5 Rekomendasi Ekspedisi yang Menyediakan Jasa Pengiriman Hewan

jasa pengiriman hewan
Table of Contents

Seperti yang kita ketahui, jasa ekspedisi atau pengiriman dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis barang, mulai dari dokumen penting, paket kecil, barang dagangan, hingga kargo berukuran besar. Namun, apakah mereka menyediakan jasa pengiriman hewan?

Jawabannya adalah bisa, tetapi bisa atau tidaknya tergantung dari pihak ekspedisi. Hal ini dikarenakan tidak semua perusahaan ekspedisi tidak menyediakan layanan pengiriman hewan.

Perusahaan ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman hewan dapat mengirimkan hewan, seperti kucing atau anjing, baik secara domestik maupun internasional. Tentunya dengan cara yang profesional dengan keamanan yang terjamin dan tidak akan membuat hewan stres. 

Berikut ini, Igloo akan mendaftar 5 rekomendasi jasa pengiriman hewan di Indonesia.

Syarat Mengirim Hewan Menggunakan Ekspedisi

Sebelum mengirimnya, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang biasanya diminta oleh pihak ekspedisi. Persyaratan tersebut mencakup pemeriksaan kesehatan terhadap hewan tersebut dan mengamati pola perilaku mereka.

1. Persyaratan Umum

Biasanya, persyaratan secara umum yang akan diminta oleh pihak ekspedisi adalah sebagai berikut:

  • Identitas pemilik hewan dan hewan
  • Menyediakan tempat atau kandang hewan yang aman dan nyaman
  • Menyetujui semua ketentuan yang diberlakukan oleh jasa pengiriman hewan
  •  Dokumen-dokumen terkait hewan 

2. Persyaratan Tambahan

Untuk persyaratan tambahan, kamu mungkin akan dimintai informasi terkait makanan atau obat apa saja yang wajib dikonsumsi oleh hewan selama masa pengiriman kepada petugas.

Baca Juga: Kenapa Kucing Takut dengan Timun? Simak Penjelasannya di Sini

Daftar Ekspedisi yang Menyediakan Jasa Pengiriman Hewan 

1. JNE

JNE

JNE adalah salah satu perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia. JNE menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen dengan cakupan pengiriman yang meliputi seluruh wilayah Indonesia.

Namun, apakah kamu tahu kalau mereka menawarkan telah menyediakan jasa pengiriman hewan? Sekarang, kamu bisa menggunakan JNE untuk mengirim hewan seperti kucing, ikan, reptil, burung, dan lainnya. Namun, tentu ada syarat yang harus kamu penuhi.

Beberapa persyaratannya antara lain adalah dokumen karantina dari Balai Karantina Hewan untuk hewan serta makanan dan minuman ke dalam kandang hewan yang dikirimkan.

2. TIKI

TIKI

Selain JNE, perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia lainnya adalah TIKI. Dibandingkan JNE, TIKI hanya menyediakan layanan pengiriman hewan berjenis ikan hias dan reptil saja.

Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah surat karantina dari beberapa instansi terkait jika kamu ingin melakukan pengiriman menggunakan jalur udara. Untuk jalur darat di area Jabodetabek dan pulau Jawa, TIKI tidak membebankan biaya surcharges, serta dari pihak pengirim pun tidak perlu untuk menyertakan surat karantina.

3. Caesar Jac’O Pet Delivery 

Caesar Jac’O Pet Delivery 

Caesar Jac’O Pet Delivery adalah perusahaan ekspedisi yang terletak di Jakarta. Sesuai namanya, perusahaan ekspedisi ini memang dikhususkan untuk mengirim hewan seperti anjing, kucing, burung, ayam, reptil, dan hewan lainnya. Selain menyediakan jasa pengiriman hewan, mereka juga menyediakan layanan yang berkaitan dengan hewan seperti grooming, pacak, perawatan, dan pelatihan. 

Perusahaan ekspedisi pengiriman hewan ini juga bisa menangani seluruh proses untuk mengirim hewan antar kota, mengurus proses administrasi, serta membuat dokumen persyaratan sampai hewan peliharaan berada di lokasi pelanggan.

Baca Juga: 5 Jenis Anjing Polisi yang Banyak Digunakan untuk Membantu

4. KI8 Express 

KI8 Express 

Selanjutnya adalah KI8 Express yang menggunakan kereta api transportasi untuk mengirimkan hewan. Kamu tentu harus datang ke stasiun untuk melakukan proses pengiriman. Tidak hanya kereta, KI8 Express juga memiliki mobil khusus untuk pengiriman hewan. 

Waktu pengiriman jasa ekspedisi di KI8 express berdurasi sekitar 1-2 hari saja. Namun, layanan yang ditawarkan masih terbatas, kamu harus menyediakan kandang atau kotak pengiriman sendiri, beserta dengan makanan dan minuman untuk mempermudah perjalanan hewan yang dikirim. 

5. Jakiwan 

Jakiwan 

Terakhir adalah Jakiwan (Jasa Kirim Hewan), perusahaan ekspedisi ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena mereka bisa menangani pengiriman berbagai hewan dengan banyak cara, termasuk dengan penjemputan di lokasi, serta impor dan ekspor dari atau ke luar negeri. Untuk jenis hewan yang bisa diangkut oleh Jakiwan meliputi mamalia, ikan, reptil, unggas dan jenis hewan lainnya

Itu dia 5 rekomendasi ekspedisi yang menyediakan jasa pengiriman hewan dari Igloo. Daftar ekspedisi yang sudah disebutkan diatas memiliki petugas yang terlatih untuk mengurus dan memastikan kesejahteraan hewan selama proses pengiriman.

Jika kamu ingin merasa lebih tenang, memiliki pet insurance atau asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo adalah jawaban yang tepat. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada hewan peliharaan kesayanganmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu