cara agar tidak mabuk di mobil

5 Cara Agar Tidak Mabuk di Mobil

Table of Contents

Mabuk di mobil merupakan hal yang umum terjadi bagi beberapa orang. Pada kondisi ini, seseorang mungkin akan mengalami pusing dan mual saat bepergian dengan mobil. Lantas, bagaimana cara agar tidak mabuk di mobil?

Biasanya, beberapa orang lebih rentan terhadap mabuk dikarenakan sensitivitas terhadap gerakan dan konflik sensorik yang tinggi. Alhasil, seseorang akan kesulitan mengontrol seluruh sinyal saraf yang diterima oleh otak dan telinga dalam, sehingga akan timbul rasa mual, pusing, dan tidak enak badan selama perjalanan.

Selain sensivitas, faktor lain yang menjadi penyebab mabuk perjalanan adalah membaca buku atau bermain HP, menderita migrain atau vertigo, bau kendaraan, hingga mengalami perubahan hormonal. 

Namun, jangan khawatir, bagi kamu yang sering mengalaminya, kali ini Igloo akan memberikan 5 cara agar tidak mabuk di mobil yang terbukti efektif.

Cara agar Tidak Mabuk di Mobil

1. Menghirup Aromaterapi

cara agar tidak mabuk di mobil
Essential oil aroma diffuser humidifier diffusing water articles in the air.

Cara agar tidak mabuk di mobil yang pertama adalah dengan menghirip minyak angin atau aromaterapi. Kandungan minyak esensial alami yang berasal dari berbagai tumbuhan yang terdapat dalam aromaterapi dapat memberikan efek rileks dan tenang.

Beberapa rekomendasi aroma bisa kamu coba antara lain adalah lavender, lemon, minyak kayu putih, dan atau rempah-rempah, seperti kapulaga dan adas. Kamu dapat menggunakan diffuser yang diisi minyak esensial untuk menciptakan aroma yang segar di dalam mobil.

2. Mengonsumsi Jahe 

Tahukah kamu, kalau Jahe telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa mual? Jahe memiliki sifat anti-mual yang dapat membantu meredakan berbagai jenis mual, termasuk yang disebabkan oleh mabuk perjalanan.

Cara mengonsumsi jahe untuk meredakan mual bisa dalam bentuk teh jahe, kamu bisa menambahkan madu atau jeruk lemon untuk rasa yang lebih segar. 

3. Jangan Makan Terlalu Kenyang

cara agar tidak mabuk di mobil

Jangan makan terlalu kenyang merupakan salah satu cara agar tidak mabuk di mobil. Sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil, ada baiknya untuk mengisi perut. Namun, sebaiknya jangan terlalu gegabah dengan makan secara berlebihan yang membuat kamu kekenyangan.

Kondisi perut yang kekenyangan ini tentunya akan membuat kamu mabuk atau mual. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan adanya mergerakan kendaraan, seperti getaran, guncangan, yang bisa menekan sistem pencernaan.

Sebagai alternatif, sebaiknya kamu memilih makanan ringan yang tidak terlalu berat atau berlemak. Selain itu, kamu juga harus menghindari minuman beralkohol dan kafein sebelum perjalanan, karena minuman tersebut juga bisa menimbulkan rasa mual.

4. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Cara agar tidak mabuk di mobil yang keempat adalah dengan memilih posisi duduk yang tepat. Sangat disarankan untuk duduk di kursi depan kendaraan. Hal ini dikarenakan kursi belakang kendaraan merupakan tempat duduk yang paling sering mengalami guncangan. Selain itu, hindari juga untuk duduk menghadap belakang atau melawan arus laju dari kendaraan. 

5. Mengonsumsi Obat Anti Mabuk 

cara agar tidak mabuk di mobil

Terakhir, cara agar tidak mabuk di mobil adalah dengan mengonsumsi obat anti mabuk setidaknya sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum perjalanan. Dua diantaranya adalah dimenhydrinate atau scopolamine.

Itu dia 5 cara agar tidak mabuk di mobil yang bisa kamu coba sebelum mmelakukan perjalanan. Namun, jika kamu sudah mencoba cara-cara di atas dan masih merasakan mual secara konsisten saat bepergian, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan penanganan yang lebih baik.

Agar perjalanan semakin aman, pastikan untuk memiliki asuransi kendaraan dari Igloo dan dapatkan manfaatnya! Memiliki asuransi kendaraan merupakan pilihan bijak untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan kesayangan kamu dari risiko finansial yang tidak terduga.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berupa perlindungan finansial apabila mobilmu rusak atau hancur akibat kecelakaan hingga vandalisme, tanggungan biaya penggantian sesuai nilai mobilmu apabila kendaraan kamu hilang karena dicuri, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pembelian asuransi kendaraan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman “Asuransi Kendaraan” melalui Igloo di igloo.co.id/id/asuransi-kendaraan
  2. Pilih jenis asuransi kendaraan yang diinginkan. Igloo menyediakan Asuransi Mobil, Asuransi Motor (kerugian total), dan Asuransi Motolite
  3. Klik tombol “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang diinginkan
  4. Masukan informasi kendaraan kamu
  5. Lakukan pembayaran melalui transfer bank, dompet digital, maupun kartu kredit
  6. Polis kamu akan segera diterbitkan setelah pembayaran diterima

Untuk proses klaimnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke portal Igloo: Setelah mendapat notifikasi melalui email bahwa polis kamu telah diterbitkan, silakan masuk ke halaman “Polis Saya
  2. Persiapkan dokumen klaim yang dibutuhkan: Persiapkan nomor polis, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan
  3. Pengajuan Klaim: Kirimkan detail dan dokumen klaim melalui pusat bantuan Igloo di cs.id@iglooinsure.com. Customer service kami akan membantu proses klaim kamu
  4. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja: Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja setelah persetujuan klaim

Selain asuransi kendaraan, kamu juga dapat menemukan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga kamu, Asuransi Hewan Peliharaan untuk hewan kesayangan, dan Asuransi Perjalanan untuk melindungi petualangan kamu. 

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu