Ketahui 10 Komponen Motor Listrik Serta Fungsinya

komponen motor listrik
Table of Contents

Apa saja komponen motor listrik serta fungsinya? Sepeda motor listrik saat ini telah menjadi kendaraan alternatif bagi banyak orang. Walaupun bentuknya hampir serupa dengan motor konvensional, motor listrik memiliki komponen yang berbeda.

Komponen-komponen inilah yang membuatnya dapat mengkonversi energi listrik menjadi gerakan roda tanpa emisi gas buang atau polusi udara. Hal ini tentu membuat motor listrik jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan BBM.

Lantas, apa saja komponen inti dari motor listrik? Berikut Igloo akan merangkumnya.

Komponen Motor Listrik dan Fungsinya

1. Motor Listrik

komponen motor listrik

Motor listrik merupakan sumber tenaga utama untuk menggerakkan roda kendaraan. Motor ini biasanya terletak di bagian bawah atau di dalam rangka sepeda motor. Cara kerjanya adalah mengubah energi listrik dari baterai menjadi gerakan mekanis yang menggerakkan roda sepeda motor.

2. Motor Housing

Di bagian luar motor listrik terdapat motor housing yang berfungsi untuk melindungi komponen-komponen internal motor listrik. Motor housing dirancang untuk melindungi bagian-bagian mesin dari kerusakan fisik, kontaminasi, dan kondisi lingkungan eksternal yang merugikan

3. Baterai

Baterai merupakan komponen motor listrik yang berfungsi sebagai sumber daya utama. Motor listrik mengambil energi dari baterai untuk menggerakkan motor dan menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan roda kendaraan. Tanpa baterai, motor listrik tidak akan memiliki sumber daya untuk beroperasi.

Umumnya, sepeda motor listrik menggunakan baterai Lithium-ion dan dapat memberikan jarak tempuh antara 50 hingga 200 kilometer tergantung pada jenis dan ukuran baterai. Baterai ini harus diisi ulang untuk mengisi daya.

4. Bearing

Bearing atau bantalan motor adalah komponen motor listrik yang berfungsi untuk mendukung dan mengurangi gesekan agar putaran pada motor berjalan mulus. Bearing dapat membantu menyerap getaran yang mungkin timbul selama motor listrik dijalankan, yang akhirnya akan menjaga kinerja yang lebih stabil dan mengurangi kerusakan akibat getaran berlebih.

5. Controller

Komponen inti pada motor listrik selanjutnya adalah controller. Komponen ini berfungsi untuk  mengatur kecepatan, arah, dan torsi motor. Controller dapat diibaratkan sebagai otak motor listrik yang mengatur berbagai parameter operasinya.

6. Main Shaft

komponen motor listrik

Main shaft memiliki fungsi untuk menghubungkan rotor motor dengan berbagai perangkat dan komponen yang ada di dalamnya. Komponen motor listrik yang satu ini biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan aus, seperti alumunium.

7. Stator/Armature Coil

Komponen motor listrik yang satu ini bersinggungan langsung dengan kinerja motor. Mereka berfungsi sebagai sumber medan magnet yang stabil yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan pada rotor.

8. Rotor Coil/Komutator

Rotor coil adalah komponen motor listrik yang berfungsi untuk menghasilkan gerakan rotasi saat arus listrik mengalir melaluinya. Semakin banyak jumlah lilitan pada rotor, maka akan semakin besar pula putaran yang bisa dihasilkan.

9. Brush

Brush adalah sikat tembaga yang fungsinya adalah untuk menghubungkan arus listrik dari sumber eksternal (biasanya baterai atau sumber listrik lainnya) ke kumparan kawat pada rotor motor. Brush terletak pada rotor kecil yang terletak di ujung rotor utama.

10. Drive Pulley

Komponen motor listrik yang terakhir adalah drive pulley. Komponen ini memiliki fungsi untuk mentransfer gerakan rotasi dari motor ke perangkat atau sistem yang membutuhkan gerakan mekanis. 

Beberapa drive pulley memiliki bentuk roda berlekuk tunggal, ada juga yang memiliki beberapa grooves (lekukan) untuk penggunaan multiple belt atau rantai untuk menghubungkannya ke perangkat yang membutuhkan gerakan.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Itu dia 10 komponen pada sepeda motor listrik yang perlu kamu ketahui. Pengetahuan tentang komponen kendaraan memungkinkan kamu untuk melakukan perawatan terbaik yang nantinya akan memperpanjang umur kendaraan dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

Agar kendaraan kamu semakin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki asuransi kendaraan terbaik untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Memiliki asuransi kendaraan kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Perlindungan Lebih Terjamin

Manfaat asuransi yang pertama adalah memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara. Manfaat perlindungan tersebut mencakup kecelakaan, biaya perbaikan, risiko kehilangan kendaraan, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Rasa Aman Ketika Berkendara

Manfaat asuransi kedua ketika kamu memiliki asuransi kendaraan adalah rasa aman dan nyaman kemanapun kamu bepergian. Meskipun sudah terlindungi asuransi, kamu harus tetap berkendara dengan waspada untuk meminimalisir potensio kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

3. Mengurangi Potensi Pengeluaran Biaya

Asuransi adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan pengeluaran biaya mendesak. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan kendaraan yang umumnya memakan biaya yang tidak sedikit, bahkan berpeluang menguras tabungan.

4. Mendapat Fasilitas Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan fasilitas tambahan yang semakin memudahkan nasabah jika mengalami kecelakaan. Salah satu contohnya adalah memberikan layanan hotline yang siap sedia 24 jam.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu