tips memilih asuransi perjalanan

Traveling Lebih Tenang, Ini 6 Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Table of Contents

Penting untuk mengetahui tips memilih asuransi perjalanan agar kamu dapat menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan kamu. Hal ini akan memastikan bahwa perlindungan yang kamu dapatkan selama perjalanan benar-benar relevan dan bermanfaat.

Seperti yang umumnya diketahui, liburan adalah momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang karena merupakan kesempatan yang menyenangkan untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari dan melepas kejenuhan.

Walaupun liburan dianggap sebagai pengalaman yang menyenangkan, tetapi aktivitas ini tidak berarti bahwa tidak ada risiko yang mungkin akan terjadi. Risiko-risiko seperti ketinggalan pesawat, kecelakaan pribadi, kerusakan bagasi, dan potensi sakit saat berlibur bisa terjadi secara tiba-tiba.

Nah, agar dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan, disarankan untuk memiliki asuransi perjalanan atau travel insurance. Produk ini tidak hanya memberikan perlindungan untuk liburan kamu, tetapi juga dapat melibatkan perlindungan untuk perjalanan bisnis dan keperluan perjalanan lainnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah tips memilih asuransi perjalanan yang harus kamu perhatikan.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Berikut adalah tips memilih asuransi perjalanan yang harus kamu perhatikan.

1. Lakukan Perbandingan Produk

tips memilih asuransi perjalanan

Seperti memilih produk asuransi lainnya, tips memilih asuransi perjalanan yang pertama adalah riset yang mendalam terkait produk yang akan kamu pilih. Telusuri berbagai perusahaan dan produk asuransi, analisislah dengan seksama penawaran, kelebihan, dan kelemahan masing-masing.

Tips ini dapat memandu kamu dalam menemukan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk data yang lebih akurat, kamu bisa menghubungi layanan pelanggan perusahan asuransi atau minta pendapat langsung dari orang-orang terdekat untuk mendapatkan testimonial.

2. Siapkan Jauh-Jauh Hari

Pastikan untuk tidak merencanakan pembelian asuransi perjalanan terlalu mendekati tanggal keberangkatan. Jika terlalu mepet, ada risiko tidak memiliki cukup waktu untuk membaca dengan seksama detail produk asuransi yang akan dipilih. 

Menyiapkan asuransi jauh sebelum hari keberangkatan dapat menjamin ketersediaan klaim yang diperlukan dalam menghadapi situasi tak terduga sebelum perjalanan dimulai. Oleh karena itu, alokasikan waktu secara khusus untuk proses pembelian asuransi perjalanan, ya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Asuransi Perjalanan Internasional

3. Pahami Besaran Premi, Waktu, dan Luas Perlindungannya

Pada saat melihat setiap produk, berusahalah untuk teliti terhadap detail manfaat dan perlindungan yang disediakan. Lakukan penelitian menyeluruh terkait besaran preminya di setiap produk.

Pilihlah asuransi perjalanan yang sesuai dengan durasi perjalanan kamu. Jenis asuransi perjalanan ini biasanya memberikan perlindungan hanya selama periode perjalanan, disesuaikan dengan tanggal penerbangan pulang-pergi yang tertera pada tiket.

Sebagian perusahaan asuransi mungkin enggan memberikan perlindungan untuk perjalanan wisata atau kegiatan berisiko tinggi. Jenis risiko tinggi ini melibatkan aktivitas seperti olahraga ekstrem, eksplorasi alam liar, atau perjalanan ke daerah yang dianggap berbahaya, seperti daerah konflik.

Untuk aktivitas ekstrem, beberapa perusahaan asuransi mungkin menerapkan premi tambahan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberikan informasi rinci tentang kondisi kesehatan pada tahap awal guna menghindari penolakan klaim di kemudian hari.

4. Cek Kredibilitas Asuransi

Penting untuk melakukan background check terkait produk asuransi yang disediakan oleh suatu perusahaan. Semakin positif rekam jejak dan testimoni yang diterima, semakin dapat diandalkan perlindungan yang akan kamu peroleh.

Selalu pastikan bahwa perusahaan tersebut terdaftar di OJK, periksa situs resminya, telusuri ulasan yang diterima, dan lakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif tentang reputasi perusahaan tersebut.

5. Produk multifungsi

Meskipun disarankan untuk memilih produk asuransi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan, memiliki produk yang dapat mencakup beberapa kondisi merupakan keuntungan tersendiri. Jadi, carilah produk asuransi yang menyediakan sejumlah manfaat beragam dalam satu transaksi pembelian.

Baca Juga: Jenis-jenis Asuransi Perjalanan Terbaik

6. Lihat Jangka Waktunya

Tips memilih asuransi perjalanan yang terakhir adalah perhatikan jangka waktunya. Secara umum, asuransi perjalanan memberikan perlindungan sesuai dengan durasi perjalanan yang telah Anda pilih. Perlindungan ini berlaku mulai dari saat keberangkatan hingga kembali. Pastikan untuk tidak salah paham dan teliti secara seksama ketentuan polisnya.

Itulah 6 tips memilih asuransi perjalanan yang dapat kamu jadikan referensi. Setelah memahami tips-tips di atas, kamu akan semakin siap untuk memilih produk asuransi perjalanan yang sesuai untuk mendampingi liburan kamu.

Manfaat yang diberikan oleh asuransi perjalanan memiliki nilai penting sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan atau dalam keperluan perjalanan untuk urusan pekerjaan.

Membeli asuransi di pelabuhan atau stan di bandara tidak lagi direkomendasikan, karena penumpang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk memberitahukan dokumen asuransinya kepada keluarga atau pihak terkait.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan pembelian melalui Igloo agar dapat memperoleh penjelasan yang mendalam mengenai produk yang ditawarkan. Informasi yang diberikan menjadi lebih terperinci, dan risiko kesalahpahaman dapat dikurangi secara signifikan.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu