Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan

Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan? Simak Penjelasannya Berikut

Table of Contents

Membersihkan kucing dengan memandikannya merupakan hal yang umum dilakukan agar mereka tetap bersih dan kesehatannya terjaga. Namun, bagaimana jika kucing yang sedang kamu pelihara hamil? Apakah kucing hamil boleh dimandikan?

Membersihkan kucing dapat membantu menjaga kebersihan bulu dan kulitnya. Kamu dapat menghilangkan kotoran, debu, dan rambut mati yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit pada kucing. 

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap kucing memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Beberapa kucing mungkin membutuhkan perawatan yang lebih spesifik, salah satunya adalah kucing yang sedang hamil.

Dilansir dari berbagai sumber, kucing hamil sebaiknya tidak perlu dimandikan secara rutin. Hal ini dapat menyebabkan kondisi-kondisi tertentu yang berdampak negatif pada kucing hamil dan janin yang dikandungnya.

Namun, jika kamu mengalami situasi di mana kucing hamil harus dimandikan, artikel berikut bisa menjadi panduan.

Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan?

Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan

Pada dasarnya, kucing merupakan hewan mandiri yang dapat menjaga kebersihan mereka sendiri. Mereka membersihkan tubuhnya sendiri dengan menggunakan lidah mereka yang kasar dan kaki depan mereka untuk menjilati bulu mereka dan membersihkan diri. 

Namun, sebagai pemilik, kamu harus tentu tetap membantu menjaga kebersihan mereka. Membersihkan kucing yang sedang hamil tentu berbeda dari kucing normal, berikut adalah tipsnya.

1. Jangan Memaksanya untuk Mandi

Tips yang pertama adalah jangan memaksa kucing kamu untuk mandi. Hal ini dikarenakan mood kucing hamil yang kurang baik dan mudah stress. Sebagai pemilik, tentu kamu harus mengetahui kondisi moodnya. Namun, apabila badannya terlalu kotor dan moodnya sedang tidak baik, kamu bisa membersihkannya dengan dengan kain basah saja. 

2. Pilih Waktu yang Tepat

Mandikanlah kucing kamu di saat udara sedang terasa hangat, antara jam 9 hingga 11 pagi atau ketika cuaca sedang cerah. Begitu juga dengan pemiliknya, kamu harus memilih waktu yang tenang dan santai untuk memandikan kucing hamil. Pastikan kamu tidak sedang terburu-buru atau stres, karena kucing dapat merasakan energi negatif tersebut.

3. Gunakan Shampo Khusus Kucing 

Selanjutnya adalah jangan menggunakan shampo manusia atau produk pembersih lainnya yang tidak aman bagi kucing. Pilih shampo khusus kucing yang lembut dan bebas dari bahan kimia yang keras.

4. Gunakan Air Hangat

Memandikan kucing hamil harus dilakukan secara hati-hati dan penuh dengan kelembutan. Terutama ketika sedang membersihkan bagian perutnya. Agar memberikan rasa rileks dan mengurangi stres pada kucing, kamu bisa menggunakan air hangat.

Setelah selesai mandi, bungkus dia dengan handuk lembut dan keringkan bulunya dengan hati-hati. Jangan gunakan pengering rambut yang dapat membahayakan kucing.

5. Kenalkan Kucing dengan Air Sedikit Demi Sedikit

Kamu bisa melihat mood kucing hamil dengan meneteskan sedikit air hangat di tubuhnya, mulai dari kaki dan kemudian secara perlahan ke seluruh tubuh. Jika reaksinya positif, kamu bisa memandikannya.

Tips Merawat Kucing yang Sedang Hamil

Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan

1. Perawatan Kesehatan

Pertama-tama, pastikan untuk membawa kucing kamu ke dokter hewan untuk pemeriksaan kehamilan. Dokter hewan akan memberikan saran tentang perawatan dan makanan yang tepat atau suplemen gizi yang diperlukan untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan janin.

2. Berikan Nutrisi yang tepat

Kucing hamil membutuhkan diet yang seimbang dan kaya gizi. Kucing hamil membutuhkan nutrisi tambahan, seperti protein, lemak, dan asam amino esensial. Jadi, berikan makanan berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk kucing hamil. 

3. Jaga Hidrasi Kucing

Pastikan kucing kamu memiliki akses yang mudah ke air bersih dan segar setiap saat. Kucing hamil membutuhkan hidrasi yang cukup untuk menjaga kesehatan mereka sendiri dan janin yang sedang berkembang.

4. Memberikan Perhatian Lebih

Berikan perhatian lebih kepada kucing kamu yang sedang hamil. Kamu harus bisa membagi waktu antara istirahat dan berinteraksi dengan mereka secara rutin. Perhatikan juga perubahan perilaku dan tanda-tanda fisik bahwa persalinan akan segera terjadi.

Kamu harus bisa membuat kondisi yang nyaman bagi kucing yang sedang hamil. Jangan sampai membuatnya stres agar terhindari dari produksi hormon oksitosin yang berlebih. Reaksi tubuh kucing saat menghadapi stres adalah memproduksi hormon oksitosin. Hal ini bisa membuatnya keguguran, lho.

5. Perawatan Saat Melahirkan

Ketika kucing kamu mendekati waktu melahirkan, siapkan kandang yang nyaman dan aman untuk proses melahirkan. Jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam proses melahirkan kucing, ada baiknya untuk konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan treatment yang tepat.

Jadi, apakah kucing hamil boleh dimandikan? Secara keseluruhan, kamu masih bisa memandikannya jika dilakukan dengan lembut, sehingga tidak mempengaruhi kondisi fisiknya.

Jika kamu masih ragu untuk memandikan kucing hamil, segera konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan. Mereka akan memberikan petunjuk yang tepat berdasarkan kondisi kucing kamu. 

Selain memberinya perawatan dan perhatian, pastikan juga untuk memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo agar kamu terbebas dari beban finansial yang mungkin timbul akibat biaya perawatan anabul.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain Asuransi Hewan Peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu