cara merawat anak kucing

Perhatikan, Ini Cara Merawat Anak Kucing Sesuai Umurnya

Table of Contents

Sebagian dari kamu yang memiliki hewan peliharaan yang masih kecil mungkin belum tahu bagaimana cara merawatnya. Terlebih jika kamu memiliki hewan peliharaan anak kucing. Kamu harus mengetahui cara merawat anak kucing dengan baik dan benar.

Karena anak kucing masih rentan terkena penyakit. Merawat anak kucing harus sesuai dengan usianya, jenis perawatan akan berbeda seiring pertambahan usia anak kucing.

Berikut ini Igloo akan menjelaskan bagaimana cara merawat anak kucing yang baik dan benar sekaligus makanan yang sesuai. Untuk mendapatkan informasi yang utuh, simak penjelasan di bawah ini dengan lengkap.

Anak Kucing yang Baru Lahir

Anak Kucing yang Baru Lahir

Biasanya induk kucing akan menyusui anak-anaknya hingga mereka berusia sekitar 4 minggu. Namun, jika induk kucing tidak menyusui karena beberapa kondisi tertentu kamu dapat memberikan susu formula khusus kucing sebagai penggantinya.

Hindari penggunaan susu sapi untuk anak kucing, pasalnya susu sapi mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan kucing. Sehingga beresiko menyebabkan gangguan pencernaan.

Anak Kucing Berusia Satu Bulan

Saat anak kucing memasuki usia satu bulan atau 4 minggu umumnya sudah bisa mengkonsumsi makanan padat. Untuk membiasakan anak kucing mengonsumsi makanan padat, kamu bisa mencampurnya dengan sedikit makanan kaleng khusus anak kucing ditambah dengan susu formula.

Selain itu, akan kucing yang sudah berusia satu bulan sudah bisa berjalan. Ini menjadi waktu yang tepat untuk kamu mulai mengajarkannya buang air kecil dan buang air besar di litter box.

Caranya sangat mudah, kamu cukup meletakkan litter box di sekitar kucing. Nantinya, kucing peliharaan akan beradaptasi dan terbiasa buang kotoran di tempat tersebut dengan sendirinya.

Anak Kucing Berusia 1-2 Bulan

Pada usia ini, akan kucing biasanya sudah bisa diberikan vaksin agar kesehatan tetap terjaga kesehatannya. Dengan pemberian vaksin pada anak kucing kesayanganmu bisa terlindungi dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Anak Kucing Berusia 2- 6 Bulan

Ketika anak kucing sudah berusia 2 hingga 6 bulan, kamu bisa melakukan perawatan, misalnya dengan memandikan dan memotong kuku-kukunya yang sudah panjang agar tetap terlihat rapi dan cantik.

Jika kamu ragu dan takut untuk melakukannya sendiri. Kamu bisa menggunakan jasa pet groomer di petshop untuk melakukan perawatan pada kucingmu.

Kamu juga sudah bisa mengajaknya bermain. Kamu bisa mulai dengan berbagai mainan kucing, misalnya mengejar dan menangkap bola. Dengan begitu, kucing akan lebih senang dan tetap bugar.

Makanan untuk Anak Kucing

Perlu kamu tahu, bahwa anak kucing tidak boleh mengonsumsi makanan yang asal-asalan Berikut ini pilihan makanan kucing yang bisa kamu berikan untuk kucing kesayangan.

Baca Juga: Kenapa Kucing Takut dengan Timun? Simak Penjelasannya di Sini

1. Daging

Jika kamu memiliki anak kucing kampung, kamu bisa memberikan mereka daging. Dari daging, mereka akan mendapatkan protein yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, penglihatan, dan sistem reproduksi yang sehat.

Yang harus kamu hindari adalah memberikan daging mentah, pilihan lainnya kamu bisa memberikan daging matang misalnya daging ayam, daging sapi, atau daging deli tanpa lemak.

2. Gandum

Gandum memiliki banyak kandungan protein per kalorinya, gandum juga mudah diolah sistem pencernaan kucing. Tepung jagung yang digiling kasar memiliki tekstur yang baik untuk anak kucing.

Selain jagung, kamu bisa menggantinya dengan nasi merah, barley atau biji gandum yang sudah ditumbuk. Memberikan biji-bijian ini juga tidak boleh dalam keadaan mentah karna kurang  baik untuk pencernaan anak kucing.

3. Ikan

Kamu bisa membeli ikan kalengan yang khusus untuk kucing, atau jika ingin mengolah ikan sendiri kamu bisa merebus ikan biasa. Pastikan kamu sudah membuang duri atau tulang-tulang pada ikan yang akan kamu berikan agar kucing tidak tersedak atau terluka di bagian dalam mulutnya.

4. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk hewan peliharaanmu. Telur menjadi makanan yang sangat disukai oleh banyak kucing.

Kamu bisa memberikan telur matang, misalnya dengan merebus telur terlebih dahulu sebelum kamu berikan ke anak kucing.

Baca Juga: Apakah Kucing Boleh Makan Keju? Simak Penjelasannya Berikut

5. Makanan Basah

Untuk anak kucing berusia di bawah 5 minggu, umumnya mengonsumsi makanan basah karena lebih mudah untuk dicerna. Selain menjadi sumber tenaga, makanan basah memiliki kandungan air yang bermanfaat untuk melancarkan kinerja saluran kemih dan ginjal.

Kamu bisa memilih banyak makanan basah khusus anak kucing di petshop sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

6. Makanan Kering

Setelah kucing berusia di atas 5 minggu, kamu bisa memberikannya makanan kering khusus anak kucing.

Makanan kering yang bisa kamu pilih sangat banyak, berikut ini beberapa yang bisa kamu pilih. Whiskas Dry Junior, Me-O Kitten, Equilibrio Kitten dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menemukannya di petshop.

7. Keju

Keju

Keju bisa kamu jadikan variasi makanan untuk anak kucing, agar kucing tidak bosan karena memakan makanan yang sama terus setiap harinya, tak salah jika kamu sesekali memberikannya keju.

Keju merupakan cemilan dengan protein tinggi yang sangat disukai anak kucing.

Itulah informasi seputar cara merawat anak kucing yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan sampai kamu asal-asalan merawatnya, alih-alih ingin memberikan perawatan dan makanan yang baik malah tidak sesuai dengan usianya.

Ketika memasuki usia 6 bulan, kamu bisa memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo agar kesehatan dan keselamatan kucing lebih terjamin.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu