obat alami kucing muntah busa putih

Obat Alami Kucing Muntah Busa Putih dan Cara Mengatasinya

Table of Contents

Jika kucing kamu mengalami muntah busa berwarna putih, ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius dan tidak boleh diabaikan. Muntah busa putih pada kucing adalah gejala yang bisa mengindikasikan beberapa masalah kesehatan yang berbeda. 

Beberapa faktor yang menyebabkan kucing peliharaan kamu mengalami muntah busa berwarna putih antara lain adalah masalah pencernaan, iritasi pada lambung, masalah alergi, penyakit infeksi, dan lainnya.

Jika kamu melihat kucing peliharaan kamu mengalami muntah busa berwarna putih, kali ini Igloo akan memberikan beberapa obat alami dan cara mencegah kucing muntah busa.

Penyebab Umum Kucing Muntah Busa Putih

Penyebab Umum Kucing Muntah Busa Putih

1. Menelan Hairball

Muntah busa pada kucing sering terjadi setelah menelan hairball (bulu yang terkumpul di lambung).  Sebenarnya, kondisi ini merupakan respons dari tubuh kucing untuk membersihkan lambung dari hairball yang mungkin mengganggu pencernaan.

Namun, jika kucing peliharaan kamu mengalami muntah hairball terlalu sering atau terdapat gejala tambahan seperti muntah busa, ini bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius.

2. Masalah Pencernaan

Muntah busa pada kucing juga bisa menjadi tanda adanya masalah pencernaan. Gangguan pencernaan seperti gastritis, penyakit inflamasi usus (IBD), atau intoleransi pada makanan tertentu dapat menyebabkan muntah busa.

3. Iritasi Lambung

Iritasi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk makanan yang tidak cocok, perubahan diet, tidak sengaja mengkonsumsi zat berbahaya, atau masalah pencernaan. Untuk mengatasinya, jangan beri kucing kamu makanan selama beberapa jam. Cara ini dapat membantu memberikan waktu istirahat pada lambungnya. 

4. Cacingan

Infeksi cacing pada kucing dapat menyebabkan iritasi lambung. Nantinya, kondisi ini dapat mengakibatkan muntah busa. Beberapa jenis cacing yang umum pada kucing meliputi cacing gelang (roundworms), cacing pita (tapeworms), dan cacing tambang (hookworms).

5. Keracunan

Keracunan bisa disebabkan oleh berbagai bahan, termasuk tanaman beracun, produk kimia rumah tangga, makanan atau zat yang tidak cocok untuk kucing, atau obat-obatan manusia yang terjangkau oleh kucing. Hal ini bisa membuat kucing muntah busa karena mengalami keracunan.

Baca Juga: 7 Hewan Peliharaan yang Murah dan Mudah Dirawat

Obat Alami Kucing Muntah Busa Putih

Obat Alami Kucing Muntah Busa Putih

1. Air Putih

Jika kucing peliharaan kamu muntah busa putih, ada baiknya untuk mempuasakan mereka selama kurang lebih 2-18 jam. Berpuasa akan menetralisir iritasi pada perutnya. Saat berpuasa, pastikan untuk memberikannya air putih segar agar mereka tidak mengalami dehidrasi.

2. Daging Rendah Lemak

Setelah berpuasa, kamu bisa memberinya daging rendah lemak dalam porsi yang kecil. Kamu bisa merebus atau mengukus daging terlebih dahulu agar perutnya secara perlahan dapat mengolah makanan dengan baik.

Baca Juga: Mencapai Miliaran Rupiah, Ini 7 Jenis Kucing Mahal di Dunia

Cara Mengatasi Kucing Muntah Busa Putih

Cara Mengatasi Kucing Muntah Busa Putih

Jangan Beri Makanan yang Menyebabkan Alergi

Menghindari pemberian makanan yang menyebabkan alergi pada kucing sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka. Alergi makanan adalah reaksi tubuh terhadap salah satu bahan dalam makanan kucing, salah satu gejalanya adalah muntah busa putih.

Grooming Secara Teratur

Hairball adalah gumpalan bulu yang terbentuk di dalam lambung kucing setelah mereka menjilat dan menelan bulu mereka sendiri saat merawat diri. Gumpalan ini merupakan salah satu penyebab mengapa kucing muntah secara tiba-tiba. Jadi, grooming secara teratur dapat membantu mencegah pembentukan hairball pada kucing. 

Konsultasi dengan Dokter Hewan

Konsultasi dengan dokter hewan adalah cara yang paling tepat jika kamu mencurigai bahwa kucing peliharaan mengalami masalah kesehatan, termasuk jika ada gejala yang mencurigakan seperti muntah busa.

Perhatikan Lingkungan

Pastikan lingkungan kucing peliharaan kamu aman dari benda-benda kecil atau zat berbahaya yang dapat tertelan. Pasalnya, kucing memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mereka dapat terpapar berbagai bahan beracun atau lingkungan yang tidak aman. 

Itulah informasi terkait obat alami kucing muntah busa putih yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kesehatan kucing, berkonsultasi dengan dokter hewan merupakan opsi terbaik. Dokter hewan akan memberikan saran tentang program pencegahan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan kucing peliharaan kamu.

Perawatan yang tepat dan perhatian medis akan membantu memulihkan kucing peliharaan kamu dengan lebih baik. Untuk memberikan perlindungan ekstra, pastikan untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo

Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada kucing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu