Mengenal Wisata Budaya: Menyelami Warisan Budaya Dunia Melalui Perjalanan

Mengenal Wisata Budaya: Menyelami Warisan Budaya Dunia Melalui Perjalanan
Table of Contents

Wisata merupakan sebuah aktivitas yang sering kamu lakukan untuk menjelajahi dan menyelami sebuah tempat, biasanya kamu lakukan saat musim liburan datang. Pilihan wisata di sekitar juga sangat banyak sekali. Diantaranya wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata hiburan dan wisata budaya.

Namun sayangnya salah satu diantara wisata tersebut mendapat minat kurang banyak di masyarakat Indonesia. Yaitu wisata budaya, padahal wisata budaya dunia jika diselami dengan baik lewat perjalanan yang kamu lakukan tentu akan sangat bermakna. Karena kamu tidak hanya menikmati budaya di daerah atau negara lain, akan tetapi juga kamu bisa menikmati wisata alamnya.

Berbagai Macam Wisata Budaya yang Tersebar Diseluruh Dunia

Sebagai generasi muda yang cinta Indonesia, mengenal wisata budaya adalah sebuah keharusan. Nah agar aktivitas tersebut lebih menarik, kamu harus menyelami warisan budaya melalui perjalanan dan dan mengambil pelajaran darinya.

Nah berikut ini ada berbagai aktivitas wisata budaya yang bisa kamu kunjungi nanti saat liburan:

  1. Kerajaan Himalaya (Bhutan)

Wisata ini bisa kamu kenal dengan “Tunder Dragon”, dimana dalam perayaannya terdapat keanekaragaman agama dan budaya masyarakat Bhutan. Di acara tersebut kamu akan melihat berbagai festival kebudayaan yang bertemakan Vajrayana Buddhism atau festivalnya orang Budha.

Di festival ini kamu harus mengenakan kostum yang menarik, perhiasan, dan berbagai benda antik lain. Seringkali festival ini terselanggara diantara bulan Maret-Mei dan September-November.

  1. New Delhi (India)

Di India, terdapat wisata budaya dunia yang sangat terkenal yaitu New Delhi. Disana kamu akan menyaksikan masjid kuno, makam bersejarah, pasar tradisional dan sebagainya. Selain itu kota tersebut juga berdekatan dengan Varanasi dan Khajuraho yang merupakan sebuah kawasan yang mempunyai corak patahan-patahan dengan nilai sejarah yang tinggi.

Nah disini untuk berkeliling New Delhi, kamu bisa naik kereta Maharajas. Ini merupakan kereta api termewah yang ada di dunia. Bahkan di dalamnya terdapat wifi, berbagai peralatan elektronik yang hemat listrik, TV dan lain sebagainya.

  1. Kyoto (Jepang)

Jepang merupakan negara yang juga mempunyai nilai budaya tinggi, salah satu kota yang terkenal dengan warisan budayanya yang tinggi adalah kota Kyoto. Kamu akan menemukan kuil, Kerajaan, bahkan distrik geisha bisa kamu temukan disini.

Nah mereka punya festival yang cukup populer, dikenal dengan Festival Gion Matsuri. Festival tersebut sangat bermakna bagi masyarakat disana, yaitu untuk menyucikan diri. Biasanya festival ini akan dilaksanakan setiap tahun di bulan Juli. Jadi pastikan jika kamu ingin menyaksikan festival ini, datanglah di bulan Juli.

  1. Tikal Guatemala (Guatemala)

Warisan budaya berikutnya dari dari Suku Maya. Ini merupakan peninggalan bersejarah dari Suku Maya yang dikenal dengan Tikal Guatemala. Jika kamu berkunjung kesana, kamu akan menemukan bangunan pyramid dan banyak reruntuhan Kerajaan. Nah bangunan tersebut biasanya menjadi spot favorit untuk kamu mengambil gambar, selfie.

Situs Guatemalam adalah bagian dari Taman Nasional Tikal, bahkan sudah masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979. Selain itu, situs ini juga terkenal sebagai pusat Kerajaan yang terkuat dalam sejarah peradaban Suku Maya. Sehingga wajib kamu kunjungi jika sedang berada di negara Meksiko.

  1. Dublin (Republik Irlandia)

Jika kamu berkunjung ke Republik Irlandia, kamu akan menemukan parade budaya mereka yang populer. Di kenal dengan St. Patrick’s Day Parade yang diselenggarakan di kota Dublin. Kamu bisa berkunjung di tanggal 17 Maret, jika ingin menyaksikan parade budaya ini.

Pada dasarnya parade ini berkaitan dengan keagamaan, sambil menyaksikan parade kamu juga bisa berkunjung ke destinasi bersejarah di sekitar situ. Diantaranya Kerajaan Dublin, The Dubh Linn Gardens, dan The Science Gallery.

Duplin juga cocok untuk kamu yang gemar mendengarkan music, karena disana banyak Musisi jalanan atau band yang terbiasa tampil di berbagai spot yang ada di kota Dublin.

  1. Machu Picchu (Peru)

Wisata budaya ini merupakan situs arkeologi yang terkenal, disana kamu bisa menyaksikan kota Inca Kuno yang letaknya ada di pegunungan Andes Peru. Bahkan Machu Picchu sudah dinobatkan sebagai warisan dunia yang ikonik.

  1. Roma (Italia)

Selanjutnya kamu juga bisa berkunjung ke kota abad kuno Roma yang mempunyai warisan budaya berlimpah. Disana kamu bisa menyaksikan Koloseum bahkan Kuil Pantheon. Dan kota ini menjadi pusat budaya Eropa yang sangat beragam.

  1. Istanbul (Turki)

Berikutnya ada kota Istanbul yang ada di Turki, kota ini merupakan jembatan antara Benua Asia dan Eropa sehingga kekayaan budayanya sangat beragam. Terutama kamu bisa berpetualang ke Masjid Biru, Aya Sofya dan lain sebagainya.

  1. Angkor Wat (Kamboja)

Angkor Wat merupakan simbol warisan budaya dunia, disini kamu bisa menyaksikan kompleks kuil kuno yang sangat menakjubkan di negara Kamboja. Bahkan kuil ini dinobatkan sebagai salah satu capaian arsitektur terbesar yang ada di dunia.

  1. Borobudur (Indonesia)

Tak kalah dengan negara lain, Indonesia punya banyak wisata budaya karena Indonesia memang punya beragam budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Nah Borobudur menjadi salah satu ikonik Indonesia yang harus kamu kunjungi, disana kamu bisa menyaksikan berbagai peninggalan zaman Budha. Borobudur juga sudah masuk jajaran Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991.

Itulah beberapa warisan budaya dunia yang harus kamu ketahui. Dengan mengenal wisata budaya, kamu bisa menyelami warisan budaya dunia melalui perjalanan ke negara-negara di atas. Perjalanan tersebut akan semakin bermakna jika kamu lakukan bersama teman atau keluarga kamu.

Nah selama perjalanan, baik dalam negeri maupun secara internasional sebaiknya kamu mempunyai Asuransi Perjalanan. Asuransi tersebut bisa kamu dapatkan di Igloo, adanya asuransi akan membuat kamu bisa melakukan perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.

Baca Juga : Puasa Jadi Lebih Berkah, Ini 5 Keuntungan Travelling saat Bulan Ramadhan

Di Igloo pembelian Asuransi Perjalanan juga cukup beberapa langkah saja dan kamu sudah bisa mendapatkan polis yang kamu inginkan, berikut ini langkahnya:

  1. Buka website Igloo, pilih kategori “Asuransi Perjalanan”.
  2. Temukan asuransi perjalanan sesuai tujuanmu. Ada dua jenis yaitu Asuransi Perjalanan Domestik dan Asuransi Perjalanan Internasional.
  3. Jika sudah, klik “Cari di Sini” pada asuransi perjalanan yang kamu inginkan.
  4. Isikan detail rencana perjalananmu, lalu klik “Cari Produk”.
  5. Igloo akan menampilkan beberapa rekomendasi polis Asuransi Perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling banyak memberikan keuntungan.
  6. Bayarkan premi Asuransi Perjalanan yang sudah disepakati. Untuk pembayaran bisa kamu lakukan lewat transfer, kartu kredit, dan e-wallet.
  7. Bila pembayaran sudah terkonfirmasi, polis akan terbit dan kamu sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Lengkapilah momen perjalananmu dengan Asuransi Perjalanan terbaik dari Igloo. Selain Asuransi Perjalanan, Igloo juga menyediakan berbagai asuransi lain seperti Asuransi Kesehatan, Asuransi Mobil, Asuransi Motor, dan Asuransi Hewan Peliharaan. Dapatkan penawaran menarik dan Diskon mulai dari 15% untuk setiap perjalanan Domestik dan Internasional yang kamu lakukan.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu