hewan peliharaan yang murah

7 Hewan Peliharaan yang Murah dan Mudah Dirawat

Table of Contents

Memelihara hewan dapat memberikan rasa bahagia bagi pemiliknya. Namun, kamu harus mengeluarkan biaya agar kemakmuran dan kesehatan mereka tetap terjaga. Nah, jika kamu ingin memelihara hewan tanpa menguras dompet, masih ada beberapa opsi hewan peliharaan yang murah dan mudah dirawat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memelihara hewan mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya yang bervariasi, tergantung pada jenis hewannya. Hal ini dikarenakan setiap jenis hewan memerlukan tingkat perawatan yang berbeda.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki dalam budget terbatas, yuk, simak beberapa rekomendasi hewan peliharaan yang murah dan mudah dirawat berikut ini!

Hewan Peliharaan yang Murah dan Mudah Dirawat

1. Kucing Liar

Rekomendasi hewan peliharaan yang murah dan mudah dirawat adalah kucing liar. Seperti yang kita ketahui, kucing adalah hewan yang mandiri terhadap dirinya sendiri, terutama bagi mereka yang hidup di lingkungan luar.

Kucing liar tentu dapat bertahan hidup secara mandiri. Mereka sudah terbiasa untuk mencari makanannya sendiri dan dapat membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati tubuhnya. Kamu tentu bisa memungutnya di tengah jalan untuk dipelihara.

Namun, pastikan untuk membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa kondisinya. Hal ini dikarenakan kucing liar biasanya memiliki banyak kutu dan jamur pada tubuhnya. Dokter hewan akan membuat kucing higienis dan lebih sehat ketika dipelihara.

2. Ikan Cupang

hewan peliharaan yang murah
Beautiful half moon blue and red Betta splendens, Siamese fighting fish or Pla-kat in Thai popular fish in aquarium. Show off tail spreads while swimming beautifully, isolated on black background

Hewan peliharaan yang murah selanjutnya adalah ikan cupang. Ikan jenis ini terkenal memiliki tubuh yang kecil dan hadir dalam varian. Ada jenis yang dijadikan ikan hias, ada juga jenis cupang agresif yang sering diadu satu sama lainnya.

Untuk harganya bervariasi, ada yang dijual mulai dari Rp5000 hingga puluhan juta. Untuk perawatannya tidak memerlukan biaya yang banyak. Kamu hanya perlu menyediakan aquarium berukuran kecil-sedang, mengganti airnya secara rutin, dan memberinya makanan seperti pelet ikan atau telur.

3. Kura-Kura Brazil

Kura-kura Brazil merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang murah dibandingkan jenis lainnya. Kamu bisa mengadopsinya mulai dari harga Rp50.000 sampai Rp400.000,- tergantung pada umur dan ukurannya.

Kura-kura bisa tinggal di akuarium yang cukup besar untuk mereka bergerak, pastikan kamu juga menempatkan akuarium tersebut di  di tempat yang mendapat sinar matahari langsung untuk memberikan cahaya dan kehangatan. Untuk makanannya, kamu bisa memberinya sayuran hijau, ikan kecil, dan makanan kemasan khusus kura-kura.

4. Sugar Glider

hewan peliharaan yang murah

Bagi yang belum tahu, sugar glider adalah hewan kecil yang dapat melebarkan tubuhnya sendiri dan memiliki kemampuan untuk melayang cukup jauh. Hewan kecil ini juga memiliki hubungan dekat dengan kanguru dan koala karena berasal dari Australia.

Sugar glider tergolong hewan omnivora, sehingga kamu bisa memberinya buah, sayuran, dan daging untuk memenuhi nutrisinya. Karena ukurannya yang kecil, kamu bisa menyediakan kandang kecil yang tentunya tidak mahal. Itulah mengapa sugar glider masuk kategori hewan peliharaan yang murah.

5. Kelomang

Hewan peliharaan yang murah selanjutnya adalah kelomang. Kelomang merupakan salah satu hewan yang sering dijual di depan sekolahan. Mereka biasanya memiliki varian warna dan bentuk pada cangkangnya. Namun, banyak juga penjual yang yang mengecat ulang warna cangkangnya agar terlihat menarik.

Walaupun memiliki “rumah” sendiri, sebagai pemilik kamu bisa memberinya tempat tinggal yang lebih layak seperti akuarium yang diisi pasir sedalam 5-10 cm dan wadah berisi air yang dapat dimasuki kelomang. Hal ini dilakukan untuk menciptakan tempat seperti habitat asli kelomang.

6. Burung Lovebirds

Burung lovebird terkenal memiliki berbagai warna yang indah dan cantik. Mereka hadir dalam hijau, kuning, biru, merah, dan beberapa warna kombinasi lainnya. Beberapa jenis burung lovebird yang sering dipelihara antara lain adalah fischer’s, peach-faced, masked, dan nyasa.

Karena ukurannya yang kecil, kamu bisa menyediakan kandang burung berukuran kecil atau sedang yang relatif murah. Kamu juga bisa melatihnya agar mereka bisa berkicau dengan suara yang merdu. Tidak heran Lovebirds termasuk dalam hewan peliharaan yang murah dan mudah dirawat.

7. Gecko

Hewan peliharaan murah yang terakhir adalah gecko. Sekilas, gecko memiliki penampilan yang hampir mirip dengan tokek. Hanya saja, gecko memiliki warna atau motif yang lebih menarik untuk dilihat.

Untuk merawatnya, pastikan untuk menyediakan kandang yang sesuai dengan tingkat suhu, kelembaban, dan pencahayaan yang tepat. Untuk makananya, kamu bisa memberi mereka serangga dan beberapa suplemen vitamin khusus reptil.

Dapatkan Asuransi Hewan Peliharaan Terbaik di Igloo

Itulah 7 jenis hewan peliharan yang murah dan mudah dirawat. Apakah ada salah satu dari hewan di atas yang menarik perhatian kamu?  Walaupun merawat mereka tergolong murah, kamu harus tetap memberi memenuhi kebutuhan kesehariannya mereka agar semakin bahagia bersama kamu.

Jangan lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan dari Igloo untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan dari hewan peliharaan kamu. Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu