Skip to content

6 Penyebab Mobil Mogok, Cara Mengatasi & Tips Mencegahnya

penyebab mobil mogok

Saat berkendara, kamu akan akrab dengan berbagai risiko yang bisa terjadi, seperti mobil yang tiba-tiba mogok di tengah jalan. Oleh sebab itu, sebagai pemilik kendaraan, kamu harus mengantongi informasi dan pengetahuan seputar kendaraan. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kamu dalam menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi.

Berbicara tentang mobil yang bisa tiba-tiba mogok di saat harus melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu mengetahui apa saja penyebabnya, sehingga bisa mencari cara mengatasi yang tepat, sesuai dengan penyebabnya. Dengan begitu, masalah bisa segera teratasi tanpa menimbulkan risiko lain pada kendaraan kamu.

Nah, artikel Igloo kali ini akan memberikan informasi tentang penyebab mobil mogok, cara mengatasi, dan upaya pencegahannya.

Penyebab Mobil Mogok Serta Cara Mengatasinya

penyebab mobil mogok di jalan
Sumber Foto: Christian Brothers Reasons

Menggunakan mobil sebagai kendaraan mobilitas memerlukan keterampilan tersendiri, yaitu kemampuan untuk mengatasi masalah yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja saat mobil sedang melaju di jalan. Selain perawatan berkala, kamu harus membekali diri dengan kemampuan mengatasi permasalahan tertentu pada mobil. Misalnya, saat mobil tidak mau hidup atau mendadak mogok saat dikendarai.

Keterampilan tersebut sangat penting karena bisa menjadi pertolongan pertama sebelum mendapatkan bantuan dari montir atau bengkel mobil.

Apabila mobil tidak mau hidup, ada beberapa kemungkinan yang turut menjadi penyebabnya, di antaranya adalah:

1. Ada Masalah pada Aki Mobil

Penyebab mobil mogok mendadak yang mungkin terjadi pada kendaraan roda empat kamu adalah adanya masalah pada aki mobil. Sebagai penyuplai listrik, aki berpengaruh terhadap hidup atau tidaknya mesin mobil. Jadi, apabila mesin mobil sulit menyala, mungkin terjadi masalah pada aki.

Kerusakan di bagian aki bukan hanya dapat menyebabkan mobil sering mogok, tetapi juga bisa menyebabkan masalah lain yang lebih serius apabila kamu memaksakan mobil untuk terus berjalan.

Agar masalah ini bisa segera teratasi, periksa komponen aki dan segera menggantinya apabila aki sudah rusak dan tidak bisa lagi digunakan. Penggantian segera pada aki bisa mengurangi risiko timbulnya masalah yang lebih serius, sehingga tidak akan berdampak pada komponen mobil lainnya. Untuk mengganti aki, kamu bisa segera mendatangi bengkel resmi atau bengkel terpercaya.

2. Terjadi Penyumbatan di Bagian Filter Bensin

Mobil bensin memerlukan bensin sebagai bahan bakar yang menjadi tenaga bagi mobil. Permasalahannya tidak selalu berupa tidak tersedianya bahan bakar. Mobil mogok juga bisa terjadi karena adanya penyumbatan di bagian filter bensin. Masalah ini akan membuat aliran bensin terkendala, sehingga menyebabkan kurangnya gas yang keluar.

Apabila penyumbatan pada filter bensin kali ini menjadi penyebab mobil mogok saat dikendarai, segera atasi dengan cara yang tepat. Kamu bisa segera melakukan penggantian bagian mobil satu ini. Jika tidak memungkinkan untuk mengganti filter bensin secara mandiri, segera hubungi montir atau bengkel yang biasa kamu percaya.

3. Panas Berlebih (Overheat)

Panas berlebih atau overheat sangat mungkin menjadi penyebab mobil mogok saat mesin panas. Tinggal di daerah tropis dengan suhu yang cukup panas, bukan tidak mungkin menyebabkan masalah pada kendaraan. Kondisi tersebut bisa semakin parah apabila kamu lalai dalam mengecek air radiator.

Air radiator berperan sebagai minuman bagi mobil. Oleh sebab itu, air radiator tidak boleh sampai habis. Kurangnya atau air radiator yang habis akan menyebabkan proses pendinginan tidak berjalan normal. Dampak lain yang bisa terjadi akibat habisnya air radiator adalah terganggunya piston mobil, hingga bisa meleleh. Pada akhirnya, mobil berhenti mendadak dan tidak bisa dihidupkan.

Untuk mencegahnya, kamu harus menjaga kondisi mobil agar tidak mengalami panas berlebih (overheat). Yaitu dengan selalu mengecek air radiator dan mengisinya kembali jika sudah mulai berkurang.

4. Malfungsi Alternator

Malfungsi alternator dapat menyebabkan mobil mogok tidak bisa distarter karena alternator berfungsi mengisi ulang energi saat mesin berjalan. Jika alternator rusak, baterai tidak akan terisi dan lama-kelamaan habis, sehingga mobil tidak dapat distarter. Solusi awal adalah mengecek kabel dan sambungan alternator. Jika rusak, ganti alternator dengan yang baru. Rutin melakukan perawatan dapat mencegah masalah ini terjadi kembali.

5. Oli Gearbox Mulai Habis

Oli gearbox yang mulai habis bisa menjadi penyebab mobil matic mogok. Oli berfungsi melumasi serta menjaga perpindahan gigi tetap halus. Ketika oli menipis, gesekan meningkat, menyebabkan komponen gearbox cepat aus. Akibatnya, mobil bisa kehilangan tenaga dan mogok. 

Cara mengatasinya adalah segera memeriksa level oli gearbox secara berkala dan menggantinya sesuai anjuran pabrik. Jika mobil sudah mogok, sebaiknya hubungi teknisi profesional untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penggantian oli, serta perbaikan jika diperlukan.

6. Baut Mesin Kendor

Baut mesin kendor bisa menjadi penyebab mobil mogok karena berpotensi mengganggu kinerja komponen penting, seperti puli atau rantai penggerak. Ketika baut longgar, mesin tidak dapat beroperasi secara optimal, bahkan bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut. 

Untuk mengatasi masalah ini, segera periksa dan kencangkan semua baut mesin secara berkala menggunakan kunci yang sesuai. Pastikan juga mengecek bagian mesin lainnya yang mungkin terdampak. Melakukan servis mobil secara rutin akan turut membantu mencegah baut kendor dan menjaga performa mobil tetap stabil.

Tips Mencegah Mobil Mogok Mendadak

Saat menggunakan mobil sebagai kendaraan untuk beraktivitas, kamu tidak hanya harus tahu penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya, tetapi juga tips mencegahnya. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih nyaman dan aman saat berkendara tanpa perlu khawatir mobil akan mendadak mogok.

Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya lakukan beberapa tips mencegah mobil mogok berikut ini:

1. Melakukan Servis Rutin

Salah satu upaya yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan terjadinya mobil mogok atau mati mendadak adalah melakukan servis rutin di bengkel terpercaya. 

Jadwal servis mobil pada umumnya ditentukan oleh jarak tempuh mobil, yaitu setiap melewati seribu kilometer. Namun, tidak sedikit pula pemilik kendaraan yang melakukan servis rutin kendaraan mereka beberapa bulan sekali. Atau kamu bisa berkonsultasi dengan pihak bengkel agar mendapatkan jadwal servis, sehingga mobil kamu akan tetap dalam keadaan  prima.

2. Memeriksa Bahan Bakar

Hal lain yang bisa dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya mobil mogok adalah memeriksa bahan bakar. Hal ini bisa dilakukan secara rutin untuk mengetahui ketersediaan bahan bakar pada kendaraan. Kelalaian dalam mengecek bahan bakar bisa turut menjadi penyebab mobil mogok mendadak saat melaju di jalanan.

3. Memanaskan Mobil secara Rutin

Tips lain yang bisa membantu kamu mencegah atau meminimalisir risiko terjadinya mobil mogok secara mendadak adalah dengan memanaskan mobil sebelum bepergian. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan yang jarang digunakan. Tujuannya tidak hanya meminimalisir terjadinya mogok saat mobil dikendarai, tetapi juga memaksimalkan pengalaman berkendara. Dengan rutin memanaskan mobil, mesin mobil akan memiliki kinerja yang optimal.

4. Membawa Peralatan Darurat

Selain beberapa hal di atas, pastikan kamu juga selalu membawa peralatan darurat yang akan sangat diperlukan saat terjadi risiko pada mobil saat dikendarai. Itulah mengapa peralatan seperti ban cadangan, dongkrak, toolkit dasar, dan jumper aki harus selalu ada di dalam mobil.

Selain berbekal informasi seputar penyebab mobil mogok, cara mengatasi, dan tips mencegahnya, pemilik kendaraan juga harus mempertimbangkan betapa pentingnya asuransi mobil. Asuransi mobil akan memberikan proteksi terhadap kendaraan dari berbagai risiko yang tidak dikehendaki, termasuk kerusakan dan kehilangan. 

Untuk mendapatkan asuransi mobil yang tepat, kamu bisa membelinya di Igloo dengan melakukan beberapa langkah mudah berikut:

  • Pastikan kamu dapat mengakses website Igloo atau bisa langsung ke halaman “Asuransi Mobil“.
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih jenis asuransi yang sesuai, apakah Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Setelah menentukan pilihan proteksi, lanjutkan dengan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi mobil yang diinginkan.
  • Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta dengan benar dan teliti agar tidak salah dalam memilih asuransi untuk mobil kesayanganmu.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran premi asuransi melalui metode pembayaran yang sesuai preferensi, baik transfer bank, dompet digital, maupun virtual accounts.
  • Setelah pembayaran terkonfirmasi, asuransi akan segera diterbitkan agar bisa segera bisa mengajukan klaim saat terjadi sesuatu pada mobil sesuai dengan cakupan perlindungan yang tertera pada polis asuransi.

Mengingat bahwa hidup penuh ketidakpastian, setiap langkah dan kegiatan tentu begitu berisiko. Oleh sebab itu, perlindungan tidak hanya ditujukkan untuk mobil saja, tetapi juga objek lain termasuk motor. Nah, Asuransi Motor tersedia di Igloo dengan proses pembelian yang mudah, begitu pula produk asuransi lain, seperti Asuransi Perjalanan dan Asuransi Hewan Peliharaan.