Liburan Keluarga yang Tak Terlupakan: Tips Mengatur Perjalanan untuk Semua Anggota Keluarga

liburan keluarga
Table of Contents

Bagaimana cara membuat liburan keluarga yang tak terlupakan? Kegiatan ini tentu harus kamu buat semenyenangkan mungkin dan memberikan pengalaman bagi mereka, melihat suasana dan pemandangan alam selama perjalanan bisa menyegarkan mata dan pikiran kamu yang jenuh dengan rutinitas.

Sebelum memanjakan mata dengan keindahan alam dan memanjakan lidah dengan kulineran, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan. Kamu harus mengatur perjalanan untuk semua anggota keluarga secara matang, sehingga semua bisa senang dan menikmati waktu liburan.

Tips Mengatur Perjalanan untuk Semua Anggota Keluarga

Adapun berikut ini tips mengatur perjalanan untuk semua anggota keluarga di pekan liburan mendatang:

  1. Pilih destinasi dan kegiatan liburan yang bisa mereka lakukan

Pertama tentukan destinasi yang terjangkau dengan budget liburanmu, karena kamu membawa semua anggota keluarga. Kamu bisa berdiskusi dengan mereka mengenai berbagai tempat yang ingin dikunjungi, kemudian berbagai aktivitas yang akan dilakukan. Jika semua anggota keluarga sudah setuju dengan pilihan destinasi tersebut makan baru bisa kamu lanjutkan ke persiapan selanjutnya.

  1. Siapkan rencana yang matang selama perjalanan dan liburan

Jika kamu berperan dalam menyusun rencana liburan, maka kamu harus menentukan jalur perjalanan yang paling aman dan nyaman untuk kamu lewati. Penting juga untuk kamu memastikan lokasi-lokasi penting di perjalanan. Seperti rest aream SPBU, masjid dan sebagainya. Untuk mempermudah kamu bisa memakai Google Maps atau Waze. Aplikasi tersebut akan sangat membantu kamu menentukan jalur dan situasi jalanan yang akan kamu lewati.

Selain itu, jika dalam perencanaan liburan mengikutkan anak kecil maka kamu juga harus merencakan dengan matang kebutuhan mereka. Seperti makanan, minuman, mainan, dan berbagai aktivitas yang tidak membuat mereka bosan selama perjalanan.

  1. Kesehatan dan mental harus dalam keadaan baik

Karena liburan dengan banyak orang, maka sebelum jadwal liburan tiba ada baiknya persiapkan kesehatan dan mental masing-masing anggota keluarga. Jangan sampai di hari liburan, salah satu anggota keluarga sakit atau drop sehingga mempengaruhi mental kamu dan keluarga yang lain.

Selain itu, jika perjalanannya jauh sebaiknya persiapkan anggota keluarga yang akan menyetir. Karena dalam perjalanan jauh, sopir tidak boleh menyetir dalam kondisi lelah dan mengantuk karena dapat membahayakan keselamatan penumpang dan dirinya sendiri.

  1. Cek dan periksa kendaraan

Apabila kamu liburan kali ini menggunakan kendaraan pribadi dalam hal ini mobil. Maka wajib sebelum berangkat kamu bawa ke bengkel, lakukan pengecekan secara menyeluruh dan pastikan semua komponen mesinnya berfungsi baik. Seperti performa remnya, kopling, aki, ban dan sebagainya. Hal ini harus kamu cek sebagai langkah antisipasi gangguan dalam perjalanan. Karena jika tidak bisa mengacaukan rencana liburan yang kamu buat.

  1. Bawa P3K dan berbagai obat yang dibutuhkan

Karena membawa banyak keluarga, otomatis kamu harus membawa P3K dan berbagai obat yang dibutuhkan setiap anggota keluarga. Agar ketika pusing, mual, atau kesehatan yang drop bisa langsung teratasi saat itu juga. Tentunya antisipasi ini bisa menjaga kamu dan keluarga dari kondisi yang lebih buruk.

  1. Siapkan surat-surat kendaraan

Berikutnya jangan lupa untuk menyiapkan surat-surat kendaraan di satu tempat yang mudah dijangkau. Sehingga ketika butuh kamu tidak perlu lagi bongkar muatan untuk menemukan berbagai surat yang dibutuhkan.

  1. Tetapkan budget liburan dan dana tambahan

Dari awal kamu sudah harus menentukan budget liburan untuk mengontrol pengeluaranmu. Namun karena ini membawa banyak anggota keluarga sebaiknya kamu juga mempersiapkan dana tambahan untuk antisipasi.

Dana tambahan ini akan menyelamatkan kamu saat di perjalanan kamu kekurangan uang, entah untuk beli bensin atau tiket destinasi di luar rencana awal. Dengan begitu liburan akan tenang aman, terutama menghindari anggota keluarga yang tantrum saat perjalanan.

  1. Patuhi rambu lalu lintas dan lakukan safety driving

Selama perjalanan kamu wajib mematuhi rambu lalu lintas yaa, jangan mengendarai mobil dengan kecepatan di atas rata-rata apalagi tidak memakai seatbelt. Selain itu jangan paksakan diri menyetir jika memang sudah lelah dan mengantuk, ada baiknya kamu segera menepi baik di rest area atau masjid terdekat dengan lokasi kamu.

  1. Siapkan kebutuhan liburan

Menyiapkan kebutuhan liburan harus kamu lakukan sebelum berangkat. Kamu bisa sesuaikan dengan tujuan atau destinasi kamu. Jika kamu berlibur di musin penghujan maka jangan lupa membawa payung atau jas hujan, siapkan baju hangat, dan sebagainya. Jika musim kemarau maka jangan lupa siapkan sunblock untuk semua anggota keluarga. Dan ingatkan anggota keluarga untuk tidak membawa barang berlebihan, karena bagasi yang terbatas. Sehingga bawa barang secukupnya dan lakukan packing dengan rapi.

Kemudian kamu juga harus sesuaikan dengan kondisi cuaca, karena kondisi cuaca akan sangat menentukan aktivitas apa yang cocok dilakukan. Misalnya, karena ini musim hujan ada baiknya tidak pergi ke pegunungan karena selain tidak bisa menikmati keindahan alamnya juga bisa membahayakan keluarga. Coba ganti dengan staycation di hotel yang mempunyai fasilitas lengkap. 

  1. Pilih waktu keberangkatan

Pemilihan waktu keberangkatan juga mempengaruhi kenyamanan dalam perjalanan, apalagi jika kamu membawa toodler. Sebaiknya kamu berangkat di waktu yang tepat, agar mereka tidak rewel.

Kamu bisa mensiasati dengan pergi di malam hari atau saat jam tidur mereka. Dengan begitu selama perjalanan mereka bisa lebih tenang. Nah untuk anggota keluarga yang lain, mereka harus istirahat cukup sebelum berangkat. Terutama sopir yang harus menyetir dalam kondisi fit dan segar.

Itulah tips mengatur perjalanan untuk semua anggota keluarga agar mereka nyaman, aman dan bahagia selama perjalanan dan liburan. Nah untuk menambah keamanan mereka selama perjalanan, kamu bisa memberikan mereka Asuransi Perjalanan seperti disediakan Igloo.

Dengan asuransi, kamu bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan situasi tidak terduga kedepannya, apalagi kamu seorang diri. Alangkah lebih baiknya jika melengkapi perjalanan dengan Asuransi Perjalanan dari Igloo.

Baca Juga : Wisata Sejarah: Menyusuri Jejak Peradaban Kuno di Destinasi Bersejarah

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu