Skip to content

Kenali 5 Penyebab Cat Mobil Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Sebagai kendaraan yang digunakan untuk mobilitas sehari-hari, mobil hadir dengan berbagai risiko yang bisa terjadi, termasuk kerusakan di bagian tertentu. Misalnya, terjadinya cat mobil menggelembung. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa penyebab yang mungkin tidak kamu sadari.

Agar bisa berjaga-jaga dari masalah satu ini, sebaiknya persiapkan diri dengan mencari informasi seputar penyebab cat mobil, cara mengatasi, hingga cara mencegahnya. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir risiko terbentuknya gelembung pada bagian cat mobil yang mengharuskan kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk menghilangkannya. Nah, semua informasi tersebut bisa kamu dapatkan dari artikel Igloo satu ini.

Penyebab Cat Mobil Menggelembung

penyebab cat mobil bergelembung
Sumber Foto: GridOto

Mengecat mobil merupakan salah satu cara agar kendaraan terlihat seperti baru. Tidak sedikit pemilik mobil yang melakukan pengecatan untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan preferensi mereka. Akan tetapi, salah satu masalah yang bisa terjadi setelah mobil selesai dicat adalah cat mobil menggelembung.

Masalah satu ini sangat mungkin terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah:

1. Tingkat Kelembapan Lingkungan Sekitar

Penyebab cat mobil menggelembung yang paling umum adalah tingkat kelembapan. Cat mobil bisa menggelembung karena tingkat kelembapan yang tinggi, sehingga membuat udara terperangkap di bawah lapisan cat mobil. Padahal, lapisan tersebut belum sepenuhnya kering.

Kelembapanan di lingkungan sekitar tempat di mana mobil sedang dicat memungkinkan cat tidak bisa kering secara sempurna dan merata. Hal tersebut kemudian berisiko membuat cat mobil menggelembung, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Gelembung juga bisa terbentuk apabila pengecatan mobil dilakukan di area terbuka dengan sinar matahari langsung ke permukaan mobil.

2. Kualitas Cat Mobil yang Digunakan

Cat mobil bergelembung bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah kualitas cat mobil yang digunakan. Penggunaan cat harus memenuhi standar agar tidak berisiko menimbulkan gelembung pada bagian mobil yang dicat.

Gelembung juga bisa terbentuk karena pengguna lalai dalam memilih cat. Dengan tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsa cat, bukan tidak mungkin akhirnya membuat cat mobil terlihat menggelembung.  Kualitas cat juga bisa dipengaruhi oleh cara penyimpanan cat yang tidak sesuai dengan yang disarankan oleh produsen cat mobil.

3. Persiapan Permukaan Mobil yang Kurang Baik

Penyebab lain mengapa cat mobil menggelembung adalah persiapan permukaan mobil yang kurang baik sebelum proses pengecatan. Ketika permukaan tidak rata atau masih terdapat kotoran dan minyak, cat tidak menempel dengan sempurna. Akibatnya, udara dan kelembapan bisa terperangkap di bawah lapisan cat. Ini kemudian dapat memicu penggelembungan yang merusak tampilan dan ketahanan cat mobil.

4. Terjadi Penguapan yang Terlalu Cepat

Salah satu masalah yang bisa terjadi saat proses pengeringan cat mobil adalah adanya gelembung-gelembung kecil di bagian cat. Masalah satu muncul karena terjadinya penguapan yang terlalu cepat saat kondisi saat masih basah. Kondisi semacam ini bisa terjadi ketika proses pengecatan dilakukan di ruang yang panas atau terkena terik matahari.

Penguapan yang terjadi dengan begitu cepat bisa berakibat pada cat mengering secara tidak merata. Alhasil, kamu melihat cat mobil menggelembung kecil.

5. Cara Pengaplikasian Cat yang Kurang Tepat

Berbicara tentang kemungkinan terjadinya cat mobil bergelembung, penting bagi kamu  untuk memperhatikan cara pengaplikasian cat. Apabila dilakukan dengan tidak tepat, bukan tidak mungkin akan menyebabkan cat mobil menggelembung.

Cat yang terlalu tebal ataupun terlalu tipis, atau permukaan mobil terlalu panas, bisa menyebabkan adanya gelembung di bagian permukaan cat mobil. Agar pengaplikasian cat dilakukan dengan tepat, sebaiknya percayakan proses pengecatan ulang mobil kepada ahli berpengalaman.

Cara Mengatasi Cat Mobil yang Bergelembung

Apabila sudah terlanjur melihat adanya gelembung pada bagian cat mobil, tentu kamu harus menemukan cara tepat untuk mengatasi hal tersebut. Ini juga bisa membantu kamu melakukan pencegahan, sehingga bisa menghindari terbentuknya gelembung pada permukaan mobil yang dicat.

Berikut adalah cara mengatasi mobil cat bergelembung yang patut kamu coba:

1. Mencari Tahu Penyebab Cat Mobil Menggelembung

Agar bisa mengatasi cat mobil yang menggelembung, mulailah dengan langkah pertama, yaitu mencari tahu penyebab terjadinya masalah tersebut. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya gelembung di permukaan mobil yang kamu cat, termasuk kesalahan dalam mengaplikasikan cat mobil, tingkat kelembapan di area sekitar, terjadi penguapan yang sangat cepat, dan persiapan pengecatan mobil yang tidak baik.

Setelah mengetahui penyebab mengapa cat mobil kamu menggelembung, kamu bisa mencari solusi yang tepat tanpa menimbulkan masalah lain yang mungkin bisa muncul saat menghilangkan gelembung pada permukaan cat mobil.

2. Menggunakan Amplas

Untuk bisa mengatasi cat mobil bergelembung, kamu bisa memanfaatkan penggunaan amplas. Akan tetapi, sebaiknya tetap berhati-hati dalam menggunakan amplas agar tidak merusak bagian lain.

3. Mengaplikasikan Primer

Apabila sudah berhasil menghilangkan gelembung pada bagian permukaan mobil, lakukan langkah selanjutnya, yaitu mengaplikasikan primer di area tersebut. Hal ini bertujuan agar permukaan tersegel serta memungkinkan cat baru menempel dengan baik di bagian yang akan dilapisi cat kembali.

4. Melakukan Pengecatan Ulang

Pada kasus, di mana ada banyak gelembung yang terbentuk, kamu mungkin tidak bisa hanya mengandalkan penggunaan amplas dan primer. Masalah tersebut bisa diatasi dengan melakukan pengecatan ulang mobil. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa cat mobil yang sebelumnya sudah benar-benar kering.

5. Menambahkan Polesan saat Finishing

Jika pengecatan ulang sudah selesai dilakukan, di bagian finishing, kamu bisa melakukan pemolesan. Hal ini akan sangat membantu agar kilau cat bisa terlindungi, sehingga tidak mudah rusak di kemudian hari. Hasil maksimal bisa didapatkan dengan menggunakan bahan poles berkualitas.

6. Memelihara Mobil secara Rutin

Selain beberapa upaya penanganan di atas, pemilik mobil juga bisa mencegah terbentuknya gelembung pada permukaan mobil. Caranya adalah dengan memelihara mobil secara rutin. Selain mencuci mobil secara teratur, sebaiknya lakukan waxing mobil secara berkala. Jangan lupa untuk selalu menghindari memarkir mobil kamu di area yang terkena terik matahari secara langsung agar kualitas cat mobil tetap terjaga.

7. Manfaatkan Proteksi dari Asuransi Mobil

Cat mobil menggelembung bisa diatasi dengan beberapa cara di atas. Akan tetapi, kamu pasti menyadari bahwa tindakan-tindakan tersebut memerlukan biaya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki asuransi mobil sebagai proteksi terbaik. 

Asuransi mobil bisa dibeli di Igloo melalui beberapa langkah mudah berikut:

  • Pastikan untuk mengakses website Igloo atau bisa langsung mengunjungi halaman “Asuransi Mobil“.
  • Pilih jenis proteksi yang diinginkan, apakah kerugian total saja atau all  risk (komprehensif).
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Cari di Sini” di salah satu jenis proteksi di atas.
  • Setelah itu, pastikan untuk mengisi semua informasi terkait kendaraan yang akan diasuransikan dengan teliti dan benar.
  • Pilih produk asuransi yang sesuai dan bayar premi asuransi agar manfaat asuransi bisa segera didapatkan melalui proses klaim yang cepat dan mudah.

Seperti halnya mobil, motor juga merupakan kendaraan yang berisiko kerusakan dan kehilangan. Oleh sebab itu, Igloo mengerti akan kebutuhan pemilik kendaraan akan perlindungan terbaik dengan menyediakan Asuransi Motor. Selain itu, juga tersedia produk asuransi lain, seperti Asuransi Hewan Peliharaan dan Asuransi Perjalanan.