apa itu leasing mobil

Apa itu Leasing Mobil? Simak Penjelasannya di Sini

Table of Contents

Bagi kamu yang tidak ingin atau belum mampu membeli mobil secara langsung, leasing mobil bisa menjadi pilihan alternatif. Namun, apa itu leasing mobil? Mengapa leasing mobil sering digunakan oleh banyak pihak?

Sederhananya, leasing mobil adalah suatu bentuk perjanjian sewa mobil, di mana pihak yang memiliki kendaraan (lessor atau pemberi sewa) yang menyewakan kendaraan tersebut kepada pihak lain (lessee atau penyewa) untuk jangka waktu tertentu dengan pembayaran sewa yang telah disepakati.

Nah, untuk lebih jelasnya, kali ini Igloo akan memberikan seputar informasi mengenai leasing mobil yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Leasing Mobil?

apa itu leasing mobil

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai leasing mobil, ada baiknya untuk memahami apa leasing itu sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, leasing adalah suatu kegiatan pembiayaan berupa barang modal maupun aset bagi perusahaan atau perorangan dalam menjalankan aktivitas usaha. 

Biasanya, leasing dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang membutuhkan modal tersebut untuk melancarkan aktivitas usaha. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban modal, karena penyewa tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk membeli aset secara langsung.

Selain itu, leasing juga metode pembiayaan yang diberikan oleh suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Nantinya, debitur akan membayar cicilan sejumlah uang sesuai keputusan bersama. Ketika lunas, debitur memiliki pilihan untuk membeli aset tersebut menggunakan nilai yang tersisa.

Seperti contoh adalah ketika seseorang ingin membeli mobil, tetapi belum mampu melunasinya, sehingga mereka akan menggunakannya sembari membayar cicilan kepada lessor. Contoh lain adalah sebuah perusahaan rental yang membutuhkan leasing mobil untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan.

Dalam hal leasing mobil, biasanya suatu perusahaan akan menyewakan atau mendanai seseorang yang ingin membeli mobil baru atau bekas dengan menawarkan jasa pembiayaan. 

Nantinya, seseorang atau nasabah akan mendapatkan mobil yang diinginkan dengan syarat wajib untuk melunasinya secara mencicil dalam periode yang telah disepakati kedua pihak. Biasanya, periode pembayaran akan berlangsung selama 12 bulan hingga 36 bulan.

Baca Juga: Catat! Inilah 8 Spare Part Mobil yang Harus Rutin Diganti

Syarat Leasing Mobil

Syarat Leasing Mobil

Sebelum penyewaan atau pembiayaan diberikan oleh perusahaan leasing, berikut adalah persyaratan umum mengajukan kredit mobil yang harus dipenuhi oleh penyewa:

  1. Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
  2. KTP orang tua jika pemohon masih lajang dan tinggal di rumah orang tua
  3. KTP pribadi dan KTP suami/istri jika pemohon sudah menikah
  4. Kartu Keluarga atau Surat Nikah
  5. Bukti kepemilikan rumah atau bukti tempat tinggal (Tagihan Telepon/Rekening Listrik/PAM/PBB/AJB)
  6. Bukti atau keterangan usaha (Wiraswasta/Profesional)
  7. Akta pendirian perusahaan dan pengesahannya (pemohon a/n perusahaan)
  8. Bukti Tanda Daftar perusahaan dan Surat Ijin Usaha dan Perdagangan (pemohon a/n perusahaan)
  9. Bukti penghasilan berupa slip gaji tiga bulan terakhir
  10. Bukti mutasi rekening tiga bulan terakhir
  11. Fotokopi NPWP
  12. Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun

Selain itu ada juga uang muka yang harus dibayar. Semakin besar uang muka, maka semakin kecil angsurannya. Sebaliknya, semakin kecil uang muka, maka semakin besar angsurannya. Tidak hanya itu, atau periode waktu yang ditetapkan untuk melunasi pinjaman juga akan menentukan besaran cicilan per bulan juga.

Dibandingkan dengan bank, perusahaan leasing mobil menerapkan bunga per tahun sesuai dengan periode cicilan yang dipilih. Sementara itu, bank menerapkan bunga tinggi jika periode masa cicilannya lebih panjang

Terdapat perbedaan bunga cicilan antara leasing pada umumnya dan bank. Namun, bunga tersebut tidak terpaut jauh. Bunga leasing mobil rata-ratanya adalah antara 6-7 persen per tahun. Sementara itu, bunga kredit mobil bisa saja di bawah enam persen pertahun, tergantung tenor. 

Bank menerapkan bunga tinggi jika periode masa cicilannya lebih panjang. Sementara perusahaan leasing memberikan bunga flat per tahun sesuai dengan tenor yang dipilih.

Kelebihan dan Kekurangan Leasing

Kelebihan dan Kekurangan Leasing

1. Kelebihan

  • Akses tanpa pembelian langsung: Leasing memungkinkan penyewa atau lessee untuk menggunakan aset atau properti tanpa harus membelinya secara langsung. 
  • Pengurangan beban modal: Karena dapat menggunakan aset secara langsung, penyewa dapat mengurangi pengeluaran modal besar yang terkait dengan pembelian aset secara langsung. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan modal untuk investasi atau keperluan lain yang lebih penting.
  • Pilihan kontrak yang disesuaikan: Layanan leasing menawarkan berbagai pilihan kontrak dengan berbagai durasi dan tingkat pembayaran. Hal ini memungkinkan penyewa untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan mereka.
  • Proses lebih mudah dan cepat: Proses kredit kendaraan di leasing sangat cepat dan mudah, penyewa juga tidak akan dimintai banyak syarat seperti di bank.

Baca Juga: Rincian Estimasi Biaya Konversi Mobil Bensin ke Listrik yang Harus Kamu Siapkan

2. Kekurangan

Meskipun leasing memiliki sejumlah keuntungan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan leasing. Berikut adalah beberapa kekurangan leasing:

  • Biaya lebih tinggi: Secara keseluruhan, biaya leasing dalam jangka panjang bisa lebih tinggi daripada membeli aset secara langsung. Angsuran bulanan dalam leasing mencakup biaya fidusia, biaya asuransi, dan biaya provisi.
  • Denda yang lebih besar: Jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan atau perjanjian dalam kontrak leasing seperti denda keterlambatan, maka denda tersebut akan jauh lebih besar dibandingkan dengan denda bank.
  • Uang muka yang lebih besar: Biaya uang muka leasing lebih besar daripada bank. Pada umumnya, uang muka yang ditentukan sudah termasuk pembayaran pokok utang, bunga, biaya administrasi, dan premi asuransi kendaraan.

Itu dia informasi seputar leasing mobil yang perlu kamu ketahui. Penting untuk mempertimbangkan dengan cermat manfaat dan kerugian leasing sehubungan dengan kebutuhan, kemampuan finansial, dan sifat aset yang akan disewa. 

Agar memberikan perlindungan ekstra ketika mengendarai mobil, pastikan untuk memiliki asuransi mobil terbaik dari Igloo untuk memberikan perlindungan yang lebih terjamin atas kemungkinan segala resiko saat berkendara.

Need Help?

Ada pertanyaan lebih lanjut? Hubungi kami melalui tombol Contact Us ini.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu