Jadi Kode Penting, Ini Isyarat lampu saat berkendara Mobil

isyarat lampu mobil
Table of Contents

Pernahkah kamu mengalami kebingungan saat berada di jalan tol dan kendaraan di sekitarmu mengedipkan lampunya? Apa maksud dari isyarat lampu tersebut? Isyarat lampu saat berkendara sangat penting untuk kamu pelajari, disamping belajar menyetir mobil.

Karena lewat isyarat lampu kita bisa berkomunikasi lebih baik dengan pengendara lain yang tidak kita kenal di jalanan. Akan sangat disayangkan apabila kamu gagal membaca kode yang mereka berikan. Karena isyarat lampu tersebut bisa berarti sesuatu yang urgent dan harus segera kamu ketahui.

Jika kamu belum memahami berbagai isyarat lampu saat berkendara, disini Igloo akan merangkum fungsi dari masing-masing isyarat lampu. Dengan begitu kamu bisa berkendara dengan nyaman dan rute yang jauh.

Jenis dan Fungsi Isyarat Lampu Mobil, Perlu Dipahami Terutama di Malam Hari

Lampu merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Fungsi utama lampu ialah untuk memberikan penerangan di jalanan terutama saat malam hari atau ketika akan belok di suatu lokasi.

Pada beberapa daerah penggunaan isyarat lampu bisa berbeda-beda. Misalnya di Jawa Timur, lampu sein kanan yang menyala padahal tidak ada tikungan mengartikan bahwa supir mempersilahkan kamu untuk mendahului di lajur kanan karena aman. Sedangkan di Sumatera lampu sein kanan yang menyala dan tidak ada tikungan artinya jangan mendahului kendaraan karena ada kendaraan lain di depan. Perbedaan seperti ini bagi kamu yang awam di jalan tentu akan bingung.

Oleh karena itu, secara umum sebagai pengendara mobil ini adalah jenis-jenis isyarat lampu saat berkendara agar tidak salah dalam memberikan respon.

  • Low Beam

Low beam merupakan lampu dekat yang biasa kamu gunakan untuk menerangi jalanan. Sehingga wajib kamu nyalakan ketika hari menjelang malam atau akan melewati sebuah terowongan yang gelap.

Dengan lampu dekat pengendara akan tau keberadaanmu meskipun kondisinya sedang gelap. Selain itu, pada club mobil, low beam sangat membantu road captain untuk memastikan rombongannya masih dalam barisan dan untuk memberikan sinyal pada pengendara lain.

  • High Beam

Lawan dari low beam, lampu ini merupakan lampu jarak jauh yang bisa kamu gunakan ketika berada di jalanan yang sepi kendaraan dan kondisi jalanan yang terlalu gelap.

Atau bisa juga kamu gunakan untuk mengkode pengendara lain agar perhatian mereka tertuju pada kendaraanmu. High beam sering kita sebut juga dengan lampu jauh, dimana ketika kendaraan menyalakan lampu dim maka kendaraan tersebut mau menjadi prioritas untuk melintasi jalanan terlebih dahulu.

  • Lampu Sein

Lampu sein merupakan lampu yang pasti sudah kamu pahami kegunaannya. Ketika lampu sein berkedip makan artinya kendaraan atau mobil akan berbelok ke kanan atau kekiri serta berpindah jalur.

Setiap kali menyalakan lampu sein usahakan arahnya sesuai belokan. Untuk membalap mobil atau motor lain kamu bisa menggunakan lampu sein sebelah kanan. Sedangkan sein kiri bisa kamu gunakan untuk berhenti dipinggir jalan atau di lokasi yang ada di kiri jalan.

  • Lampu Rem

Pada mobil kamu juga akan menemukan lampu rem, dimana saat kamu menginjaknya maka lampu akan menyala. Ini bisa menjadi isyarat bahwa kendaraan di belakang kamu juga harus mengurangi kecepatan. Jika kendaraan di belakang tidak memahami isyarat ini tentu saja kecelakaan bisa saja terjadi.

  • Lampu Mundur

Di mobil kamu juga akan menemukan lampu mundur, dimana saat kamu memindahkan persneling mobil untuk mundur maka lampu mundur pun akan menyala secara otomatis. Dengan isyarat ini maka kendaraan yang ada dibelakangmu akan tahu bahwa mobilmu akan mundur. Sehingga untuk menghindari kecelakaan maka mobil tersebut harus mundur atau menghindar.

  • Lampu Hazard

Lampu hazard mempunyai fungsi yang cukup penting saat mengendarai mobil di jalan raya. Untuk menyalakannya kamu bisa menekan lambang segitiga yang ada di dashboard mobil.

Tanda lampu hazard menyala adalah menyalanya lampu sein kanan dan kiri secara bersamaan. Lampu ini bisa kamu nyalakan ketika ada keadaan darurat. Misalnya mendahulukan orang yang akan menyebrang, mobil mengalami gangguan sehingga harus menepi, dan sebagainya.

Baca Juga : Water Hammer: Pengertian, Proses dan Bahayanya pada Mesin Mobil

Isyarat lampu ini bisa kamu gunakan sebagai peringatan pada pengendara lain yang ada di belakangmu. Selain lampu kamu bisa menggunakan klakson sebagai isyarat atau kode untuk pengendara lain.

Berbagai isyarat lampu di atas harus kamu gunakan secara bijak agar tidak disalah artikan oleh pengguna jalan lainnya. Tetaplah berkendara dengan aman agar terhindar dari kecelakaan yang merugikanmu.

Pentingnya Memahami Isyarat Lampu, Salah Satu Fitur Keselamatan di Mobil

Jenis-jenis isyarat lampu saat berkendara sangat penting untuk kita pahami. Agar pengendara lain yang ada di sekitarmu bisa waspada terhadap isyarat yang kamu berikan.

Dengan memahami isyarat lampu mobil, akhirnya kamu bisa berkendara dengan nyaman. Karena pengendara yang tidak waspada dengan isyarat ini bisa saja hilang fokus dan terjadilah kecelakaan.

Kecelakaan di jalan raya tentu akan sangat merugikan, baik ke diri sendiri maupun ke kendaraan yang kamu bawa. Oleh karena itu selain waspada dengan berbagai isyarat lampu mobil, kamu juga harus memiliki perlindungan kendaraan yang membuat kamu tidak lagi khawatir akan kerugian yang kamu tanggung.

Asuransi mobil adalah langkah tepat dalam memberikan perlindungan pada kendaraan. Karena dengan perlindungan ini maka kamu akan mendapatkan manfaat pertanggungan. Sehingga secara finansial jika hal buruk terjadi di masa depan kamu bisa memanfaatkan polis asuransi mobil yang kamu punya.

Nah untuk membeli asuransi mobil di Igloo cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau lewat kartu kredit.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu