7 Rekomendasi Jenis Anjing Bulu Lebat untuk Dipelihara

jenis anjing bulu lebat
Table of Contents

Ada berbagai macam jenis anjing yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Salah satunya adalah jenis anjing yang memiliki bulu lebat. Jenis anjing ini memang terlihat lucu dan menimbulkan keinginan untuk memeluk mereka.

Anjing dengan bulu tebal seringkali menarik perhatian karena tampilannya yang menawan dan indah. Mereka sering dianggap sebagai anjing yang cantik atau menarik secara visual. Oleh karena itulah mereka sering dijadikan hewan peliharaan untuk menjadi teman setia pemiliknya.

Apakah kamu ingin mengadopsi jenis anjing ini? Berikut ini Igloo akan memberikan 7 rekomendasi jenis anjing bulu lebat yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

Rekomendasi Jenis Anjing Bulu Lebat untuk Dipelihara

1. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff adalah salah satu ras anjing yang berasal dari wilayah pegunungan di Tibet, Cina. Mereka memiliki tubuh yang besar, dan berbulu tebal. Biasanya mereka digunakan sebagai anjing penjaga atau penggembala di wilayah tersebut.

Tibetan Mastiff memiliki mantel bulu tebal yang dapat melindungi mereka dari cuaca ekstrem di pegunungan Tibet. Bulu mereka cenderung lebih lebat di bagian leher dan bahu. Karakteristik unik inilah yang membuatnya menjadi salah satu anjing termahal di dunia.

2. Pyrenees Mountain

Pyrenees Mountain

Pyrenees Mountain, juga dikenal sebagai Pyrenean Mountain Dog atau Great Pyrenees, adalah salah satu jenis anjing bulu lebat yang berasal dari wilayah pegunungan Pyrenees yang terletak di perbatasan antara Prancis dan Spanyol. 

Warna bulu mereka seringkali berwarna putih dengan beberapa corak abu-abu, cokelat, atau kuning di bagian kepala dan telinga. Mereka memiliki sifat yang tenang dan mandiri. Namun, mereka memerlukan sosialisasi agar mereka tidak salah menduga bahwa keluarga atau teman kamu sebagai seorang penyusup.

3. Leonberger

Leonberger

Anjing Leonberger adalah jenis anjing bulu lebat yang berasal dari Leonberg, Jerman. Konon, mereka dikembangkan pada abad ke-19 oleh seorang peternak bernama Heinrich Essig, yang menginginkan anjing dengan penampilan mirip singa. 

Awalnya mereka digunakan sebagai anjing penjaga dan penarik kereta, tetapi seiring berjalannya waktu, mereka telah menjadi anjing peliharaan. Warna bulu Leonberger seringkali berupa kombinasi dari warna cokelat, hitam, dan emas dengan corak yang khas. 

Baca Juga: Biaya Vaksin Anjing Berdasarkan Usia dan Jenisnya

4. Bearded Collie

 Bearded Collie

Sesuai namanya, Bearded Collie memiliki janggut yang tumbuh di bawah dagu mereka. Bearded Collie atau biasa disebut anjing Collie berasal dari Skotlandia dan digunakan sebagai anjing penggembala ternak untuk menggiring domba. 

Mantel bulu Bearded Collie bertekstur tebal, halus, dan lembut. Warna bulu mereka bervariasi termasuk putih, hitam, cokelat, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Mereka juga dapat dikategorikan sebagai anjing yang sangat aktif dan suka bermain.

5. Lhasa Apso

Lhasa Apso

Selain Tibetan Mastiff, jenis anjing bulu lebat yang berasal dari Tibet adalah lhasa apso. Konon, Lhasa Apso awalnya dipelihara di kuil-kuil dan biara sebagai anjing penjaga dan peliharaan bagi para biksu.

Berbeda dari Tibetan Mastiff yang memiliki tubuh yang besar, lhasa apso memiliki tubuh yang kecil dan padat. Mantel bulu Lhasa Apso memiliki bulu panjang, tebal, dan bertekstur kasar, dengan lapisan bawah yang lembut. 

Mereka hadir dalam berbagai warna seperti putih, hitam, emas, abu-abu, krem, atau kombinasi dari beberapa warna tersebut. Bulu mereka sering kali tumbuh dengan panjang hingga menyentuh tanah.

6. Malta

Anjing Maltese atau yang sering disebut Malta adalah salah satu jenis anjing kecil yang populer sebagai peliharaan. Ras ini berasal dari pulau Malta di Mediterania dan telah ada selama berabad-abad dan sering kali dianggap sebagai hewan peliharaan kerajaan atau bangsawan.

Ciri fisik utama dari anjing Maltese adalah tubuhnya yang kecil dan kompak. Mereka memiliki bulu yang panjang dan lembut yang melambai-lambai seperti mengenakan gaun di sekitar tubuh mereka. 

Warna bulu Maltese adalah putih, mereka tidak memiliki lapisan bawah seperti beberapa ras anjing lainnya. Bulu mereka cenderung tumbuh sangat panjang dan memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga kebersihan dan keindahannya.

Baca Juga: 5 Rincian Biaya Perawatan Anjing yang Perlu Dipersiapkan

7. Bernese Mountain Dog

Bernese Mountain Dog

Anjing Bernese Mountain Dog, juga dikenal sebagai Berner Sennenhund atau Bernese Cattle Dog, adalah salah satu jenis anjing bulu lebat yang berasal dari wilayah Pegunungan Alpen di Swiss. 

Mereka memiliki tubuh yang berotot dan berbingkai kuat, kepala yang lebar dengan rahang yang kuat, dan telinga segitiga yang menggantung. Bulu mereka biasanya berwarna hitam dengan tanda-tanda putih di dada, kaki, dan wajah, serta tanda-tanda cokelat di atas mata dan kaki.

Itulah 7 rekomendasi jenis anjing bulu lebat yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Apakah ada salah satu jenis anjing yang sudah disebutkan di atas yang menarik perhatian kamu?

Perlu dicatat bahwa anjing dengan bulu yang lebat memerlukan perawatan bulu yang rutin. Kamu harus rajin menyisir bulu mereka beberapa hari sekali untuk menghindari kusut dan dan menjaga penampilannya.

Jika kamu memutuskan untuk mengadopsi jenis anjing yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk memiliki asuransi hewan peliharaan terbaik dari Igloo. Dengan adanya asuransi tersebut, berbagai macam keuntungan bisa kamu dapatkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan pada anjing kesayanganmu.

Untuk melakukan pembelian asuransi hewan peliharaan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Hewan Peliharaan” di igloo.co.id/id/asuransi-hewan
  2. Pilih jenis asuransi hewan peliharaan yang diinginkan. Igloo menyediakan asuransi untuk kucing dan asuransi anjing, dengan atau tanpa sertifikat (Stambum/ICA)
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis hewan peliharaan yang diinginkan
  4. Masukan informasi hewan peliharaan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, paylater maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk mengajukan klaim, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirimkan detail dan dokumen klaim kamu melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  2. Permohonan klaim harus dibuat secara tertulis dengan dokumen yang lengkap dalam jangka waktu kurang dari 3 x 24 jam sejak kejadian
  3. Pembayaran klaim akan dikirimkan kepada kamu dalam waktu 14 hari kerja sejak permohonan klaim diterima

Selain Asuransi Hewan Peliharaan, dapatkan juga berbagai produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga, asuransi kendaraan mulai dari Asuransi Mobil hingga Asuransi Sepeda Motor, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi serunya petualangan kamu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu