5 Rincian Biaya Perawatan Kucing yang Wajib Kamu Siapkan

biaya perawatan kucing
Table of Contents

Sudah sepatutnya, jika kamu memilih untuk memelihara kucing, maka kamu wajib menyiapkan biaya perawatan kucing. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari makanan, vitamin, kesehatan, dan lain sebagainya. 

Sebagai pemilik kucing, pastikan terlebih dahulu kamu memperhitungkan biaya perawatan kucing  dengan baik agar tidak mengganggu kondisi keuanganmu. 

Karena itu, kali ini Igloo akan menjelaskan kisaran biaya perawatan kucing yang perlu kamu persiapkan, simak informasinya berikut ini. 

Rincian Biaya Perawatan Kucing

Rincian Biaya Perawatan Kucing

1. Biaya Makanan Kucing 

Sama seperti manusia, kucing juga perlu asupan makanan setiap harinya. Makanan kucing tentu berbeda-beda, harus disesuaikan dengan usianya. Kucing yang masih kecil biasanya akan diberi makanan dengan tekstur yang lunak agar mudah dicerna. Sedangkan untuk kucing dewasa, makanan dengan tekstur keras tentu lebih tepat.

Misalnya saja kamu memiliki kucing dewasa, maka dibutuhkan 2 kg makanan kering per bulannya. Di mana harga 1 kg makanan kucing adalah sekitar Rp60.000 untuk 2 minggu. Berdasarkan hal tersebut, maka kebutuhanmu untuk membeli makanan kucing kesayangan kamu setiap bulannya adalah sebesar Rp120.000 untuk satu ekor kucing.

Jika kamu memiliki kucing lebih dari satu, tinggal disesuaikan saja dengan jumlah kucing yang ada. 

2. Biaya Kebersihan Kotak Pasir dan Kandang Kucing

Biaya Kebersihan Kotak Pasir dan Kandang Kucing

Kucing juga membutuhkan perawatan agar kesehatannya terjaga dan tidak mudah terkena penyakit. Karena hal tersebut, kamu perlu mempersiapkan kandang dan kotak pasir sebagai tempat tinggal dan tempat mereka membuang kotoran. 

Dengan adanya kandang dan kotak pasir, maka kamu tidak perlu sering-sering memandikan kucing jika bulu mereka tidak terlalu kotor. 

Untuk kotak pasir, pilihlah jenis pasir yang tidak mudah menggumpal atau menempel pada kaki dan bulu kucingmu. 

Kandang kucing dibanderol dengan kisaran harga Rp100.000, sedangkan harga kotak pasir sekitar Rp50.000. Selain dua hal itu, jika kamu ingin memandikan dan melakukan perawatan sendiri di rumah, maka siapkan sisir dan shampo kucing.

Produk kebersihan tersebut bisa kamu dapatkan di petshop atau toko online dengan kisaran harga Rp50.000 sampai Rp200.000. Namun, jika kamu memilih grooming di salon, setidaknya akan merogoh kocek sebesar Rp50.000 sampai Rp100.000 untuk satu ekor kucing. 

Hal penting yang perlu kamu tahu, jika dibandingkan dengan kucing biasa, perawatan kucing non lokal akan membutuhkan biaya yang terbilang lebih besar. Hal itu dikarenakan bulu kucing non lokal lebih lebat dan mudah kusut serta membutuhkan perawatan yang lebih rumit. 

Baca Juga: Apakah Kucing Boleh Makan Keju? Simak Penjelasannya Berikut

4. Biaya Kesehatan Kucing

Kamu juga perlu menyiapkan biaya kesehatan kucing, karena kucing perlu diperiksa kesehatannya secara berkala di klinik hewan. Biaya perawatan kucing di klinik terbilang cukup mahal, namun akan sepadan dengan hasil yang diberikan. 

Misalnya untuk biaya sterilisasi kucing adalah berkisaran Rp500.000, tapi di beberapa tempat sterilisasi bisa saja mematok harga yang berbeda tergantung dimana kamu melakukan sterilisasi. Selain biaya sterilisasi kucing, berikut ini daftar kisaran tarif pemeriksaan kesehatan kucing di dokter hewan.

  • Konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter hewan, Rp120.000.
  • Vaksinasi kucing sekitar Rp80.000 sampai Rp200.000.
  • Suntik rabies Rp100.000.
  • Grooming kucing (prosedur untuk merawat tubuh kucing) Rp60.000 sampai Rp100.000.

4. Asuransi Hewan Peliharaan (Pet Insurance)

Kesehatan kucing memang menjadi hal paling utama ketika kamu memilih untuk memelihara kucing. Karena hal tersebut, tak hanya asuransi kesehatan manusia, ada juga asuransi pet insurance atau asuransi untuk hewan kesayangan terbaik yang bisa kamu gunakan.

Gaya hidup kucing juga menjadi faktor penting dalam memilih asuransi hewan peliharaan. Karena kucing yang berada di luar ruangan lebih rentan mendapat bahaya akibat kecelakaan karena tertabrak kendaraan, mendapat serangan dari hewan lain dan masih banyak bahaya lainnya.

5. Biaya Mainan dan Aksesoris Untuk Kucing 

Kucing akan senang jika kamu berikan mainan seperti boneka kelinci atau tikus mainan. Dengan adanya mainan ini, maka kucing akan lebih aktif dan tidak mudah stres. Saat ini banyak sekali toko mainan kucing yang sudah menjual produk mereka secara online dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. 

Dengan adanya kelebihan tersebut, kamu bisa mendapatkan mainan kucing dengan kualitas baik dan harga yang relatif lebih murah ketimbang toko offline. Untuk mainan kucing dan aksesoris kucing ini, setidaknya kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp50.000 untuk mainan dan aksesoris kucing.

Baca Juga: 5 Rincian Biaya Perawatan Anjing yang Perlu Dipersiapkan

Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Kucing 

Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Kucing 

Sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan kucing ini,  ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, dan berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

  1. Jenis kucing yang akan kamu pelihara nantinya.
  2. Peternakan yang memiliki  kucing dengan kualitas gen terbaik
  3. Jadwal rutin menyikat dan mengikat bulu kucing 
  4. Ruangan untuk tempat tinggal kucing
  5. Kisaran keseluruhan biaya untuk merawat kucing

Itulah informasi seputar biaya perawatan kucing yang kamu harus tahu dan persiapkan. Selain biaya perawatan kucing yang perlu kamu persiapkan, jangan lupa untuk menggunakan asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo untuk melindungi hewan kesayangan kamu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain asuransi hewan peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Semoga informasi dari Igloo kali ini dapat memberikan referensi untuk kamu yang ingin memelihara kucing.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu