rekomendasi jenis anjing

8 Rekomendasi Jenis Anjing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Table of Contents

Anjing adalah hewan sosial dan dapat menjadi peliharaan yang baik. Banyak orang mengadopsi mereka untuk membantu mengurangi kesepian, sebagai teman bermain, bahkan sebagai anggota keluarga tambahan.

Selain dapat memberikan dampak baik bagi emosional, memelihara juga anjing dapat meningkatkan kesehatan fisik kamu, lho. Hal ini karena anjing membutuhkan aktivitas fisik seperti jalan-jalan, berlari, atau bermain, yang juga melibatkan pemiliknya.

Jadi, apakah kamu sedang mencari anjing untuk dipelihara? Salah satu jenis anjing yang tercantum di dalam artikel ini bisa menjadi pilihan.

Rekomendasi Jenis Anjing yang Bisa Kamu Pelihara 

1. Labrador Retriever

anjing Labrador Retriever

Labrador Retriever adalah salah satu jenis anjing dari Newfoundland, Kanada. Labrador Retriever memiliki ukuran sedang hingga besar dengan tubuh yang kuat dan ramping.

Mereka memiliki kepala yang lebar, mata yang ekspresif, dan telinga yang menggantung. Biasanya, mereka memiliki bulu yang pendek dan memiliki warna hitam, kuning, hingga cokelat.

Mereka memiliki sifat yang ramah terhadap manusia, baik terhadap pemiliknya maupun orang asing. Mereka juga memiliki tingkat energi yang tinggi dan membutuhkan latihan fisik seperti jalan-jalan, berlari, atau bermain bola.

2. Bulldog

anjing bulldog

Anjing Bulldog merupakan jenis anjing yang memiliki penampilan yang khas dan karakteristik yang unik. Mereka memiliki tubuh yang kuat, dan berotot.

Salah satu ciri khas Bulldog adalah lipatan kulit yang banyak di wajah mereka, terutama di sekitar hidung dan pipi, serta memiliki hidung pesek.

Walaupun Bulldog memiliki penampilan yang sangar, mereka sebenarnya adalah anjing yang tenang, santai, dan ramah. Bulldog tidak memerlukan aktivitas fisik yang intens seperti beberapa ras anjing lainnya. Mereka biasanya akan senang jika diajak jalan-jalan santai.

3. Poodle

anjing poodle

Anjing Poodle, atau disebut juga Caniche, adalah salah satu jenis anjing yang terkenal dengan mantel bulu yang keriting dan tubuh yang ramping.

Dikarenakan memiliki bulu yang unik, mereka memerlukan grooming yang rutin. Bulu mereka harus disisir dan dipotong secara teratur.

4. German Shepherd

anjing German Shepherd

German Shepherd, atau dikenal juga sebagai Schäferhund, adalah jenis anjing yang berasal dari Jerman. Mereka memiliki ukuran tubuh sedang hingga besar, serta atletis.

German Shepherd juga dapat dengan cepat belajar dan menjalankan berbagai tugas dan perintah. Oleh karena itu mereka sering dilibatkan dalam berbagai tugas dan pekerjaan untuk kepolisian, militer, dan sebagai anjing pencari atau penyelamat.

Baca Juga: 5 Panduan Cara Memandikan Kucing yang Mudah Diikuti

5. Golden Retriever

Seperti namanya, Golden Retriever umumnya berwarna emas, tetapi ada variasi warna lainbya yang dapat kamu ditemui, termasuk krem atau putih. Mereka berasal dari Skotlandia dan terkenal sebagai anjing yang cerdas, ramah, dan mudah dilatih.

Mereka juga suka digunakan dalam kegiatan seperti membantu mengambil surat atau membawa barang kecil. Hal ini dikarenakan Golden Retriever memiliki naluri bawaan sebagai anjing pemulung, sehingga mereka cenderung mengambil atau membawa benda apa pun yang mereka temui.

7. Kishu

anjing kishu

Anjing Kishu, juga dikenal sebagai Kishu Inu, adalah salah satu jenis anjing asli dari Jepang.

Mereka terkenal memiliki bulu berwarna putih. Perawatan bulu Kishu relatif mudah. Bulu mereka tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Kamu hanya cukup menyisir bulu mereka secara teratur untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan bulu yang rontok.

Jenis anjing Kishu bisa dibilang jarang dijumpai di luar Jepang. Namun, banyak pecinta anjing dari berbagai negara yang menginginkannya karena sifat mereka yang setia, dan penampilan menarik yang dimilikinya.

8. Chihuahua

Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua adalah salah satu jenis anjing terkecil di dunia dan berasal dari Meksiko. Mereka hanya memiliki berat sekitar 1 hingga 3 kilogram dan tinggi sekitar 15 hingga 23 cm.

Ada dua jenis Chihuahua yang umum, yaitu Chihuahua berambut panjang dan Chihuahua berambut pendek.

Warna bulu Chihuahua sangat beragam, termasuk cokelat, hitam, putih, merah, krem, belang, atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Karena ukurannya yang kecil, Chihuahua sangat cocok sebagai anjing peliharaan untuk kamu yang tinggal di apartemen atau rumah minimalis. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jenis Kucing yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Itu dia 8 jenis anjing yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Setiap jenis anjing memiliki keunikan sendiri-sendiri, jadi penting untuk mencari tahu informasi lebih lanjut sebelum memilih anjing ingin kamu pelihara.

Memelihara anjing harus dipertimbangkan dengan serius. Kamu perlu memahami dan memenuhi kebutuhan anjing, serta siap untuk memberikan perawatan dan perhatian yang diperlukan sepanjang hidup mereka.

Nah, agar anjing kamu semakin aman, ada baiknya untuk memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo untuk memberikan perlindungan keuangan terhadap biaya perawatan medis yang tidak terduga bagi mereka.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Kucing dan Asuransi Anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari asuransi mobil hingga asuransi sepeda motor, dan asuransi perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu