Apakah Motor Keyless Bisa Dicuri? Begini Cara Mencegahnya!

apakah motor keyless bisa dicuri
Table of Contents

Sampai sekarang kasus pembobolan motor masih menjadi momok bagi masyarakat. Bukan hanya karena pemilik lalai dalam mengamankan motornya. Tetapi para pembobol turut mengikuti perkembangan dan sudah semakin canggih untuk menemukan trik baru. Bahkan motor dengan kunci keyless sekalipun.

Banyak yang beranggapan bahwa motor dengan sistem keyless memiliki keamanan yang tinggi dan anti maling. Hal itu karena tidak perlu menancapkan kunci motor saat menghidupkan motor. Pemilik hanya perlu memutar knop agar kontak terbuka dan motor bisa dinyalakan.

Di era sekarang perkembangan industri sepeda motor semakin canggih. Fitur keyless kini menjadi tren yang digunakan di berbagai produk terbaru. Salah satu tujuan penggunaan fitur keyless ini adalah agar motor menjadi lebih praktis saat digunakan. Sebab sistem keyless memungkinkan motor bisa dihidupkan dari jarak tertentu.

Alih – alih aman dari upaya pembobolan, kini justru banyak ditemukan kasus pencurian motor keyless yang semakin mengkhawatirkan. Seolah para pencuri sudah memahami celah dari fitur keyless pada produk motor terbaru yang nilainya terbilang mahal.

Tentu ini membuat banyak pihak merasa penasaran apakah motor keyless masih bisa dicuri?. Berikut penjelasan mengenai risiko pembobolan atau pencurian pada motor dengan sistem keyless.

Apakah Motor Keyless Bisa Dicuri?

tips mencegah pencurian motor keyless
Sumber Foto: Getty Images via Unsplash

Jika muncul pertanyaan apakah sistem keyless bisa dibobol?. Jawabannya adalah bisa. Mayoritas pemilik bengkel mengatakan bahwa motor dengan remote keyless masih sangat berpotensi menjadi korban pembobolan. Namun dengan cara – cara yang lebih canggih dari proses pembobolan motor kunci biasa.

Tindakan pembobolan yang paling sering dilakukan datang dari motif pinjam motor. Si peminjam sengaja meminjam motor untuk melihat kode pada remote. Kode remote ini nantinya bisa digunakan untuk menggandakan kunci. Oleh sebab itu sebaiknya pemilik motor tidak meminjamkan motor ke sembarang orang. Lebih berhati – hati juga saat orang lain yang meminjamnya.

Selain itu, di beberapa negara ada juga yang membobol dengan cara hacking menggunakan sistem komputasi yang memanfaatkan sinyal radio. Dengan menggunakan sistem khusus pada komputer, pembobol bisa menghidupkan motor meski tanpa ada keyless di areanya. Beruntungnya di Indonesia belum ditemukan kasus yang demikian.

Meskipun motor sudah tidak perlu kunci untuk menghidupkannya, namun pemilik tetap perlu berhati – hati. Pasalnya para pencuri juga semakin berinovasi dalam melancarkan pencuriannya. Termasuk juga di Indonesia yang kini produk motor keyless semakin banyak diproduksi.

Beberapa kasus pembobolan pada motor keyless juga bisa terjadi dengan cara bypass ECU. Ini biasa dilakukan menggunakan semacam instalasi elektrikal yang ditujukan untuk mengakses kunci motor. Meski sudah berhasil dibobol, biasanya motor keyless tidak bisa dihidupkan. Di sisi lain sistem kelistrikan yang ada pada motor tetap hidup mulai lampu, klakson, lampu sein, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tetap fokus motoran, ini cara atasi tantangan keselamatannya

Dalam kondisi seperti ini biasanya pembobol akan mendorong motor dan segera menemukan tempat untuk mengamankan motor. Adapun aksi pembobolan motor keyless sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan hanya butuh dua puluh detik saja mereka bisa menggondol motor.

Oleh sebab itu meskipun motor sudah menggunakan sistem keyless, pemilik tetap harus berhati – hati dalam mengamankan motor. Khususnya ketika sedang di luar rumah dan area parkir tanpa penjaga. Sebab kejahatan terjadi karena adanya celah. Bahkan itu bisa terjadi kapanpun.

Bagi para pemilik motor yang ingin lebih waspada dan ingin mencegah kehilangan motor, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Ini dapat membantu pengendara untuk lebih memperhatikan dan menjaga agar kendaraan tetap dalam kondisi aman. Berikut ini adalah tipsnya.

Tips Mencegah Motor Keyless Dibobol

Perlu dicatat bahwa pemilik motor tetap harus bertanggung jawab secara mandiri untuk menjaga motor keyless tetap aman. Selebihnya dapat mengikuti tips – tips lainnya untuk mencegah kehilangan. Berikut beberapa tips yang bisa membantu pemilik mencegah kehilangan motor.

1. Cari Area Parkir dengan Penjagaan Ketat

Tips motor keyless agar tidak dicuri yang pertama adalah pastikan untuk memilih area parkir dengan penjagaan ketat. Terutama saat bekerja di luar kantor dan dalam waktu berjam – jam. Sebab jika motor di parkir bebas, potensi terjadinya pembobolan dan pencurian semakin besar.

Biasanya area parkir yang ketat tidak akan membiarkan orang keluar sembarangan. Biasanya mereka diharuskan untuk menunjukkan karcis parkir atau STNK. Dengan cara ini, pembobol tidak akan bisa membawa kabur motor dengan bebas.

Sebaiknya hindari parkir motor di area yang terbuka atau di pinggir jalan. Sebab di area terbuka maling dapat bergerak bebas untuk melancarkan aksinya. Selain itu pada area terbuka, motor akan cenderung bebas dari pantauan sehingga lebih berisiko terjadi pencurian.

2. Biasakan untuk Mengunci Stang

Terkesan remeh namun mengunci ganda atau stang merupakan tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah motor dicuri. Sebab kunci stang akan membuat motor tidak bisa dikemudikan sesuka hati. Disisi lain untuk membawa motor, perlu mengangkat bagian depan kendaraan  yang tentu saja sangat merepotkan mereka.

Lebih spesifik beberapa ahli bengkel menyarankan agar pemilik motor untuk mengunci stang ke arah kanan. Ini akan membuat maling kesulitan dalam melakukan pembobolan. Jika stang motor dikunci ke arah kanan, maling tidak akan bisa memasukkan kunci T karena terhalang.

Baca juga: 10 tips perawatan motor agar tetap optimal

Lantas, apakah motor keyless bisa dibobol maling? Tentu bisa. Bahkan saat dikunci stang sekalipun motor masih bisa dicuri.

Namun, sebagian besar kasus pencurian motor keyless terjadi karena kelalaian pemilik yang tidak mengunci stang motor. Terlebih mereka parkir di sembarang tempat yang membuatnya sangat tidak aman.

3. Simpan Kode atau ID Tag Smart Key

Apakah remote keyless bisa diduplikat? Tentu saja sangat bisa. Bahkan dealer resmi memberikan pelayanan kepada customernya untuk membuat kunci baru saat kedua kunci hilang. Caranya adalah dengan menggunakan kode pendaftaran keyless pada unit motor.

Pada keyless, biasanya terdapat semacam kode yang tertempel. Demi keamanan, sebaiknya simpan atau dokumentasikan kode tersebut dan jangan disebarluaskan. Kemudian lepaskan kode tag yang menempel di remote keyless tersebut.

Ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan oleh oknum – oknum yang mungkin melihat atau meminjam motor. Jika kode tersebut diketahui oleh orang lain, mereka bisa dengan mudah untuk menduplikat kunci keyless.

4. Dapatkan Asuransi Motor Hilang

Langkah strategis yang bisa dilakukan untuk mencegah motor keyless hilang adalah dengan memanfaatkan asuransi. Asuransi motor hilang memunginkan pemilik bisa klaim kendaraan roda dua mereka yang rusak bahkan hilang.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua asuransi motor akan mengganti unit motor keyless yang hilang secara utuh. Sebagian besar akan menanggung atau mengganti rugi sebesar 75% kerusakan kehilangan saja. Kendati demikian, ini akan membuat pemilik motor bisa lebih tenang dan tidak perlu khawatir akan motor mereka.

Pengendara dapat mendaftarkan unit ke asuransi motor secara langsung melalui dealer resmi. Selain itu, ada juga layanan asuransi motor lainnya dari pihak ketiga.

5. Pasang Pengamanan Tambahan

Jika perlu, pemilik motor bisa menambahkan alat pengamanan tambahan. Ada beberapa yang bisa dipasang misalnya alarm saat motor disentuh atau digerakkan. Pemilik kendaraan roda dua juga boleh menambahkan gembok tambahan yang bisa dipasang untuk menambah pengamanan.

Pastikan untuk menambahkan kunci tambahan yang unik dan tidak mudah dibobol. Sebab beberapa maling bisa membuka gembok biasa dengan sangat mudah, bahkan hanya menggunakan kawat berukuran kecil.

Selain itu, ada juga beberapa pengamanan tambahan lainnya yang bisa di pasang seperti sistem pemantau jarak jauh yang bisa dilihat melalui handphone.

Perlu diketahui bahwa meskipun motor keyless diklaim memiliki keamanan yang canggih dan anti maling, namun maling tidak akan pernah kehabisan akal untuk berinovasi dalam membobol sistem smart key tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya perhatian lebih para pemilik motor agar motor keyless tetap aman.

Dengan asuransi dari Igloo, selain bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman kamu juga tidak akan khawatir dengan kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk kehilangan  motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena Kami menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo, Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu