asuransi perjalanan

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan Terbaik

Table of Contents

Apakah kamu sering melakukan perjalanan wisata atau sering melakukan perjalanan dengan berbagai keperluan lainnya? Jika iya, ada baiknya bagi kamu untuk memiliki asuransi untuk perjalanan kamu.

Mengapa demikian? Dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentunya kita tidak terlepas dari yang namanya bahaya, termasuk ketika melakukan perjalanan baik itu perjalanan untuk wisata atau perjalanan bisnis atau pekerjaan.

Oleh karena itu, asuransi untuk perjalanan akan membuat perjalananmu semakin lebih tenang dengan memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian atas hal-hal atau kejadian yang tidak diharapkan selama melakukan perjalanan di dalam negeri maupun perjalan ke luar negeri.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

1. Berdasarkan Tempat Tujuan

Berdasarkan tempat tujuannya, jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan dari berbagai risiko, termasuk pemulangan medis darurat, pembatalan perjalanan, keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, dan banyak lagi selama melakukan perjalanan domestik atau luar negeri.

2. Berdasarkan Jumlah Orang yang Ditanggung

Jenis asuransi ini ditentukan oleh berapa banyak orang yang ditanggung dalam satu akun asuransi, yaitu individual travel insurance dan group travel insurance

  • Individual travel insurance adalah jenis asuransi perjalanan yang ditujukan untuk melindungi satu individu yang melakukan perjalanan dari risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan.
  • Group travel insurance adalah jenis asuransi perjalanan yang ditujukan untuk melindungi sekelompok orang yang melakukan perjalanan bersama-sama dari risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan..

3. Berdasarkan Banyaknya Perjalanan

Planning traveling trip notes wanderkust

Jenis asuransi ini terbagi menjadi dua macam, yaitu single trip insurance dan annual trip insurance. Keduanya dibedakan berdasarkan banyaknya melakukan perjalanan.

  • Single trip insurance adalah jenis asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan untuk satu perjalanan tertentu. Asuransi jenis ini sangat cocok bagi kamu yang melakukan satu perjalanan dalam setahun atau suka melakukan perjalanan singkat dengan jangka waktu yang pendek.
  • Annual trip insurance diperuntukkan bagi kamu yang yang melakukan perjalanan beberapa kali dalam setahun, baik dalam atau luar negeri. Jenis asuransi perjalanan ini menawarkan coverage untuk beberapa perjalanan atau liburan selama satu tahun penuh.

4. Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan juga terbagi berdasarkan tujuan perjalannya, yaitu asuransi perjalanan dengan tujuan wisata dan bisnis. Seperti namanya, asuransi perjalanan dengan tujuan wisata adalah asuransi yang diperuntukan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan berwisata. 

Sementara itu, asuransi perjalanan bisnis akan memberikan perlindungan terhadap risiko yang dapat timbul selama perjalanan bisnis, sehingga kamu dapat fokus pada pekerjaan tanpa perlu khawatir tentang kemungkinan masalah selama perjalanan.

Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan

1. Perlindungan Finansial

Jika terjadi kecelakaan atau kejadian tak terduga lainnya selama perjalanan, asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan finansial. Polis asuransi perjalanan dapat membayar biaya perawatan medis, penggantian bagasi yang hilang atau tertunda, dan bahkan pembatalan atau penundaan perjalanan.

2. Bantuan Darurat

Asuransi ini juga dapat memberikan bantuan darurat dalam keadaan darurat selama perjalanan, seperti memberikan informasi medis, membantu mengorganisir transportasi, dan bahkan membantu dalam situasi darurat seperti evakuasi darurat.

3. Ganti Rugi Atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi adalah salah satu komponen umum dari asuransi perjalanan. Masalah ini juga sering terjadi bagi setiap traveler, dengan memiliki polis asuransi untuk perjalanan, kamu akan mendapatkan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi. 

4. Ganti Rugi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Situasi-situasi tertentu membuat perjalanan kamu mengalami keterlambatan atau pembatalan, hal ini biasa terjadi di maskapai penerbangan. Jika kamu memiliki asuransi perjalanan, kamu akan diberikan kompensasi jika situasi tersebut terjadi.

5. Pelayanan Bagasi

Asuransi untuk perjalanan menjamin pelayanan bagasi apabila terjadi penundaan, kehilangan, atau pencurian, sekaligus memberi petunjuk cara mengajukan klaim atas barang-barang. Asuransi ini juga dapat meng-cover biaya pembelian darurat seperti pakaian dan peralatan mandi karena keterlambatan bagasi selama 12 jam berturut-turut atau lebih karena salah pengantaran.

6. Tanggung Jawab Hukum

Jika kamu terlibat dalam kecelakaan atau peristiwa yang dapat mengakibatkan klaim hukum terhadap kamu, asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan hukum dan membantu menutupi biaya-biaya hukum yang mungkin timbul.

Cara Membeli Asuransi Perjalanan di Igloo

Kesehatan kamu adalah aset yang berharga. Jika kamu mengalami sesuatu yang tidak terduga saat melakukan perjalanan baik itu di dalam negeri atau di luar negeri, asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan finansial yang penting.

Untuk melakukan pembelian asuransi perjalanan, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Perjalanan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-perjalanan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis perjalanan yang diinginkan
  4. Masukan informasi perjalann kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit.
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Memiliki asuransi perjalanan akan membuat kamu bepergian dengan lebih tenang. Kamu akan dilindungi dari berbagai risiko yang mungkin timbul selama perjalanan. Jadi, sebelum bepergian, pastikan untuk memiliki asuransi perjalanan terbaik dari Igloo yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perjalanan kamu.

Tak hanya sampai di situ. Selain asuransi perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai produk asuransi lainnya, termasuk Asuransi Kesehatan untuk melindungi kamu dan keluarga dari biaya medis yang tidak terduga, Asuransi mMobil dan Asuransi Motor untuk melindungi kendaraan berharga, serta Asuransi Hewan Peliharaan untuk memberikan perawatan terbaik bagi teman berbulu kamu.

Jadi, saat kamu merencanakan perjalanan berikutnya, pertimbangkan untuk melindungi diri kamu dengan asuransi perjalanan Igloo. Jangan lupa untuk menjelajahi pilihan asuransi lainnya yang ditawarkan oleh Igloo. Jadi, jangan ditunda lagi, segera bergabung dengan asuransi perjalanan bersama Igloo.  

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu