Destinasi Tersembunyi di Jogja Saat Mudik Lebaran

wisata jogja
Table of Contents

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang disambut dengan suka cita di Indonesia. Mempunyai masyarakat yang mayoritas beragama Islam menjadikan bulan ini sangat spesial dan bahkan diantara kalian pasti sudah merencanakan mudik lebaran di akhir Ramadhan nantinya.

Adakah diantara kalian yang mudik lebaran pulang ke Jogja dan berencana sekalian liburan? Lebaran, bukan hanya sebagai Hari Raya umat Islam, di momen itu banyak diantara kita yang menjadikannya waktu yang tepat berkumpul bersama keluarga yang sudah lama tidak berjumpa. Dan jika kamu berkumpul di Jogja, maka beruntung sekali. Jogja merupakan kota dengan sejuta keindahan alam yang bisa kamu nikmati di libur lebaran nanti.

Ada banyak destinasi tersembunyi di Jogja saat mudik lebaran yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Jika kamu biasanya hanya berkunjung ke Malioboro, maka destinasi tersembunyi di Jogja berikut ini bisa kamu jadikan pilihan lain. 

Rekomendasi Destinasi di Jogja, Cocok Dikunjungi Mudik Lebaran

Igloo telah merangkum beberapa rekomendasi destinasi tersembunyi di Jogja saat mudik lebaran yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa memasukkan list itinerary berikut ini untuk tujuan liburan kamu nantinya.

  • Hutan Pinus Mangunan atau Imogiri

Sumber: https://www.instagram.com/p/Czzx4nFyAlY/?img_index=5

Destinasi pertama kamu bisa mengunjungi hutan pinus Mangunan. Tempatnya yang sudah disulap menjadi destinasi apik membuat suasana semakin sejuk dan tenang diantara pinus-pinus yang tinggi. Lokasinya ada di 23 kilometer dari Kota Jogja. Sehingga kamu yang ingin menepi dari perkotaan dan merasakan suasana yang asri boleh dicoba.

Di pagi hari hutan pinus yang ada disana masih terselimuti oleh kabut embun yang dingin sehingga kamu akan merasakan sensasi jalan di atas awan. Nah jika sudah di hutan pinus Mangunan kamu bisa berkunjung pula ke Kebun Buah Mangunan untuk petik buah sendiri.

Lokasinya ada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Manunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Jogja. Wisata ini buka setiap hari dari pukul 06.00-18.00 dengan tiket masuk Rp5.000.

  • Grojogan Lepo Dlingo

Sumber: https://www.instagram.com/p/Bd4A2o2nALy/

Berikutnya ada grojogan lepo Dlingo yang berlokasi di Dusun Pokoh, Bantul. Ada 3 wisata air terjun di area ini dengan kedalaman yang bervariasi yaitu kedalaman 2 meter dan ada pula yang 90cm.

Kamu bisa mengunjungi grojogan lepo Dlingo bersama dengan keluarga dan anak-anak, mengingat kedalaman kolamnya yang ramah untuk anak bermain air.

Untuk alamatnya, destinasi ini adalah di Jalan Pokoh, Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Jogja. Bisa kamu kunjungi kapan saja di jam operasionalnya yaitu pukul 06.00-17.00 dengan tiket masuk Rp2.000 untuk kamu yang membawa motor dan Rp10.000 untuk mobil.

  • Bukit Pengilon

Sumber: https://www.instagram.com/p/C29iyD4PlHv/?img_index=1

Bukit Pengilon merupakan destinasi yang cocok untuk mudik lebaran, mempunyai pemandangan rerumputan hijau tentu sangat menentramkan. Lokasinya ada di kawasan pantai sehingga sehingga bukit kehijauan kamu juga bisa memandang lautan lepas jika sudah sampai di puncaknya.

Wisata ini ada di kaki Gunung Batur, masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga destinasi tersembunyi ini wajib masuk list tujuan liburanmu nanti.

Berlokasi di Area Hutan, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Bukit Pengilon dibuka setiap hari mulai dan 24 jam, untuk tiket masuknya cukup membayar Rp5.000.

  • Puncak Segoro

Sumber: https://www.instagram.com/p/C4KFfrexEPt/

Destinasi tersembunyi berikutny ada Puncak Segoro, merupakan tempat liburan baru yang masih sepi pengunjungnya. Disini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di spot-spot yang mereka sediakan.

Selain sunset yang memukau kamu juga bisa merasakan sejuknya pantai Selatan Jogja ketika di puncak tebingnya. Tenang saja, meskipun kamu berkunjung saat mudik lebaran kamu tidak akan kehabisan parker karena area parkirnya lapang dan luas. Bahkan kamu bisa mencari tempat untuk duduk dengan nyaman dan mengunjungi spot menarik untuk sekedar foto dan menikmati sunset.

Lokasinya ada di Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Dibuka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 dengan tiket masuknya Rp5.000.

  • Curug Sidoharjo

Sumber: https://www.instagram.com/p/BErQEWGmDmz/

Menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jogja, Curug Sidoharjo mempunyai pemandangan yang luar biasa asri, sejuk dan menyegarkan.

Hanya saja untuk mencapai lokasi ini kamu perlu melewati jalanan yang cukup ekstrem, meskipun sepadan dengan pemandangan yang nantinya kamu dapat.

Artikel Lainnya : Bebas Visa ke Jepang, Tapi Ternyata Kamu Tetap Butuh Ini

Dari area parkir kamu masih harus berjalan sekitar 10 menit untuk sampai ke mata air Curug Sidoharjo. Nah alamatnya ada di Sumoroto, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Jogja. Dibuka setiap hari, kamu juga tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi wisata ini.

  • Geoforest Watu Payung

Sumber: https://www.instagram.com/p/CekIf0UvLiv/?img_index=1

Geoforest Watu Payung merupakan destinasi yang sempat viral dan populer akhir tahun 2023. Mempunyai area wisata yang luas menjadikannya belum terlalu padat dikunjungi wisatawan.

Disini kamu akan melihat berbagai keindahan alam yang pantas kamu abadikan di kamera dan ingatanmu. Banyak spot foto menarik dan pemandangan bukit yang menyejukkan.

Alamatnya ada di Turunan, Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul Jogja. Untuk jam operasionalnya, wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 05.00-18.00 dengan tiket masuk Ro5000.

  • Pantai Srakung

Sumber: https://www.instagram.com/p/BJRrQU6BzI0/

Namun jika kamu ingin bermain air, maka kamu bisa melipir ke Pantai Srakung yang ada di Desan Pucung, Girisubo, Gunungkidul Jogja. Pantainya mempunyai pemandangan yang masih asri, eksotis dan masih belum banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Pantainya tergolong kecil dan mempunyai bibir pantai sekitar 15 meter saja. Disekitarnya banyak tebing yang menjulang tinggi dan pantainya ada di selah-selah tebing. Karena masih belum dikelola dengan baik, alangkah baiknya kamu membawa perlengkapan sendiri. Untuk tiket masuknya masih gratis sehingga cocok jika kamu membawa banyak anggota keluarga.

  • Desa Wisata Kalibiru

Sumber: https://www.instagram.com/p/BDMoTD5Bp8X/

Desa Wisata Kalibiru mempunyai latar belakang alam yang penuh pesona, kamu bisa berfoto bersama keluarga saat libur lebaran nanti.

Salah satu spot favorit di des aini adalah flying fox-nya, karena letaknya yang berada di ketinggian tertentu bisa menampakkan Desa Wisata Kalibiru yang menawan. Selain itu kamu juga bisa melakukan tracking sepanjang 1,5km sampai 7km untuk menikmati alam sekitarnya.

  • Blue Lagoon

Sumber: https://www.instagram.com/p/CFE9vVqgYOB/?img_index=1

Blue Lagoon yang dimaksud bukan wisata yang ada di luar negeri, melainkan berlokasi di Widodomartani, Ngemplak, Sleman Jogja. Destinasi ini lebih dikenal dengan Pemandian Tirtabudi yang merupakan wisata dengan oase air yang jernih.

Untuk tiket masuknya sekitar Rp15.000 belum termasuk parkir. Mempunyai tiga sumber mata air yaitu Sendang Wadon, Sendang Lanang dan Belik Kluwih. Blue Lagoon dibuka setiap hari pukul 06.00-18.00.

  • Goa Cerme

Sumber: https://www.instagram.com/p/BX6q-hjFRbv/

Goa cerme mempunyai panjang 1,5km dengan pemandangan sekitar yang menawan. Untuk mencapainya kamu perlu berjalan sepanjang 750 meter hingga mulut goa. Disana selain pemandangan goa dengan pantulan sinar matahari, kamu juga bisa menikmati sungai bawah tanah, ruang meditasi dan air terjun.

Untuk tiket masuknya cukup Rp5.000, berlokasi di Dusun Srunggo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul Jogja.

Nah itulah tadi destinasi tersembunyi di Jogja saat mudik lebaran, kamu bisa mengunjungi dan menikmatinya bersama keluarga besar. Agar libur lebaran semakin nyaman dan aman, kamu juga bisa melengkapi anggota keluargamu dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu