lebih baik dibanding oli 10W-40.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Air Radiator Motor Habis dan Cara Mengatasinya

3. Jarak Tempuh

Menemukan tingkat kekentalan oli yang sesuai dengan suhu operasi mobil sangatlah penting. Penggunaan oli yang sesuai untuk mobil kamu dapat menjaga efisiensi mesin dan jarak tempuh yang optimal. 

Biasanya, oli mesin yang kental digunakan untuk mesin yang sudah mencapai jarak tempuh yang tinggi seperti jarak lebih dari 100.000 km. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan mesin yang sudah tua dan aus bisa saja mungkin memiliki celah yang lebih besar antara komponen internalnya, seperti bearing, piston, dan dinding silinder

Oli mesin yang lebih kental memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membentuk lapisan pelindung antara komponen ini, yang membantu mengurangi gesekan dan mengurangi keausan tambahan.

4. Jenis Mesin

Dilihat dari jenis mesinnya, oli grade 10W-40 lebih cocok untuk mesin yang memiliki suhu panas yang tinggi seperti halnya truk besar. Mobil komersial biasanya beroperasi dalam kondisi yang lebih ekstrem.

Jadi, mereka memerlukan pelumasan yang kuat untuk melindungi komponen mesin yang berukuran besar dan berat untuk mengatasi tekanan dan beban yang tinggi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Asuransi Mobil Honda Terbaik

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Itu dia informasi terkait 10-30w vs 10-40w yang perlu kamu ketahui. Kira-kira, manakah oli yang cocok untuk mobil kamu? Selalu penting untuk mengacu pada rekomendasi produsen untuk menggunakan oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kamu.

Agar mobil kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi mobil kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan mobil, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi mobil adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan mobil yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu