ciri-ciri air radiator motor habis

7 Ciri-Ciri Air Radiator Motor Habis dan Cara Mengatasinya

Table of Contents

Bagi pengendara motor, penting untuk mengetahui ciri-ciri air radiator ketika sudah habis. Hal ini dikarenakan air radiator adalah komponen yang digunakan untuk mengeluarkan panas dari mesin.

Air radiator motor yang rusak dapat mengakibatkan berbagai masalah yang dapat memengaruhi kinerja mesin. Salah satunya adalah overheating atau suhu mesin yang terlalu tinggi. Overheating dapat merusak mesin dan komponen lainnya.

Maka dari itu, artikel Igloo berikut akan membahas ciri-ciri air radiator motor yang sudah habis.

Ciri-Ciri Air Radiator Motor Habis

Masalah pada air radiator dapat merusak dan mengurangi masa pakai mesin pada motor. Kerusakan tambahan ini akan memaksa kamu untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk diperbaiki.

Berikut adalah ciri-ciri air radiator motor yang sudah habis:

1. Overheating

ciri-ciri air radiator motor habis

Ciri-ciri air radiator motor habis yang pertama adalah mesin kamu mengalami overheat. Overheat adalah kondisi dimana mesin kamu mengalami peningkatan suhu yang tidak wajar. Suhu mesin terlalu tinggi karena masalah pada radiator dapat merusak komponen mesin  lainnya.

2. Boros Bahan Bakar

Ketika mesin mengalami overheating, efisiensi kerja mesin akan menurun. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Mesin yang panas memerlukan lebih banyak energi untuk menjalankan berbagai komponen dan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

3. Cairan Coolant Sudah Memudar

Fungsi cairan coolant adalah untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin selama operasi. Ketika mesin beroperasi, cairan coolant berfungsi sebagai pendingin yang mengambil panas dari mesin dan mengeluarkannya melalui radiator. 

Jika warna dari cairan coolant sudah mulai memudar, maka kamu harus segera menggantinya. Ciri-ciri warna cairan coolant yang sudah harus diganti antara lain adalah memudar, keruh, atau berwarna coklat kotor.

Baca Juga: 10 Jenis-Jenis Mobil yang Sering Dijumpai di Indonesia

4. Selang Air Radiator Bocor

Kebocoran selang air radiator dapat menyebabkan air radiator akan lebih cepat habis dan mesin akan mengalami overheating. Jika selang terbukti bocor, maka kamu memerlukan selang pengganti yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi motor kamu.

5. Mesin Mati Mendadak

Ketika air radiator sudah habis dan mesin mengalami overheating, hal ini akan membuat mesin mobil kamu mati mendadak. Saat mesin mati secara mendadak, jangan kamu paksa untuk menyalakannya. Biarkan mesin mendingin selama beberapa saat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.

6. Mesin Sulit Dihidupkan

Air radiator motor yang habis bisa menyebabkan mesin overheating yang dapat merusak mesin dan komponen penting lainnya. Pada akhirnya, mesin akan sulit untuk dihidupkan kembali. Jika dipaksa untuk dinyalakan, komponen mesin lainnya juga bisa terkena dampaknya.

7. Air Radiator Kotor dan Karatan

Radiator yang kotor dan berkarat dapat mengurangi kinerja sistem pendinginan, meningkatkan risiko overheating, dan dapat menyumbat saluran air radiator tersebut. Untuk membersihkan radiator, kamu dapat menggunakan semprotan air bertekanan rendah atau kompresor udara untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sirip-sirip radiator. 

Baca Juga: 5 Cara Pasang Aki Mobil dengan Mudah

Cara Ganti Air Radiator Motor

Setelah mengetahui ciri-ciri dari air radiator motor yang sudah habis, berikut adalah cara ganti air radiator motor yang bisa kamu lakukan sendiri:

  • Buka baut pembuangannya terlebih dahulu menggunakan kunci sok atau kunci T8 atau kunci 10
  • Siapkan wadah untuk menampung air radiator bekas
  • Ketika tutup radiator dilepas, air radiator akan keluar dari lubang pembuangan
  • Tutup kembali lubang pembuangan air radiator sebelum isi air radiator baru
  • Terakhir, isi air radiator baru di radiator sampai penuh

Sebagai tips, nyalakan mesin motor sebentar agar air radiator baru itu turun, kemudian isi lagi sampai penuh dan tutup radiator. Jangan lupa juga untuk mengisi tabung reservoir atau penyimpanan dengan air radiator baru.

Itu dia 7 ciri-ciri dari air radiator motor yang sudah habis. Jika kamu mengalami salah satu dari ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, segeralah untuk mengatasi masalah ini. Air radiator yang habis akan menyebabkan overheating mesin. 

Jika kamu tidak yakin bagaimana mengatasinya, ada baiknya untuk membawa motor kamu ke bengkel yang berpengalaman untuk perbaikan yang diperlukan. Agar mobil kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi mobil kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan mobil, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi mobil adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan mobil yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu