Bebas Visa ke Jepang, Tapi Ternyata Kamu Tetap Butuh Ini

Table of Contents

Jepang mempunyai banyak sekali keunikan sama halnya dengan Indonesia. Negara ini juga menjadi tujuan favorit para wisatawan asing yang ingin merasakan budaya, kuliner hingga keindahan alam jepang.

Bagi kamu yang ingin berlibur atau sekedar perjalanan bisnis ke Jepang, visa adalah dokumen izin masuk negara yang harus kamu persiapkan di samping paspor. Tapi kabar barunya Jepang sekarang ini bisa kamu kunjungi tanpa menggunakan visa. Namun tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku agar orang Indonesia bisa bebas visa ke Jepang.

Nah apa sih syarat dan ketentuan agar WNI bisa ke Jepang tanpa menggunakan visa? Lalu, apakah tetap butuh asuransi perjalanan ke Jepang? Igloo akan membeberkan sejumlah fakta dan ketentuan yang harus kamu pahami sebelum berangkat ke Jepang.

Syarat dan Cara Pergi ke Jepang Tanpa Visa

Meskipun kamu bisa mengunjungi Negeri Matahari Terbit ini tanpa menggunakan visa, akan tetapi tetan ada syarat dan ketentuan yang harus kamu pahami agar bisa pergi ke jepang.

Adapun berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu setujui agar bisa ke Jepang:

  • WNI harus mempunyai electronic paspor atau E-paspor yang telah diterbitkan Kemenkumham sejak 2011. Pada E-paspor akan ada chip yang menyimpan berbagai data biometrik sehingga WNI yang memiliki E-paspor bisa melewati autogate di bandara Jepang.
  • Bebas visa ke Jepang merupakan program visa Waiver. Sehingga kamu tetap harus membuat ini untuk dapat mengikuti programnya. Visa Waiver merupakan visa khusus yang disediakan pemerintah Jepang bagi para pemegang E-paspor.
  • Bebas visa bagi WNI yang memegang E-paspor bisa kamu pakai dengan ketentuan waktu kunjungan maksimal 15 hari. Jika kamu berkunjung ke jepang dalam kurun waktu lebih dari 15 hari, maka kamu bisa membuat pengajuan permohonan visa sesuai aturan yang berlaku.
  • Penerbitan bukti Registrasi Bebas Visa elektronik bisa kamu lakukan di Japan Visa Exemption System secara daring.

Nah bagaimana cara pengajuan registrasi sebelum keberangkatan kamu ke Jepang nantinya?

Kamu wajib membuat akun di web JAVES (Japan Visa Exemption System) dan ikutilah prosedur pengajuan registrasi Pra-keberangkatan. Jika sudah kamu akan menerima notifikasi bahwa registrasi yang kamu lakukan telah selesai. Kamu akan menerima pemberitahuan Registrasi Pembebasan Visa di email tersebut. Bukti ini bisa kamu pakai untuk mendapatkan visa Waiver.

Registrasi juga bisa kamu lakukan secara offline di Kantor Perwakilan Jepang di Indonesia. Nah nanti kamu akan mendapatkan stiker hologram sebagai bukti registrasi bebas visa di E-paspor yang kamu miliki.

Proses registrasi ini akan berlangsung selama 2 hari – 5 hari kerja. Stiker hologram yang kamu dapat tersebut merupakan tanda bahwa kamu sudah memiliki visa Waiver. Dan stiker tersebut akan ditempelkan pada E-paspor yang nantinya kamu gunakan untuk perjalanan ke Jepang.

Kelebihan E-Paspor Dibanding Paspor Biasa Untuk Perjalanan ke Jepang

Dari berbagai penjelasan di atas kamu tentu sudah bisa membedakan antara paspor biasa dan E-paspor. Namun agar lebih jelas berikut ini beberapa perbedaan paspor biasa dan E-paspor yang kamu gunakan untuk perjalanan ke Jepang.

  • Secara fisik tampilan paspor biasa dan E-paspor tentu sangat berbeda. Secara bentuk dan ukuran memang sama, hanya saja pada E-paspor terdapat logo dan peringatan bahwa paspor ini telah dilengkapi chip elektronik yang bersifat sensitif.
  • Adanya chip pada paspor juga bisa melindungi data pribadi dengan lebih baik. Selain data diri, pada chip tersebut juga ada data biometrik dan sidik jari pemilik sehingga kegiatan pemalsuan sulit kamu lakukan.
  • Biaya pembuatan E-paspor lebih mahal daripada paspor biasa. Jika paspor biasa seharga Rp350.000, maka E-paspor dihargai Rp650.000. Kamu juga bisa mendapatkan layanan percepatan paspor bila bersedia membayar Rp1.000.000 sebagai uang tambahan.
  • Mendapatkan fasilitas Autogate di beberapa bandara di Jepang. Sehingga nantinya kamu tidak perlu lewat Pemeriksaan Petugas Imigrasi.
  • Bebas masuk tanpa visa ke negara Jepang selama 15 hari.
  • Tidak semua tempat penerbitan paspor bisa menerbitkan E-paspor. Untuk itu cek daftarnya di aplikasi M-Paspor. Sedangkan paspor biasa, semua kantor imigrasi bisa menerbitkannya.

Bagaimana, apakah sudah menemukan bedanya? Dengan berbagai kelebihan di atas tentu sebanding dengan harga yang harus kamu bayarkan untuk membuat E-paspor. Jadi tunggu apalagi, segera buat E-paspor dan pastikan E-paspor aktif saat kamu akan berkunjung ke Jepang.

Alasan Asuransi Perjalanan Dibutuhkan Saat Perjalanan ke Jepang

Selain E-paspor, agar selama perjalanan ke Jepang bisa kamu lakukan dengan nyaman kamu juga harus menyiapkan asuransi perjalanan ke Jepang.

Mengapa kamu butuh asuransi perjalanan ke Jepang, berikut alasan detailnya:

  • Untuk perjalanan ke luar negeri kamu akan merasa lebih aman jika menggunakan asuransi yang terpercaya.
  • Dengan asuransi perjalanan ke jepang kamu bisa mendapatkan biaya pertanggungan ketika perlu akses ke fasilitas medis yang ada disana. Sehingga kamu tidak lagi perlu khawatir biaya perawatan karena sudah tercover asuransi.
  • Asuransi perjalanan yang kamu miliki juga bisa mempermudah kamu mendapatkan berbagai fasilitas termasuk biaya sewa kendaraan dari tempat resmi. Dan dengan asuransi ini kamu bisa mendapatkan jasa penerjemah kesehatan selama di Jepang dan tidak khawatir pula dengan biayanya.

Sebenarnya masih banyak manfaat pertanggungan yang bisa kamu dapatkan ketika punya asuransi perjalanan. Dengan perlindungan ini liburan atau perjalanan bisnis yang kamu lakukan akan lebih mengesankan.

Baca Juga : Takut Sakit Saat Perjalanan? Tenang, Ada Jaminan Rawat Jalan di Asuransi Perjalanan

Salah satu asuransi perjalanan dengan manfaat pertanggungan yang lengkap dan premi terjangkau adalah asuransi perjalanan dari Igloo. igloo siap membantu kamu dengan berbagai fasilitas yang memudahkan kamu selama perjalanan di Jepang.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Igloo adalah solusi asuransi terbaik untuk melindungi kepentinganmu. Jadi jangan ragu, Igloo akan memastikan kamu mendapatkan asuransi dengan penilaian risiko terendah, sehingga kamu sudah pasti untung.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu