Asuransi mobil Sinar Mas dan AXA Mandiri, Baiknya Pilih yang Mana?

apa saja yang diganti oleh asuransi mobil
Table of Contents

Di era sekarang, mobil merupakan kendaraan yang masuk dalam kategori kebutuhan sekunder. Jika kamu mempunyai anggota keluarga yang banyak, mobilitas keluarga alangkah lebih mudah jika menggunakan mobil karena bisa membawa banyak orang.

Mobil pribadi yang ditumpangi banyak orang tentu saja harus mempunyai performa yang bagus agar berkendara menjadi lebih nyaman, terutama saat perjalanan jauh. Untuk mencegah pembengkakan biaya karena perbaikan performa mobil, ada baiknya memang kamu menggunakan asuransi mobil.

Dalam pemilihan asuransinya, kamu bisa membandingkan lebih dari satu perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil. Kali ini, Igloo akan membantu kamu membandingkan antara produk asuransi Sinar Mas dan AXA Mandiri, apa saja yang diganti oleh asuransi mobil tersebut?

Asuransi mobil Sinar Mas: Jenis Polis, Syarat, dan Prosedur Klaimnya

Asuransi mobil merupakan pertanggungan yang akan meringankan beban pemilik kendaraan yang mengalami kerusakan ataupun kerugian baik ringan maupun berat.

Jenis Polis asuransi mobil di Sinar Mas

Di Sinar mas sendiri, ada beberapa jenis asuransi yang bisa kamu pilih. Diantaranya asuransi Paket A yang terdiri dari jaminan All-Risk dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dengan limit 10 juta. Untuk Paket B, terdapat jaminan All Risk, tanggung jawab hukum pihak ketiga dengan limit 10 juta termasuk gempa dan banjir. Sedangkan untuk TLO, jaminan akan diberikan kepada kendaraan penumpang bukan bus ataupun truk.

Harga premi untuk masing-masing jenis polis tentu berbeda. Biasanya jenis gabungan atau All Risk membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada TLO. Karena jenis All Risk mengcover semua kerugian dari mulai yang ringan hingga kerusakan berat. Disamping 2 jenis asuransi tadi kamu juga bisa menambahkan jaminan pertanggungan yang lain.

Syarat Pembelian asuransi mobil di Simas

Adapun beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum melakukan pembelian asuransi mobil di Sinar Mas:

  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP/KITAS/SIM
  • Melakukan pengisian Form Surat Permohonan Penutupan Asuransi atau SPPA.
  • NPWP
  • Foto proses survey kendaraan

Di Sinar Mas, untuk asuransi mobil gabungan dibatasi kendaraan dengan usia 5 tahun. Apabila kendaraan yang kamu miliki usianya lebih dari 5 tahun maka diwajibkan membayarkan loading premi dengan minimal 5% per tahunnya. Sedangkan untuk jenis TLO, batas usia kendaraan adalah 10 tahun dan apabila lebih dari 10 tahun juga wajib membayar loading premi minimal 5% per tahunnya.

Cara Klaim asuransi mobil di Simas Mobil

Dalam proses klaim asuransi mobil di Sinar Mas akan dibagi menjadi dua bagian. Diantaranya yaitu kerugian sebagian atau kerugian total.

Kerugian Sebagian di Asuransi Simas

  • Beritakan kronologis kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat dan lampiran.
  • SIM pengemudi pada saat kejadian, STNK dan KTP dari tertanggung.

Kerugian Total di Asuransi Simas

  • Beritakan kronologis kejadian.
  • Lampirkan dokumen asli yang terdiri dari polis, sertifikat, STNK, BPKB, faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik bertanda tangan tertanggung, serta kunci asli kendaraan.
  • Menyertakan buku KIR untuk kendaraan tertentu.
  • Lampiran Surat Keterangan Kepolisian Daerah jika kendaraan hilang.
  • Lampiran bukti pemblokiran STNK jika kendaraan hilang.
  • Membawa kwitansi kosong bermaterai Rp10.000 dan ditandatangani pihak tertanggung.
  • Fotokopi SIM milik pengemudi saat kejadian dan KTP tertanggung.

Prosedur Klaim Asuransi Simas Mobil

  • Lapor selambat-lambatnya 5 x 24 jam ke Kantor Pusat ataupun Kantor Cabang Asuransi Sinar Mas sejak kecelakaan atau pencurian terjadi.
  • Melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk proses klaim.
  • Jika pelaporan klaim bukan oleh tertanggung atau pihak lain yang berbeda nama dengan di polis maka wajib melampirkan KTP tertanggung dan Surat Kuasa Bermaterai.
  • Pihak asuransi akan melakukan survey sesuai syarat polis dan menunjuk bengkel rekanan untuk proses perbaikan.

Asuransi mobil AXA Mandiri: Jenis Polis, Syarat, dan Prosedur Klaimnya

Di samping Sinar Mas, kamu juga bisa mempertimbangkan AXA Mandiri. Kira-kira apa saja yang diganti oleh asuransi mobil ini? Terdiri dari dua jenis polis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertama, AutoPro Basic Comprehensive Insurance yang akan memberikan manfaat polis lengkap. Diantaranya pertanggungan dari kerusakan parsial hingga kerugian total termasuk ketika kendaraanmu dicuri. Kedua ada AutoPro Basic Total Loss Only yang menanggung kerugian atau kerusakan total dan ketika kendaraan dicuri.

Untuk preminya, Basic Comprehensive mempunyai harga premi yang lebih tinggi daripada TLO, hal ini disebabkan oleh manfaat polis yang lebih luas daripada TLO. Selain itu juga menyesuaikan dengan ketentuan atau Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017. Ingat, semakin tua mobil maka premi asuransi yang kamu bayarkan bisa lebih murah, namun tetap bergantung wilayah dan kategori kendaraan.

Baca juga: 3 Produk dan Harga Asuransi Mobil Autocillin

Syarat Pembelian Asuransi mobil di AXA Mandiri

Adapun beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum melakukan pembelian asuransi mobil di AXA Mandiri:

  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi KTP/KITAS/SIM
  • Melakukan pengisian Form yang di sediakan AXA Mandiri
  • NPWP
  • Foto proses survey kendaraan

Prosedur Klaim Asuransi mobil di AXA Mandiri

Untuk proses klaim asuransi di AXA Mandiri bisa kamu lakukan secara online, yaitu dengan menghubungi Call Center dari AXA Mandiri. Nah berikut langkah-langkah klaim asuransi mobil di AXA Mandiri:

AutoPro Basic Comprehensive Insurance

  • Buatlah laporan kerugian ke nomor 021 30058788 selambat-lambatnya 5 x 24 jam.
  • Isilah formulir klaim yang ada di axa-mandiri.co.id.
  • Lengkapilah semua dokumen kebutuhan klaim.
  • Jika sudah nantinya AXA Mandiri akan melakukan peninjauan kendaraan.
  • Jika pengajuan klaim telah diterima, nantinya AXA Mandiri akan menerbitkan surat perintah kerja ke bengkel rekanan yang ditunjuk.
  • Bengkel rekanan akan melakukan proses reparasi mobil, bila sudah mobil akan dikembalikan kepada nasabah.

AutoPro Basic Total Loss Only

  • Buatlah laporan kerugian ke nomor 021 30058788 selambat-lambatnya 5 x 24 jam.
  • Isilah formulir klaim yang ada di axa-mandiri.co.id.
  • Lengkapilah semua dokumen kebutuhan klaim.
  • Jika sudah nantinya AXA Mandiri akan melakukan peninjauan kendaraan.
  • Jika pengajuan klaim telah diterima, AXA Mandiri akan memberikan uang ganti rugi sesuai dengan ketentuan polis yang kamu pilih.

Kemudian untuk setiap kali klaim kamu harus menyiapkan polis asuransi mobil asli, formulir klaim, KTP, SIM, STNK, surat laporan kepolisian dan dokumen lain yang dibutuhkan. Perlu diingat pula, saat pengajuan klaim sesuai ketentuan OJK kamu wajib menyiapkan dana Rp300 ribu per kejadian. Tujuannya untuk menjaga kestabilan premi kamu tiap tahunnya.

Tips Memilih Asuransi mobil bagi Pemula

Setelah kamu tau apa saja yang diganti oleh asuransi mobil diatas, Igloo punya beberapa tips dalam pemilihan asuransi mobil bagi kamu yang pemula:

  • Pilih saja asuransi yang sesuai kebutuhan.
  • Bandingkan perusahaan asuransi yang kredibel.
  • Bandingkan pilihan polis dan besarnya harga premi yang kamu bayarkan.
  • Pilih asuransi mobil yang punya bengkel rekanan luas dan terpercaya.
  • Dan pelajari berbagai fitur layanan asuransi yang menguntungkanmu.

Itulah tadi perbandingan antara kedua perusahaan asuransi yang kredibel yang bisa kamu pilih. Apabila kamu mengalami kebingungan, silahkan konsultasikan permasalahanmu dengan Igloo dan temukan solusi paling solutif untuk masalah asuransimu.

Nah di Igloo kamu juga bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu