Perawatan Berkala untuk Mobil: Kapan dan Mengapa Kamu Perlu Melakukan Servis Rutin

fitur kemanan mobil
Table of Contents

Mobil adalah kendaraan yang membutuhkan banyak perawatan secara rutin. Tujuannya sudah pasti untuk memperpanjang umur mobil dan menjaga performanya tetap stabil. Selain itu juga untuk menjaga kualitas mesinnya agar tidak mudah rusak.

Apalagi mobil mempunyai banyak komponen yang saling keterkaitan sehingga cara tepat untuk memastikan kinerja mobil adalah dengan servis berkala sesuai jadwal yang ditentukan. Meskipun mahal, kamu harus tetap menyisihkan budget untuk hal ini. Karena dengan begitu kamu bisa meminimalisir perbaikan di masa depan.

Nah untuk mengatahui perawatan berkala untuk mobil, simaklah ulasan mengenai kapan dan mengapa kamu perlu melakukan servis rutinnya.

Mengapa Perawatan Berkala Untuk Mobil Perlu Dilakukan

Tahukah kamu perawatan mobil yang baik dapat menjaga performa mobil tetap optimal? Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah servis rutin. Servis rutin adalah langkah perawatan yang perlu kamu lakukan untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi optimal.

Nah mengapa perawatan berkala untuk mobil perlu dilakukan, ini alasannya:

  1. Dapat meningkatkan performa mobil

Servis rutin bisa meningkatkan performa mobil, karena mobil akan diperiksa seluruh komponen dan sistemnya. Selain itu juga ganti oli dan filternya secara teratur. Perlakuan ini tentu jika dilakukan rutin akan menjaga mobil mempunyai performa yang baik.

  1. Upaya pencegahan kerusakan lebih parah

Servis rutin bisa mendeteksi kerusakan kecil yang dialami mobil sejak dini. Sehingga berbagai kerusakan yang lebih parah bisa kamu antisipasi, hal ini juga sebagai upaya menghemat pengeluaran.

  1. Dapat meningkatkan umur mobil

Apabila kamu menjaga mobil selalu dalam kondisi baik, maka semua komponennya akan berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama. Jika kamu menjualnya kembali, mobil dengan servis rutin tentu akan laku dengan harga yang lebih mahal.

  1. Bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar

Saat servis berbagai komponen seperti filter udara dan bahan bakar akan mengalami pemeriksaan dan apabila sudah tidak layak akan diganti dengan filter baru. Sehingga efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan akhirnya dapat mengurangi biaya bahan bakar yang harus kamu keluarkan tiap bulannya.

  1. Servis rutin mengurangi emisi

Saat servis rutin kamu lakukan maka emisi mobil akan berkurang, karena semua komponen mobil berfungsi dengan baik sehingga emisi yang dihasilkan memenuhi standar emisi yang berlaku untuk mobil.

Macam-Macam Perawatan yang Perlu Dilakukan Saat Servis Berkala

Ketika servis rutin sudah tahukah kamu perawatan mobil apa saja yang didapatkan? Nah berikut ini adalah beberapa perawatan berkala untuk mobil yang diutamakan:

  1. Ganti oli mesin

Ganti oli mesin harus kamu lakukan secara teratur untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal. Secara umum, ganti oli perlu kamu lakukan setiap 5.000-10.000 km.

  1. Ganti filter oli

Saat ganti oli kamu juga harus mengganti filternya sehingga penyaringan kotoran dan partikel kecil dari oli mesin dapat maksimal.

  1. Ganti kampas kopling

Kampas kopling merupakan sebuah komponen yang penting pada mobil tipe manual. Nah kampas ini dapat aus seiring dengan pemakaian yang intens, sehingga harus diperiksa rutin agar kinerjanya tetap optimal.

  1. Cek sistem kelistrikan

Saat servis rutin, mobil juga akan dicek sistem kelistrikannya. Tujuannya untuk memastikan semua sistem berkerja dengan baik. Nah biasanya pengecekan akan dilakukan pada sistem kelistrikan mesin, sistem pengapian dan juga sistem lampu mobil.

  1. Kondisi ban

Berikutnya teknisi juga akan memeriksa kondisi ban mobil untuk melihat tekanan udara dan ketebalan ban mobil itu sendiri. Selain itu juga sistem roda akan mengalami pemeriksaan beserta sistem pengereman dan kemudinya.

  1. Sistem pendingin

Adanya sistem pendingin yang baik maka udara di dalam mobil akan terasa segara. Oleh karena itu saat servis rutin kamu perlu cek radiator, AC, dan komponen lain yang berhubungan.

  1. Sistem kemudi

Ketika servis, teknisi juga akan memeriksa berbagai komponen yang berhubungan dengan kemudi. Diantaranya ball joint, tie rod end dan sistem suspensi.

  1. Filter udara

Saat filter udara penuh kotoran maka kinerja mesin juga akan buruk sehingga menurunkan efisiensi bahan bakarnya. Oleh karena itu perlu diganti untuk memastikan udara yang masuk dalam mesin bersih dan bebas dari berbagai kotoran.

  1. Kopling

Kopling juga perlu pengecekan untuk memastikan kondisinya tidak aus dan kinerjanya tetap optimal. Karena dengan begitu mobil bisa berjalan dengan baik dan optimal.

Kapan Kamu Perlu Melakukan Servis Rutin

Setelah kamu mengetahui alasan mengapa perawatan berkala untuk mobil perlu dilakukan, selanjutnya kapan kamu bisa melakukan servis rutin tersebut?

  1. Di kilometer 5.000 – 10.000

Servis rutin bisa kamu lakukan setiap 5.000 – 10.000 km untuk penggantian oli mesin kendaraan beserta filternya. Apabila kendaraan sering perjalanan jauh, maka penggantian oli mesin bisa kamu lakukan lebih cepat untuk memastikan kinerja mesin mobil tetap optimal.

  1. Servis rutin di 20.000 km, 60.000 km, 100.000 km

Jika sudah memasukin kilometer 20.000 hingga 100.000, maka kamu perlu melakukan pengecekan untuk sistem bahan bakarnya, sistem kemudi, sistem kelistrikan, dan sistem pengereman mobil.

Bila perlu ganti beberapa komponen yang dianjurkan teknisi, seperti busi, filter AC, filter bahan bakar dan penggantian oli. Selain itu juga periksa kaki-kaki mobil, sistem suspensi, dan roda mobil. Kemudian ban mobil akan melewati proses spooring dan balancing untuk mengembalikan keseimbangan roda dan pergeseran sudut.

  1. Servis rutin setiap 40.000 km, 80.000 km, 120.000 km

Di usia mobil 2 tahun dan di kilometer 40.000 maka perlu dilakukan servis besar. Selain perawatan rutin seperti di atas mobil juga akan mendapatkan penggantian filter udara, oli transmisi matic dan penggantian oli gardan.

  1. Servis rutin setelah 50.000 km

Jika mobil sudah menginjak 50.000 km maka akan ada penggantian beberapa komponen yang aus. Namun sebelum itu biasanya akan dilakukan pengecekan keseluruhan komponen mobil. Jika ada masa garansi maka kamu bisa mendapatkan jatah servis gratis agar lebih hemat.

Baca Juga : Inilah Fitur Keamanan Mobil yang Bisa Melindungi Kamu dan Penumpang

Nah itulah tadi ulasan terkait perawatan berkala untuk mobil yang bisa kamu lakukan. Selain servis rutin, untuk mendapatkan perlindungan lebih untuk mobil kamu bisa melengkapinya dengan Asuransi Mobil dari Igloo. Dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa meminimalisir kerugian dan menghemat pengeluaran apabila terjadi kondisi buruk di perjalanan.

Jika kamu tertarik dengan Asuransi Mobil Igloo kamu bisa membelinya dan cukup hanya beberapa langkah saja kamu sudah bisa mendapatkan polisnya, ini caranya:

  • Buka halaman “Asuransi Mobil” di website Igloo
  • Disana kamu bisa memilih Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.
  • Kemudian, klik “Cari di Sini” pada jenis kendaraan yang kamu inginkan.
  • Isikanlah informasi lengkap terkait kendaraanmu
  • Segera lakukan pembayaran melalui metode payment yang kamu inginkan. Bisa lewat dompet digital, transfer bank, atau virtual accounts.
  • Bila pembayaran sudah diterima, polis akan segera diterbitkan.

Di Igloo, selain kamu bisa memiliki Asuransi Mobil, kamu juga bisa memiliki asuransi lain sesuai kebutuhan. Diantaranya ada Asuransi Hewan Peliharaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Motor, dan Asuransi Perjalanan. Proses pembeliannya sudah pasti mudah dan cara klaimnya juga tidak akan menyusahkanmu.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu