apakah kucing boleh makan nasi

Apakah Kucing Boleh Makan Nasi? Ketahui Jawabannya di Sini

Table of Contents

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang wajib hadir disetiap hidangan. Bahkan, hewan seperti kucing pun diberi makan nasi oleh pemiliknya. Namun, apakah kucing boleh makan nasi?

Sebelum membahas apakah kucing boleh makan nasi, perlu kamu ketahui bahwa kucing adalah hewan karnivora. Makanan utama mereka adalah daging yang mengandung protein hewani yang tinggi. Selain daging, kucing juga bisa mengonsumsi sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Nasi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, sedangkan kucing tidak membutuhkan karbohidrat dalam diet mereka. Jadi, apakah kucing boleh makan nasi? Simak artikel Igloo berikut ini.

Apakah Kucing Boleh Makan Nasi?

apakah kucing boleh makan nasi

Jawaban singkatnya adalah boleh, tetapi disarankan untuk tidak memberikan nasi dalam porsi yang besar kepada kucing. Hal ini dikarenakan  kucing tidak membutuhkan karbohidrat dalam diet mereka.

Seperti yang sudah disebut di awal, kucing adalah hewan karnivora yang membutuhkan daging sebagai sumber nutrisi utamanya. Memberikannya nasi dalam porsi yang berlebihan dapat  dapat menyebabkan diare, obesitas, dan diabetes bagi si kucing.

Jika situasinya tidak memungkinan untuk memberi mereka daging sebagai makanan utama mereka, kamu bisa memberinya nasi dalam jumlah yang sedikit atau hanya sebagai camilan saja.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kucing tidak boleh diberikan nasi dalam jumlah yang banyak:

  • Kucing Adalah Hewan Karnivora: Kucing adalah hewan karnivora. Anatomi pencernaan mereka memang hanya dapat mencerna daging. Mereka membutuhkan asam amino dan protein sebagai nutrisi utama mereka. Jadi, memang seharusnya kucing diberikan daging  untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. 
  • Tidak membutuhkan karbohidrat: Kucing membutuhkan nutrisi seperti protein, asam amino, vitamin B, Vitamin A, asam linoleat, taurine, asam arakidonat, serta arginine. Tentu saja nutrisi-nutrisi tersebut tidak ditemukan pada nasi yang hanya mengandung karbohidrat.
  • Berpotensi mengalami gangguan pencernaan: Enzim amilase adalah enzim yang berperan dalam pencernaan karbohidrat. Faktanya, kucing  tidak mempunyai enzim amilase dengan jumlah yang banyak seperti manusia. Jadi,  jika kamu terlalu banyak memberikan nasi kepada kucing, mereka akan mengalami gangguan pencernaan.
  • Bisa beracun untuk kucing: Perlu dicatat bahwa, kamu harus memberi nasi dalam porsi yang kecil dan tanpa tambahan bumbu lainnya. Hal ini dikarenakan nasi yang sudah diberikan berbagai macam bumbu seperti bawang-bawangan berpotensi beracun bagi kucing.
  • Bisa membuat kucing muntah: Memberikan kucing peliharaan nasi dapat mengganggu pencernaan. Pada akhirnya, mereka bisa mengalami muntah-muntah. 
  • Obesitas: Karbohidrat dalam nasi memiliki kalori yang cukup tinggi dan bisa mengakibatkan kucing obesitas jika mengonsumsinya terlalu banyak. Kucing yang obesitas memiliki resiko diabetes yang lebih tinggi.

Tips Memilih Makanan Kucing

Agar mereka mendapatkan nutrisi yang seimbang dan dapat menjaga kesehatan dengan baik, berikut adalah beberapa tips untuk memilih makanan kucing:

1. Berikan Air Minum yang Cukup

apakah kucing boleh makan nasi

Kucing memerlukan air untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk menjaga hidrasi, mendukung pencernaan yang sehat, membantu pemindahan nutrisi dalam tubuh, dan menjaga suhu tubuh yang normal. Jadi, pastikan kucing kamu memiliki akses ke air segar yang bersih.

2. Pilih Makanan yang Penuh Nutrisi

Kucing membutuhkan nutrisi seperti protein, asam amino, vitamin B, Vitamin A, asam linoleat, taurine, asam arakidonat, serta arginine. Semua kandungan tersebut dapat ditemukan di daging ayam, sapi, maupun ikan. 

3. Transisi Makanan dengan Hati-Hati

apakah kucing boleh makan nasi

Transisi makanan kucing dengan hati-hati dilakukan untuk mencegah gangguan pencernaan dan membuat kucing peliharaan kamu lebih mudah beradaptasi dengan makanan baru. Kamu bisa melakukannya dengan mencampur sedikit makanan baru dengan yang lama selama beberapa hari hingga kucing terbiasa.

4. Jangan Overfeed

Overfeeding dapat menyebabkan obesitas, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan kucing. Jadi, pastikan untuk memberi makan kucing pada jumlah yang cukup atau sesuai dengan saran dokter hewan kamu.

5. Perhatikan Alergi atau Intoleransi

Girl in a summer park. Woman in a blue shirt. Lady with little kitty.

Beberapa kucing mungkin memiliki alergi atau intoleransi terhadap beberapa bahan makanan tertentu. Jika kucing kamu memiliki masalah sensitivitas makanan, pertimbangkan untuk mencari makanan khusus atau segera konsultasi ke dokter hewan.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan terkait “apakah kucing boleh makan nasi”. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memberikan nasi sebagai makanan utama untuk kucing bisa menyebabkan masalah kesehatan. Jika kamu ingin memberi nasi sebagai camilan, pastikan jumlahnya sangat kecil, ya.

Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo

Dengan memiliki asuransi hewan peliharaan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti penggantian biaya rawat inap untuk berbagai penyakit yang dialami hewan peliharaan, jaminan kremasi dan kompensasi akibat kematian karena kecelakaan, kompensasi kerugian pihak ketiga, dan masih banyak lagi!

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, berikut adalah prosedurnya:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu