Inilah Fitur Keamanan Mobil yang Bisa Melindungi Kamu dan Penumpang

fitur kemanan mobil
Table of Contents

Saat berkendara di jalan raya fitur keamanan mobil mempunyai peran penting dalam melindungi pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu, ketika akan memilih mobil kamu juga harus mempertimbangkan aspek keselamatan yang dimiliki oleh sebuah mobil. Dengan begitu kamu akan merasa aman saat berkendara di jalanan.

Jika melihat penggunaannya, kamu akan mengenal fitur keselamatan yang berfungsi secara aktif fan pasir. Dimana saat terjadi kecelakaan fitur keselamatan yang aktif yaitu ABS dan ESP. Sedangkan saat kecelakaan telah terjadi akan bekerja fitur keselamatan pasif seperti airbag.

Nah dibeberapa tahun terakhir, fitur keamanan mobil berkembang sangat pesat. Dan Igloo telah merangkan berbagai fitur keamanan mobil yang dapat memberikan perlindungan untuk kamu dan penumpang dalam mobil.

Memahami Fitur Keamanan Mobil: Perlindungan untuk kamu dan Penumpang

Sejauh ini, kira-kira ada faktor keamanan mobil apa saja yang kamu ketahui? Fitur keamanan mobil ada beragam bentuknya. Tujuan penggunaannya tentu untuk memberikan perlindungan untuk kamu dan penumpang ketika melaju di jalan raya.

Nah berikut inilah fitur keamanan mobil yang bisa memberi perlindungan saat berkendara:

Fitur Keamanan Mobil Tipe Aktif

Fitur keselamatan aktif adalah seperangkat fitur yang bisa membantu kamu mencegah kecelakaan, sehingga kerjanya sebelum kecelakaan itu terjadi. Nah mari memahami fitur keamanan mobil tipe aktif yang terpasang di mobil:

  1. Sistem Pengereman Anti-Lock (ABS)

ABS merupakan fitur keselamatan yang dapat membuat roda mobil tidak terkunci saat pengereman mendadak. Sehingga kamu masih bisa mengendalikan mobil meskipun terjadi pengereman secara keras dan mendadak.

Saat kamu mengerem dengan kuat, fitur ABS akan bekerja mengatur tekanan pengereman pada setiap roda. Dengan begitu, mobil akan tetap stabil dan tidak oleng sehingga bisa mencegah terjadi kecelakaan parah.

  1. Kontrol Stabilitas (ESP)

ESP (Eelectronic Stability Program) adalah sebuah fitur keselamatan yang terpasang pada mobil untuk menjaga stabilitas mobil di berbagai kondisi. Secara umum, fitur ini cara kerjanya dengan mendeteksi apakah mobil akan meluncur atau ngepot ketika berbelok. Biasanya sering dialami saat cuaca buruk.

Adanya fitur ESP juga akan memperlambat roda dan mengembalikan kendali mobil ke arah yang seharusnya.

  1. Kontrol Stabilitas Elektronik (ESC)

ESC merupakan fitur yang akan menjaga mobil selalu stabil saat melewati kondisi jalanan yang licin atau ketika kamu melakukan manuver tajam di jalanan. Sistem ini juga bisa secara otomatis mengurangi tenaga mesin jika mobil sudah hilang kendali dan mengembalikannya ke arah awal. Sehingga mobil tidak akan tergelincir.

  1. Fitur Peringatan Tabrakan

Fitur peringatan tabrakan menggunakan sensor yang bisa mendeteksi adanya kendaraan di depan mobil kamu. Secara otomatis, mobil yang kamu kendarai akan memelan atau berhenti mendadak jika kamu tidak merespon peringatan dengan baik. Adanya fitur ini sangat efektif digunakan untuk mencegah tabrakan keras.

  1. Peringatan Tabrakan Belakang

Saat kamu berada di tempat parkir atau mundur, sensor ini akan aktif dan mendeteksi adanya kendaraan atau pembatas yang ada di belakang mobil. Bentuk peringatan yang diberikan bisa berupa suara atau bentuk visual lainnya.

  1. Sistem Blind Spot Monitoring

Sistem pemantauan titik buta atau blind spot dapat mengurangi risiko tabrakan ketika kamu berpindah jalur. Fitur ini juga mampu mendeteksi adanya mobil di samping dan belakang yang tidak bisa terjangkau dengan cermin mobil. Biasanya peringatan akan diberikan dalam bentuk suara atau visual lainnya.

  1. ACC atau Cruise Control Adaptive

ACC merupakan fitur keselamatan yang canggih yang dapat secara otomatis mempertahankan jarak aman antar kendaraan.

Fitur Keamanan Mobil Tipe Pasif

Di samping fitur keamanan mobil tipe aktif, ada fitur keamanan pasir yang berfokus pada perlindungan pasca tabrakan. Fitur ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan, terutama melindungi penumpang ketika kecelakaan tidak terhindarkan.

  1. Airbag

Airbag bisa kamu temukan pada beberapa titik mobil, fungsinya sebagai bantalan pelindung yang akan mengembang saat kecelakaan terjadi. Sehingga penumpang bisa terlindungi dari cidera atau benturan yang terlalu keras. Biasanya terletak pada dashboard mobil, langit-langit samping kanan dan kiri mobil. Airbag secara otomatis akan aktif saat ada percepatan mendadak atau benturan yang sangat keras.

  1. Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman merupakan fitur pasir yang paling dasar dan bisa kamu temui pada jenis mobil apa saja. Bahkan sabuk pengaman masuk dalam peraturan berkendara dengan mobil yang harus kamu kenakan.

  1. Kursi Bayi

Kursi bayi merupakan fitur keselamatan yang penting bagi anak-anak ketika berada di dalam mobil. Sehingga ketika terjadi kecelakaan, anak-anak akan terlindungi dari adanya cidera parah.

  1. Struktur Karoseri

Struktur karoseri merupakan salah satu fitur keamanan yang dirancang untuk menyerap dan mengalihkan energi kecelakaan. Sehingga deformasi yang dialami penumpang di dalam mobil bisa terminimalisir dengan baik.

  1. Sensor Tabrakan

Sensor ini dapat mendeteksi bila terdapat kecelakaan, dengan fitur keselamatan ini maka berbagai sistem keselamatan akan aktif. Seperti penguncian sabuk pengaman, airbag yang mengembang dan memberhentikan penggunaan bahan bakar untuk meminimalisir risiko kecelakaan yang kamu alami.

Baca Juga : Tips Menghemat Bahan Bakar: Praktik Efisiensi untuk Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

Nah itulah beberapa fitur keamanan mobil yang dapat memberikan perlindungan untuk kamu dan penumpang. Kamu juga bisa melengkapi perlindungan diri dan penumpang dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Igloo menawarkan asuransi dengan berbagai manfaat perlindungan saat di jalan raya, sehingga berkendara akan lebih nyaman dan aman.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu