cara closing asuransi perjalanan

10 Cara Closing Asuransi Perjalanan, Bikin Nasabah Yakin!

Table of Contents

Jika kamu seorang agen asuransi perjalanan dan sedang mencari nasabah, penting untuk mengetahui cara closing asuransi perjalanan yang dapat membantu meningkatkan tingkat penjualan kamu dan mencapai target yang ditetapkan.

Pemahaman mengenai asuransi perjalanan merupakan hal yang penting bagi siapapun yang bermaksud menjadi agen asuransi perjalanan. Walaupun demikian, ada sejumlah cara closing asuransi perjalanan yang akan membuat calon nasabah semakin yakin dengan produk yang sedang kamu pasarkan.

Apa saja cara closing asuransi perjalanan? Yuk, pelajari lebih lanjut dalam artikel berikut.

Cara Closing Asuransi Perjalanan

1. Mengetahui Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

cara closing asuransi perjalanan

Cara closing asuransi perjalanan yang pertama adalah mengetahui serta memahami berbagai jenis asuransi perjalanan. Melalui cara ini, seorang agen asuransi dapat memberikan bantuan kepada calon nasabah dengan memberikan penjelasan rinci mengenai aspek-aspek tertentu terkait asuransi perjalanan.

Tentunya, agen asuransi akan semakin mudah dalam menerapkan (closing) terkait asuransi perjalanan yang mereka sedang tawarkan. 

Seperti umumnya produk asuransi, asuransi perjalanan juga menawarkan berbagai jenis dengan manfaat yang beragam, yaitu:

  • Individual travel insurance: Menyediakan perlindungan untuk satu orang selama satu perjalanan dengan satu polis asuransi, sehingga termasuk dalam kategori asuransi pribadi.
  • Group travel insurance: Umumnya diterapkan untuk memberikan perlindungan kepada mereka yang bepergian dalam kelompok, baik itu perjalanan dinas atau liburan bersama. Dengan demikian, biaya polis asuransi dapat menjadi lebih efisien dan hemat.
  • Single trip insurance: Merupakan jenis asuransi perjalanan jangka pendek yang cocok bagi individu yang tidak sering melakukan perjalanan jarak jauh secara rutin.
  • Annual trip insurance: Memberikan perlindungan terhadap risiko selama periode tertentu, biasanya selama satu tahun.

2.  Pelajari Profil Nasabah 

Agen asuransi perlu memiliki kemampuan untuk menguraikan langkah-langkah secara terperinci tentang bagaimana calon nasabah dapat memperoleh polis asuransi tersebut. Salah satu tantangannya adalah tidak semua orang memerlukan asuransi perjalanan. 

Oleh karena itu, seorang agen asuransi perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai siapa target pasar atau calon nasabah potensial mereka. Jika sudah memiliki dokumen atau informasi terkait orang-orang yang sering melakukan perjalanan, penting untuk mencari tahu apakah mereka merupakan calon nasabah potensial atau tidak.

Selanjutnya, teliti dengan seksama profil setiap target audiens untuk memastikan bahwa seseorang yang akan didekati untuk penawaran asuransi perjalanan memang merupakan mereka yang secara rutin melakukan perjalanan.

3. Komunikasikan dengan Jelas dan Rinci

Cara closing asuransi perjalanan selanjutnya adalah mengkomunikasikan dengan jelas manfaat-manfaat yang akan ditanggung oleh asuransi perjalanan. Pilih kata-kata yang menarik dan sederhana agar calon nasabah tertarik dan semakin penasaran dengan penawaran asuransi perjalanan yang disampaikan.

Jika diperlukan, persiapkan presentasi penawaran yang disesuaikan dengan latar belakang dan pemahaman calon nasabah terhadap asuransi perjalanan.

Pastikan bahwa setiap rincian mengenai manfaat dan cakupan asuransi perjalanan dijelaskan secara menyeluruh. Agen asuransi perjalanan juga perlu mampu memberikan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon nasabah.

Dengan kemampuan untuk menjelaskan dengan baik, langkah ini juga akan memberikan dukungan yang efektif dalam proses penutupan (closing) asuransi perjalanan, meningkatkan tingkat keberhasilan penjualan.

4. Ciptakan Rasa Urgensi

Menciptakan urgensi merupakan salah satu strategi efektif dalam cara closing asuransi perjalanan. Dengan demikian, calon nasabah akan merasa bahwa memiliki asuransi perjalanan adalah suatu keharusan ketika mereka berencana untuk melakukan perjalanan.

Namun, penting untuk menyampaikan informasi dengan tepat tanpa menciptakan kesan menakut-nakuti calon nasabah. Sertakan juga contoh kasus yang nyata terkait pengalaman perjalanan, dan bagaimana asuransi perjalanan memberikan manfaat konkret kepada pemegang polis atau tertanggung dalam situasi tersebut.

Pastikan juga bahwa agen asuransi memberikan gambaran atau perkiraan biaya asuransi perjalanan, baik itu untuk perjalanan ke luar negeri atau di dalam negeri. Estimasi biaya ini dapat disesuaikan dengan jenis perjalanan yang akan dilakukan oleh calon nasabah serta jenis asuransi perjalanan yang mereka pertimbangkan untuk dibeli.

5. Soroti Keuntungan dan Kelebihan dari Produk Asuransi Perjalanan

Cara closing asuransi perjalanan selanjutnya adalah kamu harus bisa menyoroti keuntungan atau keunggulan produk yang kamu tawarkan. Dengan menguraikan keunggulan produk asuransi perjalanan dan memberikan alasan mengapa memiliki asuransi perjalanan itu penting, calon nasabah akan merasa lebih yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Oleh karena itu, awali dengan menggali lebih dalam pengetahuan mengenai keunggulan asuransi perjalanan yang sedang kamu tawarkan, serta apa yang membuatnya berbeda dari produk serupa yang juga tersedia di pasaran.

6. Posisikan Diri Sebagai Seseorang yang Mengedukasi dan Mampu Memberi Saran

Happy young Asian couple and realtor agent. Cheerful young man signing some documents while sitting at desk together with his wife. Buying new house real estate. Signing good condition contract.

Agar dapat berhasil menawarkan produk asuransi, agen asuransi harus mampu melakukan pendekatan yang tepat. Pendekatan ini dapat dilakukan dengan membangun hubungan dekat dengan calon nasabah asuransi perjalanan, dan memposisikan diri sebagai seseorang yang memberikan edukasi dan pengetahuan mengenai asuransi.

Agen asuransi juga perlu memiliki kemampuan memberikan saran saat calon nasabah masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan, tetapi telah menunjukkan ketertarikan pada produk asuransi yang ditawarkan.

Menerapkan pendekatan yang pas akan menciptakan kenyamanan bagi calon nasabah, sehingga tidak terkesan bahwa kamu sedang melakukan penjualan produk asuransi.

7. Beri Informasi tentang Tata Cara Membeli Asuransi Perjalanan

Ketika calon nasabah potensial menanyakan tentang cara pembelian asuransi perjalanan, seorang agen asuransi perlu menyampaikan informasi secara komprehensif. Berikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami, sambil memberikan dukungan penuh kepada calon nasabah selama proses pembelian produk asuransi yang mereka pilih.

8. Terangkan Harga Premi dan Besaran Pertanggungannya

Sediakan ilustrasi atau gambaran pembayaran premi dengan menggunakan ilustrasi yang mudah dipahami. Hal ini akan membantu calon nasabah memahami informasi dengan lebih baik, dan dapat membantu mereka membuat keputusan untuk membeli produk asuransi perjalanan yang ditawarkan.

Pertanyaan yang dapat diajukan adalah mengenai estimasi biaya premi yang dapat dijangkau atau diinginkan oleh calon nasabah.

Contohnya, jika dalam penawaran terdapat beberapa pilihan rencana asuransi perjalanan dan calon nasabah memilih plan A dengan premi sejumlah tertentu, sampaikan dengan jelas besaran pertanggungan yang akan mereka dapatkan dengan memilih opsi tersebut.

9. Bandingkan Produk dengan Kompetitor 

Untuk meningkatkan peluang menarik calon nasabah, ada baiknya untuk mengumpulkan informasi terkait kelebihan dan kekurangan produk kompetitor. Dengan demikian, agen asuransi dapat lebih yakin dalam menonjolkan keunggulan produk yang ditawarkan yang mungkin tidak tersedia dalam produk kompetitor.

10. Bagikan Review dari Nasabah Lain

Cara closing asuransi perjalanan yang terakhir adalah bagikan review dari nasabah lain. Jika pernah berhasil menjual produk asuransi perjalanan sebelumnya, kamu mungkin memiliki daftar nasabah yang merasa puas dengan produk yang mereka pilih. Review nasabah tersebut bisa digunakan sebagai testimoni yang akan mendukung proses penjualan asuransi.

Itulah 10 cara closing asuransi perjalanan dari Igloo yang dapat menjadi panduan saat kamu menawarkan produk asuransi yang sedang dipasarkan. Semoga artikel ini bisa membantu dalam mencapai target penjualan, ya!

Seorang agen asuransi adalah profesional yang harus selalu bekerja tanpa menyerah. Jadi, pastikan kamu memiliki rasa percaya diri dan kegigihan sembari terus mengasah kemampuan komunikasi.

Dengan semakin banyaknya produk asuransi perjalanan yang terjual hingga mencapai closing, kira-kira berapa komisi agen asuransi perjalanan? Ketahui besarannya dengan menjadi Mitra Qoala Plus. Tentunya, agen asuransi perjalanan yang bergabung bersama Qoala Plus bisa mendapat pelatihan bagaimana cara closing asuransi perjalanan dengan tepat maupun training gratis lainnya, meraih komisi instan, hingga berbagai keuntungan lainnya.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu