Simak, 5 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Berikut

cara menghilangkan kutu anjing
Table of Contents

Menjaga kebersihan anjing peliharaan secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu. Anjing yang bersih tentu akan jarang terkena infeksi dan penyakit kulit. Kebersihan yang baik dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, parasit, dan infeksi kulit lainnya.

Salah satu parasit yang sering mengganggu anjing adalah kutu. Jika dibiarkan, keberadaan mereka bisa memengaruhi kesehatan anjing. Mereka dapat menularkan kuman penyebab penyakit dengan memakan inang atau melalui kontaminasi tinja saat kotoran yang terinfeksi kutu mengenai luka terbuka.

Untuk mengatasinya, kali ini Igloo akan memberikan tips mengenai cara menghilangkan kutu anjing yang bisa kamu lakukan di rumah.

Penyebab Anjing Kutuan

Penyebab Anjing Kutuan

Jika anjing kamu terjangkit kutu, penting untuk segera mengobatinya, tetapi apa saja faktor penyebabnya? Infestasi kutu pada anjing dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Paparan Lingkungan: Anjing bisa mendapatkan kutu dari lingkungan sekitarnya, seperti rumput tinggi, taman, atau tempat-tempat di mana kutu biasanya hidup. Kutu dapat melompat pada tubuh anjing saat anjing melewati area-area ini.
  • Interaksi dengan Hewan Lain: Jika anjing memiliki kontak dekat dengan hewan lain yang sudah terinfeksi kutu, misalnya saat bermain dengan anjing lain yang terinfestasi, maka anjing tersebut berisiko tertular kutu.
  • Tidak Adanya Perlindungan Anti Kutu: Jika anjing tidak mendapatkan perlindungan rutin melawan kutu, seperti penggunaan obat anti kutu, mereka lebih rentan terhadap infestasi kutu.
  • Kurangnya Kebersihan: Anjing yang tidak menjaga kebersihan tubuh secara teratur dan tidak sering dimandikan, terutama jika mereka sering berada di lingkungan yang penuh dengan kutu, memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfestasi kutu. Sebagai pemilik, tentu kamu harus rutin membersihkannya.

Baca Juga: Biaya Vaksin Anjing Berdasarkan Usia dan Jenisnya

Jenis-Jenis Kutu yang Terdapat pada Anjing

Jenis-Jenis Kutu yang Terdapat pada Anjing

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kutu anjing, berikut adalah beberapa jenis kutu yang sering menginfeksi anjing:

1. Kutu (flea)

  • Berukuran kecil
  • Berbentuk seperti bulan sabit
  • Menyedot darah anjing kemudian pergi
  • Merupakan inang perantara cacing pita
  • Terdapat pada lingkungan sekitar rumah seperti tempat tidur anjing, sofa, kandang

2. Caplak (ticks)

  • Serangga berkaki delapan
  • Terdapat pada rumput yang tinggi atau semak-semak
  • Membenamkan kepala pada kulit anjing untuk mendapatkan makanan
  • Tinggal pada permukaan kulit anjing dan berkembang biak
  • Dapat menyebabkan penyakit Lyme
  • Gejala: nafsu makan turun, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri sendi, kelumpuhan otot akibat gigitan caplak

3. Tungau (mites)

  • Pada anjing terdapat dua jenis tungau yang dapat menyerang yaitu: Demodex dan Sarcoptes.
  • Berukuran sangat kecil dan kasat mata, hanya dapat dilihat dengan mikroskop atau kaca pembesar.
  • Demodex normal terdapat pada tubuh anjing. Namun, akan bertambah banyak apabila kekebalan tubuh anjing menurun. Gejalanya kulit botak, kemerahan, dan berkerak. Demodex tidak menimbulkan gatal yang parah namun dapat menimbulkan stres pada anjing. Demodex tidak menular pada manusia.
  • Sarcoptes menyebabkan kulit memiliki kurap berwarna putih, kebotakan, dan menimbulkan rasa sangat gatal. Sarcoptes dapat menular pada manusia.

Baca Juga: 11 Cara Mengobati Kucing Sakit yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kutu pada anjing:

1. Mandikan Anjing

Cara pertama adalah mandikan anjing peliharaan kamu dengan menggunakan shampo khusus anti kutu. Sampo ini mengandung bahan aktif yang membantu membunuh dan menghilangkan kutu pada tubuh anjing.

Beberapa anjing mungkin memiliki alergi terhadap kandungan yang terdapat pada sampo khusus anti kutu. Jadi, ada baiknya untuk untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

2. Gunakan Obat Anti Kutu

Selanjutnya adalah menggunakan obat anti kutu. Obat kutu banyak jenisnya, mulai dari pil yang diberikan melalui mulut, shampo, bedak, hingga obat tetes kutu yang diteteskan di antara tulang belikat dan punggung. Pastikan untuk ikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh dokter hewan secara teliti.

3. Sisir dengan Sisir Kutu

Setelah mandi dan penggunaan obat anti kutu, gunakan sisir khusus kutu untuk menyisir bulu anjing secara menyeluruh. Sisir ini membantu mengangkat kutu yang masih bertahan pada bulu anjing.

Berbeda dengan sisir pada umumnya, sisir kutu memiliki gigi-gigi rapat dan halus untuk menjebak dan menangkap kutu. Sisir kutu juga membantu mengurangi kotoran kutu dan telur kutu.

4. Cuci Perlengkapan Anjing

Cucilah semua perlengkapan anjing yang mungkin terinfestasi kutu, seperti tempat tidur anjing, selimut, dan mainan. Gunakan air panas dan deterjen untuk membunuh kutu yang ada pada perlengkapan tersebut.

5. Membersihkan Lingkungan

Tidak hanya perlengkapan anjing, ada baiknya untuk vakum seluruh rumah kamu, khususnya area-area yang sering dikunjungi oleh anjing. Cuci semua alas kaki dan karpet dengan air panas untuk membunuh kutu yang ada.

Itu dia 5 cara menghilangkan kutu anjing yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika masih ragu, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter hewan mengenai langkah-langkah yang tepat untuk menghilangkan kutu pada anjing. 

Jika kamu ingin merasa lebih tenang memelihara anjing, memiliki pet insurance atau asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo adalah jawaban yang tepat. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu