10 Tips Perawatan Motor Agar Tetap Optimal Berkendara

Table of Contents

Motor merupakan jenis kendaraan yang mempunyai keunggulan dalam mobilitas yang tinggi sehingga lebih gesit di jalanan yang padat merayap. Ada begitu banyak model motor di era sekarang ini.

Namun yang pasti agar motor awet dan performanya tetap optimal, kamu butuh melakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Karena tidak sedikit motor bagus dengan kapasitas besar yang tidak awet hanya karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Secara desain motor sekarang jauh lebih dinamis daripada motor beberapa tahun kebelakang. Hadir dengan mesin yang lebih bertenaga, membuat motor bukan hanya sebagai alat transportasi yang efisien, akan tetapi membuat kamu akan lebih bebas saat di jalan raya.

Nah agar motor yang kamu miliki selalu gesit di jalan raya, berikut ini Igloo akan memberikan tips perawatan motor dan memeliharanya agar lebih optimal.

Perhatikan Tipsnya Jika Ingin Merawat dan Memelihara Motor

Adapun berikut ini beberapa tips untuk merawat dan memelihara motor kamu agar tetap optimal dan bisa kamu gunakan untuk perjalanan jauh ataupun aktivitas sehari-hari.

1. Lakukan Penggantian Oli Secara Berkala

Oli merupakan kebutuhan penting bagi sebuah mesin motor. Lakukan penggantian oli sesuai dengan rekomendasi yang diberikan pabrikan. Karena oli yang bersih dan kualitasnya bagus akan melumasi mesin motor dengan lebih baik.

Selain itu juga dapat mendinginkan temperatur mesin dengan lebih baik dan dapat memberikan perlindungan pada bagian-bagian mesin dari gesekan yang berlebihan.

2. Cek Kondisi Sistem Pendingin

Yang kedua, coba pastikan sistem pendingin pada motor apakah berfungsi dengan baik atau kurang baik. Kamu bisa periksa level cairan pendingin secara berkala dan cek apakah ada kebocoran atau tidak.

Apabila cairan tersebut berada pada level yang rendah maka kamu harus menambahkan cairannya. Dengan menjaga kuantitas cairan tetap optimal akan membantu suhu mesin tetap stabil.

3. Lakukan Pemeriksaaan dan Penggantian Filter Udara

Filter udara mempunyai fungsi penting untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Oleh karena itu filter harus kamu pastikan bebas dari kotoran dan sumbatan. Caranya dengan melakukan pengecekan secara rutin dan mengganti filter jika diperlukan.

Ingat, udara bersih yang masuk ke dalam mesin dapat membantu proses pembakaran berlangsung lebih efisien.

4. Lihatlah Kondisi Sistem Bahan Bakar

Setelah cek kondisi oli, kamu juga perlu melihat kondisi sistem bahan bakar pada motor. Pastikan sistem berfungsi dengan baik, jika terlihat kotor maka kamu bisa membersihkan filter bahan bakar secara berkala.

Selain itu cek kondisi sistem injeksi atau karburator untuk pembersihan yang lebih optimal. Dengan bahan bakar yang bersih kamu dapat memastikan bahwasannya mesin dapat berjalan secara optimal.

Baca Juga Artikel Lainnya : 8 Rekomendasi Merk Oli Motor Terbaik Andalan Para Bikers

5. Lakukan Perawatan Rantai Motor Beserta Girnya

Selanjutnya cek kondisi rantai motor, pastikan rantai dalam kondisi baik. Untuk perawatan dan pemeliharan kamu bisa membersihkannya dan melumasinya secara berkala.

Kemudian pastikan gir atau sprocket pada motor tidak aus, bila kondisi kurang dari standar maka sebaiknya ganti komponennya. Dengan kondisi rantai yang baik maka umur gir akan lebih lama, selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi dari transmisi.

6. Lakukan Pengecekan Rem

Pada motor, rem merupakan salah satu fitur keamanan yang sangat penting. Sehingga patut untuk kamu periksa secara mendetail baik dari ketebalan kampas rem dan tidak ada kebocoran yang terjadi pada sistem rem.

Jika kampas rem sudah menipis ada baiknya segera lakukan pergantian dan lakukan perawatan pada sistemnya secara rutin.

7. Simpanlah Motor di Tempat yang Telah Disediakan

Motor perlu kamu simpan di tempat yang tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Atau dengan kata lain simpan motor di tempat yang kering dan teduh.

Serta pakailah penutup motor untuk melindungi motor dari paparan debu ataupun kotoran lainnya.

8. Cek Kondisi Tekanan Ban

Tahukah kamu tekanan ban yang tidak sesuai dapat menurunkan stabilitas dan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, periksalah secara berkala tekanan ban motor.

Sediakan pula ban cadangan yang direkomendasikan pabrikan agar performa tetap optimal.

9. Biasakan Servis Rutin di Bengkel yang Resmi

Usahakan untuk servis kendaraan seperti motor kamu lakukan secara berkala. Bawalah motor ke bengkel yang sudah terpercaya dan bisa mengecek keseluruhan kondisi motor.

Agar teknisi dapat mengidentifikasi potensi masalah sejak awal dan melakukan perbaikan yang tepat.

10. Hindari Pemakaian Secara Berlebihan

Saat menggunakan motor usahakan tidak secara berlebihan. Artinya jangan membawa beban melebihi kapasitas motor dan memakai motor dalam kondisi yang lebih ekstrem.

Tujuannya adalah untuk menurunkan risiko kerusakan dan tentu saja memperpanjang umur dari mesin motor kamu.

Nah itulah berbagai tips untuk perawatan motor dan memeliharanya agar tetap optimal. Dengan perawatan secara berkala maka motor yang kamu kendarai akan lebih awet, gesit, handal dan memiliki performa yang optimal.

Jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan tambahan pada motor agar meminimalisir kerugian yang kamu alami di masa depan. Salah satunya dengan memberikan Asuransi Motor dari Igloo.

Dengan asuransi dari Igloo, kamu bisa berkendara dengan lebih nyaman dan aman tanpa khawatir kondisi darurat terjadi di tengah perjalanan.

Bila tertarik dan kamu ingin mendapatkan asuransi motor dari Igloo untuk menghemat pengeluaran perbaikan motormu, berikut langkahnya:

  1. Buka website Igloo dan pilih kategori “Asuransi Motor”.
  2. Terdapat dua pilihan jenis asuransi motor di Igloo diantaranya Asuransi Motor Listrik dan Asuransi Motor. Nah kamu bisa pilih Asuransi Motor untuk jenis motor matic ataupun bebek.
  3. Silahkan klik “Cari di Sini” pada jenis asuransi motor yang kamu butuhkan.
  4. Isikan informasi kendaraan motor yang kamu gunakan.
  5. Bayarkan preminya lewat payment yang tersedia.
  6. Polis akan terbit jika pembayaranmu sudah terkonfirmasi.

Pembelian asuransi motor di Igloo adalah keputusan yang tepat karena mereka menawarkan Diskon mulai dari 25%. Bukan hanya motor, akan tetapi di Igloo Asuransi Mobil juga berkesempatan memperoleh Diskon mulai dari 25% jika kamu langsung membelinya sekarang juga.

Temukan

Anda!

Igloo adalah platform asuransi pertama yang berfokus pada keluarga dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan asuransi keluarga kamu