Tips Perawatan Cat Body Motor Biar Tidak Mudah Pudar

tips perawatan cat body motor
Table of Contents

Saat melihat motor untuk pertama kali, tampilan khususnya cat sangat menentukan apakah motor tersebut menarik atau tidak. Cat yang terlihat bersih, mengkilap, dan tidak pudar tentu menjadi harapan semua pengguna roda dua.

Padahal seiring berjalannya waktu, cat body motor akan memudar sehingga membuat tampilannya menjadi kurang menarik dan kusam. Nah pilihannya, kamu bisa melakukan pengecatan ulang untuk mempercantik tampilan body motormu. Usahakan menggunakan cat body motor yang berkualitas agar perlindungan bisa maksimal.

Kali ini Igloo akan memberitahu kamu berbagai tips perawatan cat body motor agar tidak cepat pudar dan tetap menarik meskipun sudah bertahun-tahun kamu gunakan.

Jenis Cat Body Motor Paling Berkualitas

Sebelum membahas tips perawatan cat body motor, pertama kita kenali dulu berbagai jenis cat body motor berkualitas yang bisa pilih. Di pasaran ada beragam harga, merek, dan kualitas tentunya.

Namun, dalam pengaplikasiannya nanti kamu harus mengetahui teknik pengecatan yang sesuai dengan jenis cat yang kamu pilih.

Adapun berikut ini jenis-jenis cat body motor yang ada di pasaran:

  • Nippon Paint Pylox

Nippon paint pylox mempunyai banyak pilihan warna sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kendaraanmu. Untuk pengecatannya kamu bisa menggunakan teknik semprot. Kelebihan dari cat body motor ini adalah warnanya awet, cepat kering, tidak gampang luntur dan mempunyai daya tahan baik meskipun terkena bensin. Untuk harga per liternya kisaran Rp69.000.

  • ACE Premium Enamel Spray Paint

Cat body motor ini pengaplikasiannya sangat memudahkan. Karena design nozzle-nya bisa kamu putar hingga 360 derajat. Kelebihan dari cat ini adalah pemerataan cat sangat baik dan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk kering. Untuk per kalengnya dijual seharga Rp59.000.

  • Sapporo Candy Tone

Jika kamu ingin menggunakan jenis warna yang terang kamu bisa menggunakan Sapporo candy tone. Selain body, cat ini bisa kamu gunakan untuk mengecat bagian lain misalnya velg motor. Untuk harganya dibanderol Rp21.000 untuk 300ml.

  • Carlass Colorfull

Carlass colorfull bisa kamu gunakan untuk mengecat berbagai permukaan motor. Hanya saja cat ini mudah mengelupas, sehingga sangat mudah jika kamu ingin gonta ganti warna cat motor. Untuk harganya ada dikisaran Rp50.000 per 300ml.

Nah penggunaan cat di atas bisa kamu kuatkan dengan cat epoxy motor. Diantaranya yang bisa kamu pilih Nippe 2000, ACLOSE SUPER (DNT), Danagloss dan sebagainya.

Tips Memilih Cat Body Motor Biar Awet

Dari berbagai pilihan cat body motor di atas kamu juga tidak boleh sembarangan memilih. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan agar cat body motor awet.

  • Pilihlah Cat Motor yang Bisa Tahan Bensin

Dengan jenis cat yang tahan bensinm maka cat akan lebih tahan lama dan awet. Kamu harus cek dan pastikan cat yang kamu beli tahan terhadap bensin.

  • Cari Tahu Lama Waktu Pengeringan Cat

Waktu pengeringan cat body motor merupakan faktor penting yang harus kamu cat sebelum membeli. Sehingga proses pengeringan cat nantinya bisa lebih sempurna, karena cat yang mongering sempurna akan lebih awet.

  • Cek Berapa Daya Semprotnya

Apabila kamu memilih cat motor dengan teknik spray, maka ada baiknya mengecek daya semprotnya. Daya semprot cat sangat mempengaruhi proses penyemprotan dan hasilnya nanti.

  • Bandingkan Harga

Dari sekian banyak cat yang ada di pasaran coba lakukan perbandingan harga dengan kualitas yang kamu dapatkan. Usahakan harga belinya sebanding dengan kualitas yang kamu dapatkan.

Tips Perawatan Cat Body Motor

Mengecat ulang motor adalah pilihan terakhir untuk memperbaiki tampilan body motor. Sebenarnya secara umum, cat original motor bisa awet 5-10 tahunan. Hanya saja cat body motor tersebut bisa memudar seiring berjalannya waktu. Terutama ketika intens terkena sinar matahari, hujan asam, kotoran burung, polusi atau getah pohon dan sebagainya.

Namun sebelum melakukan cat ulang, cobalah melakukan beberapa tips perawatan cat body motor berikut agar cat original motor bisa awet.

  • Rutinkan mencuci motor

Aktivitas mencuci motor perlu kamu lakukan secara rutin, apalagi jika motornya setiap hari kamu gunakan. Pastikan motor selalu bebas dari debu dan kotoran yang menempel, terutama kotoran yang susah hilang. Dalam kurun waktu seminggu, kamu harus mencuci motor minimal satu kali. Terutama sehabis terkena guyuran hujan.

  • Pakai shampoo khusus motor

Cobalah untuk menggunakan shampoo khusus motor karena shampoo tersebut sudah tersusun dari bahan kimia dan kandungan pH yang sesuai. Sehingga tidak akan menimbulkan efek kusam pada body motor.

  • Pilih parkiran motor yang teduh

Sinar matahari sangat ampuh untuk memudarkan cat motor. Oleh karena itu jika memarkirkan di tempat umum usahakan memilih parkiran yang teduh. Namun jangan berteduh di bawah pohon yang mengeluarkan getah, karena dapat mengotori motor kamu.

  • Cuci motor jika terkena hujan

Jika motor yang kamu kendarai terkena guyuran hujan atau melewati genangan air yang cukup dalam usahakan segera mencucinya. Karena air hujan yang bersifat asam bisa merusak cat kendaraan apalagi jika air tersebut telah bercampur dengan kotoran. Jika tidak memungkinkan untuk mencucinya, kamu bisa menyiramnya dengan air bersih saja dan keringkan dengan kanebo bersih agar tidak meninggalkan bercak.

  • Jangan pasang stiker di body motor

Penggunaan stiker pada dasarnya akan merusak cat motor, terutama stiker yang kualitasnya buruk. Dan penggunaannya bisa membuat cat terkelupas. Hal tersebut tentu akan merusak tampilan motor. Alih-alih menjaga kamu malah merusak tampilannya.

  • Poles motor

Untuk menjaga motor tetap mengkilap kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk memoles motor. Hanya saja jangan terlalu sering karena dapat mengikis cat motor.

Baca Juga : Cara Merawat Helm Motor Agar Awet dan Tidak Apek

Selain perawatan secara fisik, sepeda motor yang kamu kendarai juga membutuhkan perlindungan dari berbagai kemungkinan yang merugikan. Seperti bergesekan dengan kendaraan lain sehingga catnya mengelupas, kecelakaan di jalan raya dan sebagainya. Maka sebaiknya kamu lengkapi sepeda motormu dengan asuransi motor dari Igloo.

Igloo sudah pasti terpercaya dalam menyediakan asuransi, khususnya perlindungan untuk motormu dari kecelakaan yang merusak motor.

Nah bila kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon hingga 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu