Penting! Inilah Cara Merawat Kesehatan Mesin Motor sebelum dan setelah Mudik Lebaran

Penting! Inilah Cara Merawat Kesehatan Mesin Motor sebelum dan setelah Mudik Lebaran
Table of Contents

Sudah seberapa siapkah kamu untuk mudik lebaran dan kembali ke kampung halaman? Apakah kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mudik nanti sudah siap juga? Salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan untuk mudik adalah sepeda motor.

Mudik dengan sepeda motor tentu lebih praktis, bisa terhindar dari macet, dan kamu pun lebih bisa menikmati pemandangan sekitar tanpa terhalang kaca mobil. Namun sebelum itu, kamu perlu mempersiapkan kendaraan seminggu sebelum keberangkatan. Agar kamu bisa memastikan mesin motormu siap untuk perjalanan jauh.

Nah banyak dari komponen mesin sepeda motor yang harus diperhatikan kondisinya. Lakukan pengecekan dan penggantian komponen bila perlu agar aman selama perjalanan.

Perawatan Kesehatan Mesin Motor Sebelum dan Setelah Mudik Lebaran, Jangan Terlewat!

Nah inilah cara merawat kesehatan mesin motor sebelum dan setelah mudik lebaran yang harus kamu lakukan agar tidak ada kendala perjalanan mudik hingga kembali ke rumah.

  1. Cek kondisi ban

Ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Sehingga komponen vital ini harus kamu cek seminggu sebelum perjalanan. Pastikan ketebalannya masih standar, jika sudah tipis sebaiknya segera ganti komponen. Agar tidak membahayakan selama perjalanan, apalagi jika medan yang kamu lalui bermacam-macam dan jaraknya jauh. Tentu gesekan ban dengan permukaan jalan harus kamu perkirakan, jangan sampai aus.

  1. Gantilah oli motor

Yang kedua, cek kondisi oli motor, hal ini penting karena kamu akan melakukan perjalanan jauh sehingga mesin akan bekerja lebih ekstra daripada biasanya dan lebih lama. Bila perlu lakukan penggantian oli mesin baru dan yang bagus. Agar mesin motor terjaga dan kinerja mesinnya terlindungi oleh pelumas yang bersih dan berkualitas.

  1. Cek CVT atau Rantai

Berikutnya cek tarikan rantai atau CVT yang ada pada motor bebek. Sedangkan pada motor matic juga perlu dicek dan diganti dengan yang baru bila diperlukan. Pastikan rantai tersebut siap kamu gunakan untuk perjalanan jauh mengingat kamu akan mudik lebaran. Jika komponen ini kamu biarkan maka rawan terjadi putus rantai di tengah perjalanan.

  1. Cek rem motor

Dalam berkendara kamu perlu mengatur kecepatan apalagi saat mudik dengan kepadatan kendaraan tertentu. Maka penting sekali untuk memastikan kondisi rem motor dalam kondisi yang optimal. Kamu perlu pengecekan kampas rem sebelum nanti menggunakannya untuk mudik. Atau kamu bisa langsung menggantinya dengan baru apabila merasa tidak pernah mengganti kampas rem. Selain itu cek kondisi cakram rem motor, apabila sudah terkikis oleh kampas rem sebaiknya ganti dengan yang baru.

  1. Komponen kelistrikan

Karena kamu akan melakukan perjalanan jauh sebaiknya cek juga komponen kelistrikan pada motor. Pastikan berfungsi dengan baik agar tidak membatasi jarak pandang selama mengemudi, terutama saat perjalanan di malam hari.

  1. Cek aki motor

Berikutnya yang tidak kalah penting, kamu wajib cek kondisi aki motor. Karena aki berperan sebagai sumber tenaga listrik pada sepeda motor. Apalagi jika motor kamu full injeksi. Kamu wajib cek kualitas tegangannya sebelum nanti mudik.

Jika kurang dari standar untuk perjalanan jauh sebaiknya ganti aki dengan yang baru. Agar tidak terjadi masalah pada komponen starter, lampu maupun klakson motor.

  1. Busi motor

Busi motor memang mempunyai masa pakai yang lama, akan tetapi sebelum mudik kamu harus mengecek kemampuannya dalam memberikan pengapian. Jika tidak bisa memberikan pengapian yang maksimal ada baik segera ganti agar bisa nyalakan motor dengan sempurna.

  1. Panasi motor sebelum berangkat

Sebelum mudik kamu harus rutin memanaskan motor sebelum digunakan, tujuannya agar mesin siap untuk melakukan perjalanan jauh dan memastikan aki bekerja dengan optimal.

  1. Gunakan safety gear lengkap

Jika kamu mau mudik sebaiknya persiapkan safety gear yang lengkap selama berkendara. Bukan hanya sopirnya, akan tetapi juga penumpang. Dengan begitu kamu bisa memberikan perlindungan diri dengan lebih baik terutama saat kecelakaan.

  1. Ganti filter

Selain komponen diatas, kamu juga perlu mengganti filter. Terutama filter udara dan filter oli, sehingga pembakaran mesin bisa lebih sempurna. Dan selain itu filter yang bersih dapat memperpanjang umur motor.

  1. Cek suspensi

Berikutnya cek suspensi, jika suspensi sudah mati maka lakukan penggantian suspensi agar berkendara menjadi jauh lebih nyaman baik bagi sopir dan penumpang. Suspensi yang bagus dapat kamu lewatkan medan jalahan yang bermacam-mavam dengan lebih nyaman/

  1. Bersihkan kendaraan

Sebelum dan sesudah mudik kamu wahib membersihkan motor. Mengingat selama perjalanan pasti motor terpapar debu, noda, tanah, minyak dan sebagainya. Dengan rutin melakukan pembersihan maka kamu bisa menjaga kinerja dan juga tampilan motor yang kamu gunakan.

Itulah cara merawat kesehatan mesin motor sebelum dan setelah mudik lebaran yang harus kamu lakukan. Selain langkah di atas kamu juga bisa melengkapi kendaraanmu dengan Asuransi Motor yang disediakan oleh Igloo.

Baca Juga : Sudah Masuk Indonesia, Yuk Kenali Teknologi Cell to Body & Blade Battery Milik BYD

Dengan asuransi dari Igloo, kamu akan lebih percaya diri saat mengendarai mobil untuk perjalanan jauh. Karena sudah pasti aman dan nyaman untuk semua anggota keluargamu.

Di Igloo kamu bisa membeli asuransi mobil dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat e-wallet, QRIS, dan virtual accounts lainnya.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu