Jenis Ras Anjing Kaki Pendek yang Manfaat Bagi Manusia, Menurunkan Risiko Jantung

anjing kaki pendek
Table of Contents

Apa manfaat hewan bagi manusia? Hewan mempunyai manfaat masing-masing tergantung jenis hewan yang dipelihara. Khusus anjing, mereka merupakan hewan yang menggemaskan, ada yang mempunyai kaki panjang dan ada pula ras yang kakinya pendek. Dua-duanya ras yang sangat setia kepada pemiliknya. Makanya banyak dari pecinta anjing yang melatihnya sebagai penjaga pemiliknya. 

Bahkan baru-baru ini saja, anjing berkaki pendek menjadi incaran para pecinta anjing. Alasannya karena anjing ini unik dan sangat menyenangkan untuk jadi hewan peliharaan. Meskipun untuk biaya pemeliharaannya, anjing terbukti lebih menghabiskan daripada kucing.

Akan tetapi jika kamu sudah jatuh cinta terhadap anjing, maka tidak ada salahnya untuk memeliharanya meskipun kamu harus merogoh kocek lebih banyak. Pada artikel ini, Igloo akan membahas rekomendasi anjing kaki pendek yang bisa kamu pelihara.

Selain Setia, Ini Dia Manfaat Anjing bagi Pemiliknya

Jika disebutkan apa manfaat hewan bagi manusia, terutama anjing. Selain setia kepada pemiliknya, anjing juga mempunyai manfaat lain bagi manusia loh, diantaranya:

  • Anjing akan membuat kamu ikut aktif melakukan aktivitas fisik sehingga efektif membantu menurunkan berat badan.
  • Bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung karena kamu sering diajak aktivitas fisik.
  • Anjing bisa membantu meredakan stres.
  • Bisa mendeteksi kebohongan pada banyak kasus

Nah dari berbagai manfaat ini tentu kamu akan tertarik memelihara anjing. Igloo bisa memberikan kamu beberapa rekomendasi anjing berkaki pendek yang cocok untuk jadi peliharaan.

Ada 5 Ras Anjing Kaki Pendek yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

Ras anjing kaki pendek memang sangat menggemaskan, apalagi ketika mereka jalan dengan pakaian anjing mereka. Kamu tertarik untuk memelihara ras ini? Coba pilih salah satu rekomendasi berikut ini:

  • Welsh Pembroke Corgi

Corgi merupakan ras anjing kaki pendek yang terkenal di dunia. Anjing ini mempunyai tubuh yang panjang, hanya saja kakinya pendek dan itu membuatnya terlihat sangat menggemaskan. Corgi mempunyai sifat yang ceria, ramah dan setia. Mereka juga dijuluki sebagai anjing penggembala yang cekatan dan cukup pintar walaupun kecil serta bisa loh mengawasi kamu.

  • Dachshund

Nama lain anjing ini adalah anjing sosis, karena mempunyai fisik yang panjang tapi pendek. Menjadi anjing ikonik kaki pendek, Dachshund ialah anjing yang pada mulanya berkembang sebagai hewan berburu, dengan target kelinci dan tikus. Sehingga wajar jika ras ini mempunyai naluri berburu yang cukup buat.

Anjing sosis ini juga terkenal cekatan, ramah, ceria dan bisa menyayangi pemiliknya. Jadi kamu jangan khawatir anjing kecil ini juga bisa menjaga kamu.

  • Basset Hound

Basset Hound merupakan salah satu ras anjing kaki kecil yang mempunyai telinga panjang. Tubuh mereka juga berat, tetapi kakinya yang pendek tersebut sangat kuat. Mereka juga mempunyai naluri berburu hewan-hewan kecil seperti kelinci, tikus dan rubah.

Basset Hound mempunyai indera penciuman yang cukup kuat sehingga kadangkala mereka digunakan sebagai anjing pelacak. Namun dibalik itu semua, ia tetaplah anjing yang penyayang, santai dan ramah kepada orang lain.

  • Cardigan Welsh Corgi

Corgi jenis ini merupakan saudara dari Welsh Pembroke Corgi, namun ia mempunyai sifat yang berbeda. Cardigan Welsh Corgi mempunyai tubuh yang panjang tetapi kaki yang pendek, dibandingkan dengan Pembroke Corgi, anjing satu ini lebih kecil dan ramping.

Secara sifat, anjing ini sangat cerdas, aktif dan setia. Mereka suka sekali berada di luar rumah, terutama jika kamu ajak jalan-jalan. 

  • French Bulldog

Bulldog juga anjing yang sangat popular di dunia. Tampangnya yang garang, kepala besar, tubuh besar dan kaki pendek membuatnya sangat lucu dan terkesan unik.

Meskipun terlihat garang dan tangguh, French Bulldog merupakan anjing yang penyayang, ramah dan lebih lembut. Anjing ini sangat suka perhatian dan bisa menjadi sahabat yang setia bagi pemiliknya.

Cara Merawat Anjing Kaki Pendek di Rumah

Dari apa manfaat hewan bagi manusia yang sudah kita bahas diatas. Kamu juga perlu tau bagaimana merawat anjing agar sehat dan umurnya panjang. Termasuk dalam merawat anjing kaki pendek ini. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika hewan ini jadi peliharaanmu, diantaranya:

  • Lindungi bagian punggung anjing

Anjing kaki pendek mempunyai risiko tulang belakangnya pecah dan menonjol keluar. Oleh karena itu pastikan punggung mereka terlindungi ketika bermain atau berlari-lari di rumah.

Kemudian pahami pula gejala-gejala yang menunjukkan punggung mereka bermasalah. Diantaranya kebiasaan mereka berubah, tidak lagi berlari ataupun melompat. Mereka juga sulit berdiri, terlihat kesakitan, punggung mereka terlihat membungkuk dan nafsu makan mereka juga mengalami penurunan.

  • Pastikan mereka mempunyai berat tubuh yang sehat

Untuk mempunyai berat tubuh yang sehat, pastikan anjing kaki pendek makan secara tepat dan sering melakukan kegiatan olahraga. Jika kamu kebingungan menentukan berat ideal mereka, kamu bisa membawa anjingmu ke vet dan konsultasikan berat badan mereka.

Kamu juga harus menjadwalkan kapan mereka bisa jalan-jalan dan bermain setiap harinya. Jangan memberikan cemilan yang berlebihan agar anjing tidak kelebihan berat badan.

  • Belajarlah menggendong anjing kaki pendek

Cara menggendong yang tepat bisa melindungi punggung anjing agar tidak pecah. Saat menggendong, sokong pantantnya menggunakan satu tangan. Kemudian letakkan satu tangan lainnya di bawah perut guna menyokong punggungnya. Hindari menggendong menggunakan satu tangan atau memegang mereka di bagian kaki atau kepala saja, karena bisa membahayakan kesehatan mereka.

  • Jadwalkan latihan mereka

Anjing kaki pendek yang cerdas perlu mendapatkan latihan, karena jika dibiarkan ia akan menjadi anjing yang manipulatif. Maka dari itu, penting untuk mengajak mereka jogging lambat atau berjalan jauh guna memelihara fisik dan mental mereka.

  • Lakukan diet jika beratnya berlebih dan perhatikan nutrisinya

Apabila anjing kaki pendek kelebihan berat badan maka beban di punggung mereka akan bertambah dan bisa memicu pecahnya tulang belakang mereka. Oleh karena perhatikan setiap asupan kalori dan protein mereka. Jangan memberikan makanan yang instan dan ajaklah mereka olahraga secara rutin.

  • Rutinkan kegiatan grooming

Grooming sangatlah penting bagi hewan berbulu. Kamu bisa melakukan grooming secara mandiri di rumah. Kegiatan yang perlu kamu lakukan diantaranya memandikan mereka seminggu satu hingga dua kali. Kemudian potong kuku mereka, pakaikan sampoo khusus anjing dan sebagainya. Pastikan bulu mereka kering sebelum nanti menyisirnya. 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Jenis Anjing Bulu Lebat untuk Dipelihara

Selain itu bersihkan gigi dan telinga mereka, hal ini akan mencegah terjadinya infeksi pada anjing. Jika infeksi terjadi maka biaya perawatannya akan membengkak, tapi tidak akan menjadi masalah bila kamu punya asuransi hewan peliharaan.

Untuk menjamin biaya perawatan anjing berkaki pendek sangat tepat jika kamu menggunakan asuransi hewan peliharaan dari Igloo. Adapun jenis polis asuransi hewan peliharaan anjing yang bisa kamu dapatkan dari Igloo yaitu asuransi hewan peliharaan dari Sinar Mas. Karena Sinar Mas Pet Insurance mempunyai jaminan kematian karena kecelakaan, kerugian yang dialami pihak ketiga, jaminan kremasi, jaminan rawat inap dan pencurian.

Itulah informasi tentang anjing kaki pendek dan asuransinya yang bisa kamu dapatkan di Igloo. Di Igloo pembelian Asuransi Hewan Peliharaan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

1.      Kunjungilah “Asuransi Hewan Peliharaan”.

2.   Tentukan polis asuransi hewan yang kamu butuhkan. Di Igloo telah menyediakan asuransi untuk anjing ataupun kucing kesayangan kalian meskipun tidak punya sertifikat (Stambum/ICA).

3.   Pilihlah “Cari di Sini” untuk menentukan hewan peliharaan yang akan kamu belikan asuransinya.

4.   Isikan detail informasi hewan peliharaan.

5.   Selesaikan tahap pembayaran dan dapatkan polis asuransinya. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan klaim terhadap pertanggungan yang mereka berikan.

Di Igloo selain Asuransi Hewan Peliharaan, kamu juga bisa menemukan berbagai produk asuransi lain yang kamu butuhkan. Diantaranya Asuransi Kesehatan, Asuransi Sepeda Motor, Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. Jangan sampai rancangan finansialmu terganggu hanya karena pembengkakan biaya perawatan anjing.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu