asuransi perjalanan internasional

Ketahui Manfaat Asuransi Perjalanan Internasional

Table of Contents

Sebelum berpegian ke luar negeri, ada baiknya untuk memiliki asuransi perjalanan internasional yang akan memberikan perlindungan ekstra selama berpegian. Asuransi perjalanan akan memberikan manfaat perlindungan finansial bagi wisatawan selama perjalanan mereka.

Lantas, mengapa penting untuk memiliki asuransi perjalanan internasional ketika hendak pergi ke luar negeri? Apa saja manfaat yang akan didapatkan? Simak penjelasannya di artikel berikut.

Apa itu Asuransi Perjalanan International?

Asuransi perjalanan menawarkan manfaat yang sangat krusial untuk mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin timbul selama liburan. Pasalnya, ada banyak resiko yang mungkin akan terjadi selama liburan.

Seperti contoh, risiko-risiko seperti kehilangan bagasi, kehilangan dokumen, keterlambatan perjalanan, dan bahkan pembatalan perjalanan karena faktor-faktor tertentu. Dengan memiliki asuransi, kamu dapat bepergian ke luar negeri tanpa kekhawatiran terlalu banyak terkait berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 

Manfaat Asuransi Perjalanan Internasional

Lantas, apa saja manfaat memiliki asuransi perjalanan internasional? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Memberikan Perlindungan Finansial

asuransi perjalanan internasional

Apabila terjadi kecelakaan atau peristiwa tak terduga selama perjalanan di luar negeri, asuransi perjalanan internasional dapat mengganti biaya perawatan medis, mengganti bagasi yang hilang atau tertunda, dan bahkan mengatasi biaya pembatalan atau penundaan perjalanan.

2. Bantuan Darurat

Asuransi perjalanan internasional juga dapat memberikan bantuan darurat selama perjalanan, seperti memberikan informasi medis, membantu mengatur transportasi, dan bahkan memberikan dukungan dalam situasi darurat seperti evakuasi mendesak.

3. Ganti Rugi Atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

asuransi perjalanan internasional
anxious young caucasian traveler girl talking on phone holding tickets on isolated white background

Kerugian atau kerusakan bagasi seringkali menjadi masalah yang dihadapi oleh setiap wisatawan. Dengan memiliki polis asuransi perjalanan internasional, kamu akan mendapatkan penggantian jika terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi.

4. Ganti Rugi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Keterlambatan atau pembatalan perjalanan seringkali terjadi dalam beberapa situasi, terutama jika kamu pergi menggunakan maskapai penerbangan. Dengan memiliki asuransi perjalanan internasional , kamu dapat menerima kompensasi jika menghadapi situasi tersebut.

5. Pelayanan Bagasi

asuransi perjalanan internasional

Asuransi perjalanan internasional memberikan jaminan untuk layanan bagasi dalam kasus penundaan, kehilangan, atau pencurian. Perusahaan asuransi juga dapat mengganti biaya pembelian darurat, seperti pakaian dan peralatan mandi, jika terjadi keterlambatan bagasi selama 12 jam berturut-turut atau lebih akibat kesalahan pengantaran.

Jenis Asuransi Perjalanan Internasional ke Luar Negeri

Umumnya, asuransi perjalanan internasional ada dua jenis, yaitu:

1. Single Trip

Asuransi perjalanan single trip merupakan jenis asuransi perjalanan internasional yang dirancang untuk melindungi pemegang polis selama satu perjalanan dengan batas waktu tertentu.

Asuransi single trip memberikan perlindungan selama kurang dari 180 hari per perjalanan. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk bepergian dalam jangka waktu tersebut, opsi asuransi single trip dapat menjadi pilihan yang sesuai untuk perlindungan kamu.

Adapun manfaat perlindungan yang diberikan antara lain adalah kehilangan bagasi, keterlambatan atau pembatalan penerbangan, hingga biaya perawatan medis darurat saat berada di luar negeri.

2. Tahunan

Program asuransi perjalanan tahunan menyediakan perlindungan yang lebih luas untuk setiap perjalanan yang berlangsung hingga 90 hari dalam satu tahun. Bagi kamu yang sering bepergian, baik itu untuk keperluan bisnis atau liburan, jenis asuransi perjalanan tahunan merupakan pilihan yang paling pas.

Dengan hanya membayar premi sekali dalam setahun, polis asuransi ini memberikan jaminan perlindungan untuk setiap perjalanan selama 90 hari. Pilihan asuransi ini dapat dianggap lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli asuransi perjalanan secara terpisah setiap kali kamu bepergian.

Manfaat perlindungan yang diberikan mencakup perlindungan medis darurat, pemulangan darurat, pembatalan perjalanan, keterlambatan atau kehilangan bagasi, hingga pertanggungan kecelakaan pribadi.

Baca Juga: 

Tips Memilih Asuransi Terbaik untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Nah, agar kamu mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan selama perjalanan internasional, yuk, simak tips memilih asuransi yang telah Igloo rangkum berikut.

1. Besaran Premi

Pertama, pastikan untuk membaca secara teliti rincian yang terdapat dalam polis asuransi, termasuk informasi mengenai besaran premi. Kamu harus mempertimbangkan apakah besaran pembayaran premi tersebut sebanding dengan tingkat perlindungan yang akan diberikan, sehingga dapat memberikan tingkat proteksi yang optimal.

2. Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tips selanjutnya adalah perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi. Ingatlah bahwa reputasi yang baik dari sebuah perusahaan dapat dianggap sebagai jaminan keamanan. Kamu tentu mengharapkan kemudahan, kecepatan dalam proses klaim, dan dapat mempercayai manfaat yang ditawarkan.

3. Banyaknya Nasabah

Selain memilih perusahaan asuransi,pastikan juga untuk mencari produk yang memiliki jumlah nasabah yang banyak. Hal ini menunjukkan bahwa layanan asuransi tersebut dipercaya oleh banyak pihak. Jumlah nasabah yang banyak dapat menjadi indikasi reputasi perusahaan dan polisnya yang menyediakan manfaat perlindungan yang komprehensif dan beragam.

4. Ketahui Rincian Manfaat

Sebagai calon nasabah, kamu harus membaca dengan teliti rincian cakupan manfaat yang ditawarkan oleh sebuah produk asuransi. Beberapa orang seringkali hanya melihat tabel tanpa membaca dengan seksama, yang bisa berujung pada pembelian tanpa pemahaman yang cukup atau sebaliknya.

6. Masa Aktif Asuransi

Penting untuk diketahui bahwa beberapa perusahaan asuransi hanya memberikan perlindungan selama perjalanan berlangsung, ada juga dapat memberikan manfaat perlindungan setelah perjalanan, asalkan masih dalam batas masa aktif polis. Untuk mendapatkan asuransi terbaik, penting untuk menyesuaikan masa aktif polis dengan durasi perjalanan kamu.

Itulah informasi terkait asuransi perjalanan internasional yang telah Igloo rangkum. Asuransi perjalanan memberikan ketenangan pikiran selama perjalanan, menghilangkan kekhawatiran terkait biaya tambahan dan memungkinkan kamu menikmati liburan tanpa harus merencanakan budget dengan sangat ketat.

Semoga artikel ini memberikan keyakinan kepada kamu untuk mempertimbangkan memiliki asuransi perjalanan, ya.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu